krupuk.alotAvatar border
TS
krupuk.alot
[Berita Ga penting ] Duarrr, Kapal Thailand Pencuri Ikan Ini Ditenggelamkan Susi
Batam -Kapal SUDHITA 28 asal Thailand yang mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia akhirnya ditenggelamkan. Proses penenggelaman kapal dipimpin langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Penenggelaman dilakukan pada pukul 09.20 WIB. Prosesnya dilakukan dengan menggunakan dinamit dan ditembak.

"Laksanakan penenggelaman! Saya ulangi, laksanakan penenggelaman!" perintah Susi kepada KP HIU 04 dan KRI HALASAN 633 di Selat Dempo, Batam, Kepulauan Riau, Senin (9/02/2015).

Begitu perintah Susi diterima, dinamit pertama yang dipasang di bawah lambung kapal meledak. Setelah meledak, asap hitam dari dalam kapal membumbung tinggi.

"Duarr," bunyi suara ledakan KM SUDHITA 28 terdengar begitu keras.

Usai dinamit meledak, secara bergantian KP HIU 04 dan KRI HALASAN 633 menembak ke lambung kapal. Kapal secara bertahap mulai oleng ke kiri.

Ternyata memang tidak mudah menenggelamkan kapal. Butuh waktu hingga 10 menit sampai air memenuhi seisi kapal.

Susi yang memimpin langsung proses penenggelaman kapal terlihat bersemangat. Ini adalah pengalaman pertama ia melihat kapal terbakar dan tenggelam secara langsung.

"Ini the first time," katanya.

Susi menyatakan meski KM SUDHITA hanya berbobot 80 GT, tetapi termasuk kapal besar. Kapal ini diduga telah melakukan 8 kali bongkar muat di tengah laut (transhipment) dan terus melaut selama 1 tahun.

"Mereka 1 tahun di sini dan tidak pernah kembali ke darat," katanya.

Penenggelaman kapal ini menjadi pelajaran kapal asing lainnya agar tidak lagi memasuki zona tangkap perikanan wilayah Indonesia.

"Ibu akan jaga terus kedaulatan bangsa Indonesia. Mana kapal yang berani mengganggu kedaulatan Indonesia? Kita akan serius memberantas illegal, unreported, and unregulated fishing. Indonesia jaya!" tegas Susi dengan nada penuh semangat.

ga penting



===========================

Ini Kapal yang Akan Ditenggelamkan Menteri Susi dan TNI AL





Batam -Hari ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti beserta TNI Angkatan Laut (AL) kembali akan menenggelamkan satu kapal ikan asing. Kapal yang diketahui bernama SUDHITA 28 asal Thailand itu, terbukti mencuri ikan di wilayah pengelolaan perikanan (WPP) laut Indonesia.

"Namanya KM Laut Natuna 28 di lambung kapal sebelah kanan namun di lambung sebelah kiri bernama SUDHITA 28," ungkap Kepala Satker Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam Achmadon saat ditemui di kantor pusat Dermaga PSDKP Batam di Barelang, Jembatan Dua, Batam, Senin (9/02/2015).

Achmadon menjelaskan, kapal SUDHITA 28 ditangkap 30 Oktober 2014. Kapal berbobot 80 Gross Ton ini, dinakhodai oleh Sangwian Srison dan terdapat 12 Anak Buah Kapal (ABK) asal Thailand.

Menurut Achmadon, kapal ikan yang mayoritas berwarna biru ini, juga tidak memiliki dokumen seperti SIPI atau Surat Izin Penangkapan Ikan, dan SIKPI atau Surat Izin Kapal Penangkap Ikan.

"Tidak hanya itu, kapal ini menggunakan alat tangkap jaring trawl yang dilarang dan kapal ini melanggar zona wilayah tangkap, yaitu di WPPRI 711/0156.000'LU, 10649.000'BT," paparnya.

Saat penelusuran detikFinance ke dalam kapal tersebut, ditemukan keanehan lainnya. Selain memiliki nama kapal ganda, kapal ini juga memiliki identitas kepemilikan ganda.

Di bagian badan kapal sebelah kiri tertulis identitas PT Bima Sakit Kurnia dengan nomor registrasi GT.103 No. 4128/BC bercat putih. Sedangkan di badan kanan kapal tertulis PT Bima Sakti Kurnia, dengan nomor registrasi yang sama. Kemudian sebagai tambahan di bagian belakang kapal tertulis Jakarta.

Diduga kuat penggandaan nama dan identitas kapal dilakukan untuk mengelabui petugas pengawasan laut di Indonesia. Penenggelaman kapal akan dilakukan oleh pihak TNI AL dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Teknis penenggelaman kapal nanti akan menyusul yang pasti akan dipimpin Ibu Menteri," sebutnya.
http://finance.detik.com/read/2015/0...kan-di-laut-ri

Maaf klo nih berita ga penting buat enteemoticon-Sorry:
Diubah oleh krupuk.alot 09-02-2015 08:57
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.1K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan