Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrianxhariAvatar border
TS
andrianxhari
Tips & Trik Dalam Menghadapi "Ujian Akhir Sekolah"




Gakerasa yah dikit lagi udah menghadapi UAS buat yang pelajar. Makan ga enak, tidur pun tiada nyenyak. Tapi ternyata agan bisa kok mengurangi tingkat stres selama minggu ujian dengan cara belajar yang asik, nih saya kasih beberapa tips dan triknya buat agan agan :

1. Emut Permen Karet





Belajar sambil ngemut permen karet bisa mendorong semangat belajar agan, lho! Tapi jangan ngemut permen karet yang kemanisan ya, soalnya bisa bikin kamu batuk dan malah ga konsen belajarnya, atau mungkin bisa ketelen gan
emoticon-Ngakak (S)



2. Belajar Di Ruang Terbuka





Coba deh agan belajar di ruangan terbuka yang suasananya tenang biar ga bosen liat dinding mulu, Enaknya sih ditaman yang sepi gan. hal ini bisa mengurangi rasa frustasi agan karena terus-terusan belajar.




3. Jangan Belajar Sambil Nyender Atau Di Tempat Tidur





Belajar kayak gitu tuh yang bikin agan cepet ngantuk atau gak fokus dan jadinya gak belajar. Paling bagus tuh belajar dengan posisi tegak tapi santai.




4. Kalo Tetep Ngantuk, Lakukan Peregangan





Nah kalo agan udah belajar dengan posisi yang benar tapi tetep aja ngantuk, coba deh lakukan peregangan sekitar 3 menit biar agan kembali melek dan segar.



5. Belajar harus punya jeda





Biar belajarnya ga bosen, agan harus bikin jeda. Misalnya setelah 25 menit belajar, agan bisa berhenti selama 5 menit, terus mulai lagi deh. Tapi jangan keseringan Jeda ya gan, yang ada keblablasaan dehemoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)



6. Tempat Belajar Harus Bersih Dan Rapih





Kalau tempat belajar agan berantakan dan kotor pasti moodagan untuk belajar juga ga bagus. Makanya sebelum mulai belajar, pastikan tempat belajar agan bersih dan rapi.




7. Belajar Dengan Cahaya Yang Cukup





Jangan belajar di tempat yang cahayanya remang-remang atau bahkan cenderung gelap. Selain bisa bikin agan ngantuk, cahaya yang kurang juga memacu rasa depresi dalam belajar lho gaan!



8. Tidur Yang Cukup





Jangan terlalu memforsir diri untuk belajar terus-terusan ya gan! Agan agan perlu istirahat yang cukup. Kebanyakan begadang justru bakal bikin agan lupa sama apa yang udah dipelajarin dan mengurangi daya konsentrasi agan.




9. Hindari Internet





Dalam hal ini maksud saya hindari internet kalo Agan cuma mau buka facebook, instagram, twitter, dan komplotan-komplotannya. Social media bisa bikin konsentrasi Agan buyar.




10. Menulis Lebih Baik Dari Pada Mengetik





Coba deh setelah Agan baca-baca pelajarannya, kamu bikin ringkasan dengan tulisan tangan. Hal itu bisa bikin Agan lebih ingat materi yang Agan pelajari dibandingkan Agan ngetik di computer atau hanya sekedar baca aja.



11. Belajar Sambil Menggambar





Cara ini bisa banget dilakukan biar agan ga penat ngeliat tulisan-tulisan di buku. Misalnya kalo agan belajar tentang proses fotosintesis, gambar aja prosesnya, pasti lebih menarik.




12. Olahraga Teratur





Olahraga teratur biar tubuh Agan tetap fit dan segar, biar ga gampang sakit menghadapi hari-hari yang berat.



13. Belajar Sambil Nyanyi





Ini ngebantu banget kalo Agan harus ngehafal. Coba aja ganti lirik lagu kesukaan agan dengan materi yang harus agan hafal, pasti otak agan jadi lebih gampang buat ngehafal.



14. Makan Yang Bener






Kurangi makan junk-fooddan cemilan-cemilan yang mengandung MSG dan gula. Banyakin makan buah dan makan dengan pola 4 sehat 5 sempurna.




15. Cintai Pelajaran Yang Kamu Pelajarin





Kalo Agan aja udah benci sama pelajarannya, ga mungkin Agan bisa senang belajarnya. Jadi, mulai sekarang coba tumbuhkan rasa cinta Agan sama semua pelajaran.



16, Minum Air Pas Lagi Ujian





Kalo kata BBC sih, anak yang minum air pas ujian nilainya 5% lebih bagus daripada yang ga. Coba aja dibuktiin.



17, Jangan Dengerin Lagu Rock, Up Beat, Atau Dangdut Saat Belajar





Bukan malah belajar, bisa-bisa Agan jadi joget-joget atau ikutan nyanyiemoticon-Ngakak (S). Kalau Agan tipe orang yang harus dengerin musik, mending denger instrumen, lagu klasik, atau lagu jazz.



18. Belajar Bareng Temen Gan!





Belajar bareng bisa saling melengkapi materi yang dikuasai satu sama lain. Tapi Agan harus tahu tipe temen yang Agan ajak belajar bareng. Jangan yang suka gosip, ntar Agan malah ngegosip bareng.



Sekian Dari Ane Gan, Terima Kasihemoticon-Ngacir2emoticon-Jempol emoticon-2 Jempol
0
1.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan