thenewworldAvatar border
TS
thenewworld
Polisi: Begal Lampung Saling Melindungi
TEMPO.CO , Bekasi -- Kepala Unit Kejahatan dan Kekerasan Satuan Reskrim Polresta Bekasi Kota, Ajun Komisaris Bambang, mengatakan, bahwa pelaku begal asal Lampung mempunyai komitmen yang kuat antar-sesama. "Mereka saling melindungi," kata Bambang kepada Tempo, Jumat, 27 Februari 2015.

Menurut Bambang, tak ada perekrutan khusus bagi pelaku begal asal Lampung. Setiap pelaku yang ingin bergabung, kata Bambang, biasanya melalui teman se kampungnya. "Sudah ada niat (menjadi begal) dari sananya," kata Bambang.

Ia mencontohkan, kalau ada pelaku ingin bergabung, pelaku itu meminta bantuan kepada pelaku lain yang sudah beroperasi sebagai begal. "Kemudian diarahkan, misalnya di sana si A metik. Kamu gabung ke sana saja," Bambang menganalogikan.

Ia menyebutkan, setiap kelompok beranggotakan 4-6 orang. Setiap kelompok memiliki wilayah masing-masing sebagai target operasi. Antara lain, Bekasi Timur, Bantargebang, dan Rawalumbu. Adapula di Pondok Gede, Jakarta Timur, Jatisampurna. Ada pula wilayah Bekasi Selatan dan Jatiasih.

Juru Bicara Polresta Bekasi Kota, Ajun Komisaris Siswo, mengatakan setiap kelompok begal Lampung mempersenjatai diri dengan senjata api rakitan. Aksinya terbilang sadis, karena tak segan melukai korbannya. "Kalau kepergok langsung menembak ke korban," kata Siswo. "Tujuannya agar tidak ada yang mengejar."

Siswo menambahkan, kelompok begal Lampung memiliki komitmen yang kuat. Yakni saling melindungi sesama pelaku begal. Hal itu lah yang membuat Kepolisian mengalami kesulitan membongkar seluruh jaringannya. "Tidak mau mengaku," kata Siswo.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
5.3K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan