dogseatingdogsAvatar border
TS
dogseatingdogs
THE SILMARILLION (kisah jauh sebelum The Hobbit & Lord Of The Ring


maap gan kalo salah kamar, abis ane ga tau ini nyimpannya dimana, film bukan novel juga bukan, lebih mirip manuskrip yang disusun secara terpisah-pisah ni Silmarillion, dan ane minta maaf jika ada info dari ane yang keliru gan, mungkin para sesepuh atau fans Mbah Tolkien bisa bantu ane memperbaikinya. emoticon-Toast

ane janji bakalan update terus tentang Silmarillion, ini aja baru tahap perkenalan dewa dewinya memakan waktu 3 jam buat ane ngotak-ngatik internet, apalagi seluruh kisah Silmarillion ane tumpahin dimari, bisa2 makan waktu 1 tahun emoticon-Ngakak

dan lagi ane pake bahasa yang mudah dimengerti aja ya gan, ribet nih soalnya.

langsung aja gan meski agak bingung harus mulai darimana emoticon-Ngakak

Spoiler for Eru Iluvatar, yang menciptakan Arda (bumi) :


semuanya berawal dari Eru Iluvatar yang menciptakan makhluk2 abadi Ainur (Valar) presentasi dari dewa-dewi, berikut adalah daftar-daftar Valar dimulai dari dewa-dewanya dulu:

Spoiler for Valar Manwe:

pemimpin para Valar, dewa penguasa udara, angin dan langit - mirip kayak Zeus dalam mitologi yunani - tinggal diatas gunung tertinggi dimiddle earth yaitu Tanequetil.
Spoiler for Valar Ulmo :

penguasa lautan, mirip seperti poseidon dalam mitologi yunani serta neptune dalam mitologi romawi - tinggal disamudra yang terdalam.
Spoiler for Valar Aule :

masih ingat Gimli si dwarf dari LOTR gan? nah ini dewa yang menciptakan kaum Dwarves - dewa kerajinan tangan dan pandai besi
Spoiler for Valar Orome :

dewa penguasa hutan, pemburuan dan dewa para penunggang kuda.
Spoiler for Valar Mandos :

Valar Mandos atau Namo adalah penguasa dunia bawah atau neraka, tugasnya menghukum orang2 yang semasa hidupnya tidak hidup sesuai yang diinginkan Eru Iluvatar - mirip kayak Hades dalam mitologi Yunani.
Spoiler for Valar Lorien :

Valar Lorien atau Irmo adalah dewa penglihatan masa depan dan mimpi.
Spoiler for Valar Tulkas:

dewa keberanian dan kekuatan, tapi gak sekuat Valar Manwe sih emoticon-Ngakak- lebih mirip kayak Herculesnya mitologi Yunani gan.
Spoiler for Melkor / Morgoth :

Melkor nih biang kerok semua masalah yang ada di Middle Earth gan - bosnya Sauron di LOTR, Sauron mah ga ad ap2nya ama Melkor gan.

next ke dewi-dewinya gan :
Spoiler for Valar Varda :

dewi bintang, istrinya dewa Manwe.
Spoiler for Valar Yavanna :

dewi segala makhluk hidup di Middle Earth, masih ingat ama bangsa Ent gak gan di LOTR? itu tuh pohon yang bisa jalan, nah Valar Yavanna lah yang menciptakan bangsa Ent emoticon-Malu (S)- Yavanna merupakan istrinya Dewa Aule.
Spoiler for Valar Nienna :

dewi pengampunan.
Spoiler for Valar Este :

dewi peristirahatan - istrinya dewa Lorien.
Spoiler for Valar Vaire :

dewi penyiksaan, tinggal bersama suaminya dewa Mandos didunia bawah.
Spoiler for Valar Vana:

dewi kecantikan dan kemudaan.
Spoiler for Valar Nessa :

dewi segala tarian - istrinya dewa Tulkas.

semua Valar diatas memiliki suara yang indah dan merdu, tiap hari tak hentinya mereka menyanyikan lagu buat Eru Iluvatar (nyanyian para Valar itu lebih dikenal sebagai Ainundale), tetapi Melkor berkata lain, saat Valar lain lagi merdu2nya nyanyi, Melkor membalas dengan nada yang keras arogan dan tak merdu.

Setelah Eru Ilúvatar mengumpulkan semua material dan perpaduan irama para Ainur (termasuk buatan Melkor yang destruktif), Eru memanifestasikannya menjadi bentuk material nyata yang berbentuk Eä (alam semesta), termasuk Arda (bumi) di dalamnya. Karena kondisi Eä masih mentah dan belum teratur, para Ainur dibawah pimpinan Manwë ini mulai menata Eä termasuk juga Melkor. Setelah Arda (bumi) selesai ditata, Manwë ditunjuk oleh Eru sebagai pemimpin dan raja para Ainur di Arda. Arda pada saat itu masih berupa bumi yang berbentuk lempeng mendatar dengan daratan Middle-Earth di tengah dan yang dikelilingi perairan.

setalah Eä dan Arda tertata, para Valar mulai menciptakan para Maiar, Maiar itu kalo persepsi ane sih kayak Demigod (setengah manusia setengah dewa), Sauron dari LOTR itu termasuk kedalam golongan Maiar gan. Gandalf, Saruman dan Lady Galadriel juga Maiar gan.

Arda mulai terbentuk dan para Valar pun menempati Arda (Middle Earth), dan mulailah Eru Iluvatar menciptakan kaum-kaum yang kita kenal (Elf, Dwarf, Manusia & tentunya Hobbit) yang ane rasa sebagian dari agan udah tau mereka itu kayak apa, kecuali Orc...mungkin agan2 banyak yang ga tau Orc itu asalnya darimana, nih ane jelasin gan..Orc itu sebenarnya adalah para Elves yang memiliki keraguan dan kemudian menjadi jahat, Melkor merekrut mereka untuk dijadikan pasukan kegelapan, kelemahan Orc adalah mereka ga bisa beraktifitas disaat terang, lain halnya dengan Uruk-Hai, Uruk Hai adalah ras Orc yang bisa beraktifitas disaat terang, Uruk-Hai adalah inovasinya si Sauron tuh gan...canggih ya Sauron emoticon-Ngakak

* pembagian waktu
dunia tengah atau Middle Earth mempunyai 4 pembagian waktu, yaitu :
1. Dark Age (jaman kegelapan)
Dunia masih gelap gulita pada jaman ini gan, Dark age berakhir ditandai dengan lahirnya Matahari dan bulan, serta kelahiran manusia pertama.
2. First Age (jaman pertama)
berakhirnya Seconda Age ditandai dengan dikalahkannya Melkor oleh gabungan antara Elves, Dwarves dan kaum Manusia. Perang dahsyat ini dikenal dalam sejarah dengan nama The War of Wrath. Saking dahsyatnya perang ini bentuk Middle Earth berubah (ada beberapa daratan yang hilang gara2 perang).
3. Second Age (jaman kedua)
masa terpanjang di Middle Earth, disini peran Sauron mulai keliatan, setelah kekalahan Melkor pada War of Wrath, Sauron menggantikan Melkor menjadi Dark Lord. nah di LOTR ada adegan Isildur memotong jari Sauron kan gan? ampe The One Ring (cincin Precious) akhirnya ditemukan oleh Bilbo Baggins - nonton The Hobbit aja gan) emoticon-Malu (S)
berakhirnya Second Age ditandai kekalahan sementara Sauron dalam War of Last Alliance. (sementara lho gan emoticon-Cool)
4. Third Age (jaman ketiga)
nah jaman ketiga ini adalah setting dimana semua kejadian di LOTR terjadi gan, berakhirnya jaman ketiga ditandai dengan runtuhnya Mordor dan Hancurnya The One Ring ditangan Frodo Baggins. apa perlu ane jelasin juga gan tentang LOTR The Fellowship of The Ring ampe LOTR The Return of The Kings gan? emoticon-Ngakak
5. Forth Age (jaman keempat)
dijaman ini semua ras Elves, Dwarves, Manusia, Hobbit, bangsa Ent DKK hidup damai sentosa gan...Orc, Goblin, Dwarg serta seluruh antek2 Sauron pada sembunyi di goa-goa..jangankan liatin batang idungnya diMiddle Earth, saling nyapa sesama Orc aja mereka takut gan...mampus emoticon-Ngakak

sambungan :
Silmarillion #2
Silmarillion #3
Silmarillion #4
Silmarillion #5

bonus beserta link Silmarillion buat yang pengen baca sendiri, versi bahasa Inggris tapi :
Bonus

ampe disini dulu ya gan...capek juga euy buat thread ginian bisa ampe 5 jam emoticon-Ngakak
untuk itu hargai ane gan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
kasih ane penyemangat gan kayak emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau emoticon-Rate 5 Star
ane yakin setiap usaha keras pasti membuahkan hasil... akhir kata, sampai jumpa di lanjutan kisah-kisah SILMARILLION yang lain gan.





Diubah oleh dogseatingdogs 30-04-2013 05:40
blackferdy
rafdhee
rafdhee dan blackferdy memberi reputasi
2
111.6K
382
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan