tukang.jonru.1Avatar border
TS
tukang.jonru.1
Jokowi Akan Reshuffle Kabinet, Budi Gunawan Jadi Menteri


Bendahara Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan Presiden Joko Widodo dikabarkan tengah mempersiapkan perombakan Kabinet Kerja. Perombakan ini dilakukan sebagai kompromi politik dan sarana untuk memfasilitasi kepentingan koalisi pendukung Jokowi setelah Budi Gunawan batal dilantik menjadi Kepala Kepolisian RI.

"Semakin terdengar karena ada wacana pilihan Budi Gunawan akan menjadi Wakil Kapolri atau masuk sebagai menteri Kabinet Kerja," kata Bambang dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu, 21 Februari 2015.

Menurut dia, kebenaran isu perombakan kabinet akan ditentukan dinamika internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam kurun satu bulan ke depan. Jika situasi makin panas, berarti Jokowi dan PDI Perjuangan gagal bersepakat. Tapi, jika PDIP kembali menyokong Jokowi, berarti wacana reshuffle kabinet akan terwujud.

Gejala perombakan kabinet, kata Bambang, sebenarnya sudah dibaca Partai Golkar sejak awal Januari 2015. Bambang menyatakan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta sudah mendapat tawaran kursi kabinet dari Jokowi dalam pertemuan di Istana Negara dan Istana Bogor.

"Kalau Golkar sudah jelas, kami bersama Koalisi Merah Putih tetap berada di luar pemerintahan. Kami tak tertarik kursi menteri," kata Bambang.

Bambang mengatakan tak mengetahui pemilik kursi menteri yang akan dikosongkan Jokowi. Ia juga mengaku tak mengetahui jumlah menteri yang akan didepak karena dalam pertemuannya dengan petinggi Koalisi Merah Putih belum ada pembicaraan detail tentang perombakan kabinet ini.

"Tapi jelas, sejak awal Jokowi tak konsisten. Awalnya bilang tak bagi-bagi kursi menteri, tapi sekarang menawarkan dan memberikan kursi menteri ke orang politik," katanya.

Sumber


Gagal jadi Kopolri, BG jadi menteri emoticon-Recommended Seller
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
14.2K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan