Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ara5Avatar border
TS
ara5
10 Hal Aneh yang Pernah Dipake untuk Menyembuhkan Penyakit
Pagi agan/aganwati sekalian...

Sekedar share info neh..

Bismillah..

10 Hal Aneh yang Pernah Dipake untuk Menyembuhkan Penyakit

Di dunia ini banyak banget hal-hal aneh yang pernah terjadi dan lebih anehnya lagi karena pernah dianggap wajar. Bahkan dalam hal-hal kedokteran.

Makanya kali ini ane mau kasih info buat agan2, beberapa hal aneh yang pernah dipake untuk menyembuhkan penyakit.

Kali aja agan2 ada yg mw nyoba, tapi ane udah kasih tau loh kalo hal ini aneh.

1. Trepanasi

Pernah ada seorang arkeolog yang meneliti sebuah tengkorak yang dilubangi dari jaman batu, sekitar 3000 tahun sebelum masehi yang dipercaya kalo itu adalah trepanasi, atau praktek medis yang dilakukan dengan cara melubangi tengkorak kepala.

Katanya sih, pengobatan ini membuat tubuh menjadi lebih sehat dan pikiran lebih jernih. Ya kali. Kenyataannya menurut medis, cara ini dapat memiliki resiko seperti pengumpalan darah dan cedera otak. Makanya, kalo pikiran kamu lagi mampet, jangan cepet-cepet pengen ngebolongin kepala ya.

Spoiler for :


2. Lobotomi

Mirip sama trepanasi. Lobotomi juga melubangi tengkorak, dengan tujuan untuk mengurangi depresi. Walter Freeman atau bapak lobotomy sudah melaksanakan 3.439 operasi lobotomi sepanjang kariernya.

Beliau berpendapat bahwa thalamus adalah pusat emosi dan orang yang memiliki gangguan emosi memiliki Thalamus yang terlalu besar, oleh karena itu lobotomy bisa dilakukan untuk memutuskan saraf antara otak depan dengan thalamus.

Hebatnya, lobotomy ini sudah diuji cobakan dan beberapa berhasil, tapi ada juga yang gagal.

Spoiler for :


3. Nyaris Tenggelam

Pada tahun 1600-an, Dr. Van Helmont melakukan penelitian kalo nyaris tenggelam membuat orang gila menjadi normal. Namun pada kenyataannya, pasien hanya lebih tenang akibat efek syok aja.

Eh tapi kalo orang-orangnya pada jago berenang gimana tuh?

Spoiler for :


4. Pencabutan Gigi

Dr. Henry Cotton adalah pencetus kalau pencabutan gigi bisa mengatasi penyakit. Oleh karena itu ia mencabut gigi-gigi pasiennya yang sakit jiwa. Kalo pencabutan gigi itu gagal ia akan mencabut organ pasiennya, mulai dari amandel, lambung, usus besar, sampai testis pasiennya.

Hmm. Ok. Seperti yang mungkin agan sudah duga, Dokter Cotton diketahui kurang waras, makanya sepertiga dari pasiennya meninggal. Dokter Cotton juga sering mencabut giginya sendiri. Sebelum pensiun (1930) ia pernah memerintahkan pencabutan 11.000 gigi pasien.

Hmm. Kayak gini ini nih, yang bikin orang suka takut ke dokter.

Spoiler for :


5. Makan Upil atau Ingus yang Mengering

Nama kerennya sih mucophagy, tapi aksinya ini sendiri sih tetep aja gak bakal keren. Yang ada malah jijik. Sebuah ide dari Dr. Friedrich Bischinger, kalo makan Upil bakal sehat karena memperkuat system Imune. Dengan asumsi kalau upil ini tiba di usus, akan memiliki fungsi seperti obat.

Tapi keyakinan ini ditentang oleh ahli medis yang lain, dengan pendapat bahwa hidung adalah tempat yang gelap dan tempat yang ideal untuk berkembang bagi bakteri mikroskopis, sedangkan penyembuhan yang paling benar adalah dengan menjauhi bakteri.

Aduh makasih banyak ya ahli medis lain. Coba bayangin kalo idenya Dr. Friedrich ini diterima umum...Bisa-bisa kita semua sering makan upil sekarang.

Spoiler for :


6. Merokok

Jelek-jelek gitu, rokok pernah diresepkan oleh dokter karena dipercaya dapat memperkuat perut dan melancarkan pencernaan, menenangkan saraf, bahkan mencegah borok. Padahal faktanya tembakau mengandung sekitar 63 zat yang menyebabkan kanker, diantaraya arsenic untuk racun tikus dan formalin buat ngawetin mayat.

Tar dalam rokok aja bisa melumpuhkan silia, yang berfungsi sebagai filter dalam pernafasan. Sekitar 6 juta meninggal setiap tahunnya karena penyakit yang berhubungan dengan rokok.

Cuman buat BAB lancar? Mendingan makan pepaya deh.

Spoiler for :


7. Minum Kencing

Minum kencing sebenernya memang gak berbaya, kecuali bagi penderita infeksi urine. Minum urine pertama di pagi hari dipercaya bisa mengatasi pilek, flu, sakit gigi, kebotakan, dan kulit kering.

Bener sih, karena komposisinya ada air, vitamin, protein, hormon, dan antibody. Tapi jangan salah, kalau minum urine juga membuat kerja ginjal jadi double, karena sampah yang sudah dikeluarkan dimasukin lagi.

Eh jadi sebenernya boleh gak sih minum kencing?

Spoiler for :


8. Dijilat Anjing

Kata orang jaman dulu, kalo luka kamu dijilat anjing bisa cepet sembuh. Liur anjing memang mengandung protein bernama EGF yang bersifat antibakteri, makanya induk anjing menjilati anaknya waktu lahir. Anjing betina juga menjilati putingnya untuk mensterilkan susu untuk anak-anaknya.

Sayangnya keantibakterian liur anjing ini gak berlaku buat manusia, karena tubuh manusia mengadung enzim yang menghancurkan EGF.

Spoiler for :


9. Tranfusi dengan Darah Domba

Dokter Louis XIV bernama Jean Denys melakukan tranfusi darah manusia yang pertama menggunakan 225 ml darah domba kepada seorang anak yang demam, akibatnya anak tersebut lemah, kehilangan memori dan kecerdasan.

Namun, beberapa lama kemudian wajah anak tersebut menjadi cerah dan tersenyum. Mungkin hoki doang, karena pada percobaan selanjutnya, orangnya meninggal.

Spoiler for :


10. Makan Cacing Pita

Tentunya lewat makanan mentah. Ada juga obat diet yang berisi telur cacing pita. Cacing pita dipercaya bisa mengobati penyakit obesitas. Tapi ane cuman mau ngasih tau kalo cacing pita tetaplah cacing, sisanya agan2 sendirilah yang atur.


Spoiler for :



Daripada agan2 makin pusing bacain hal-hal aneh yang pernah dilakukan orang-orang supaya sembuh, mendingan agan komen.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat.

wassalam.
Diubah oleh ara5 28-02-2015 03:59
0
5.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan