weepingfromgodAvatar border
TS
weepingfromgod
Inilah Alasan Mengapa Peradaban Indonesia Semakin Jauh Tertinggal Negara Tetangg
Nilai dan Norma yang berada dalam lingkungan masyarakat Indonesia sekarang seudah mulai memasuki tahapan degradasi yang mengkhawatirkan.

kalau diantara kalian yang sudah pernah jalan-jalan ke negara tetangga seperti Singapura atau Malaysia pasti bisa merasakan kalau peradaban di Indonesia masih jauh dari harapan, yang sebetulnya notabenenya masih satu rumpun.

Contoh kecil yang bisa dilihat adalah ketidakaturan, dan sangat sulit disiplin, semuanya ingin serba cepat, dan hanya memikirkan perut dan urusannya sendiri tanpa memikirkan kepentingan bersama.

Lantas kenapa Indonesia yang dulunya memiliki nilai dan norma yang sangat luhur bisa seperti sekarang? Simak penjelasan singkatnya dibawah.

1. Hilangnya Teladan


Indonesia sangat membutuhkan pemimpin yang tegas dan bisa menjadi seorang teladan untuk warganya, dulu kita mempunyai Soekarno yang sangat berwibawa, sehingga semua perkataanya akan selalu di dengar oleh masyarakat.

Begitu pula dengan Soeharto, terlepas daro kejahatannya, beliau merupakan sosok yang tegas dan masyarakatnya cenderung patuh dan nurut.

Kalau pemimpin sudah tegas dan sangat di segani oleh rakyat, dengan otomatis semua rakyat akan segan dan akan menjunjung peraturan dengan sangat baik.

Akan tetapi dijaman sekarang, baik pemimpin, pejabat, dan petinggi lainnya , tidak ada yang bisa benar-benar mengarahkan, maka wajar kalau Indonesia dikatakan seperti kehilangan induk semangnya.

2. Contoh Buruk


Hal ini masih ada ikatannya dengan yang pertama, para pejabat dan petinggi lainnya yang harusnya menjadi teladan, malah memberikan contoh yang tidak baik. Contoh yang sering kita lihat adalah, korupsi dengan tidak bersalah dan menganggapnya musibah, wakil rakyat yang tidak bersahabat cenderung memperlihatkan kekuasaannya.

Serta pelindung masyarakat yang tidak adil, jaksa yang bisa disetir hingga masalah lainnya yang menyebabkan masyarakat hidup penuh dengan prasangka, kecurigaan, dan ketidakpercayaan.

3. Sebuah sistem yang tidak berjalan


Indonesia sebetulnya banyak peraturan dengan memiliki undang-undang, hukum, namun semuannya itu tidak berjalan, peraturan di Indonesia ini hanya seperti penghias kertas belaka.

Kalau semua sistem berjalan dengan baik, sudah pasti tidak akan ada lagi yang namanya pelanggar, lalai, dan merendahkan hukum atau peraturan.

Harusnya semua peraturan harus tegak kokoh berdiri ke atas di semua golongan.

4. Indonesia merupakan negara yang kompleks, baik dari suku, budaya, serta agama. Hal tersebut sebetulnya sangat bagus, tapi bisa menjadi bahaya kalau kompleksitas yang dimiliki oleh Indonesia ini gampang sekali diadu.


Semua jadinya akan seperti kelompok-kelompok yang terpisah dan saling curiga, tidak lagi menjadi satu kesatuan yang utuh.

Hal tersebut lah yang akan mungkin menjadi faktor utama kenapa peradaban di Indonesia tertinggal dari negara-negara tetangga.

Lantas bagaimana cara untuk mengembalikan ke peradaban seperti dulu?

Mungkin kita bisa mulai dengan saling mengalah, saling mencintai sesama dan tidak lagi mengandalakan emosi.

Quote:
Diubah oleh weepingfromgod 21-01-2015 06:50
0
4.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan