myanton911Avatar border
TS
myanton911
Roti Aroma Kopi ( Usaha Roti'O, PappaRoti, Rotiboy, Mexican coffee buns )
Ketika melakukan perjalanan dengan kereta saya beli roti'O, ternyata hampir di semua setasiun kereta yang besar ada kios Roti'O, maka itu coba cari informasi.

Setelah berusaha cari informasi mengenai roti aroma kopi yang muncul adalah :
1. Mexican coffee buns
Walau nama dari roti aroma kopi adalah Mexican coffee buns saya nggak ngerti mengapa saat google dengan region Mexico tidak ada, mungkin khas aroma mexican coffee yg menjadi sebutan roti ini.
2. Rotiboy
Asalnya dari Bukit Mertajam, Penang, Malaysia (1998) kemudian dibawa ke Indonesia oleh empat sekawan yang menjadi pemegang waralabanya, Indonesia menjadi negara pertama yang memperoleh hak waralaba memasarkan produk dan merek RotiBoy.
3.PappaRoti
Rasha Al Danhani menginginkan usaha yang unik & belum ada pesaing, 2009 awal buka di Dubai Mall sekarang sudah mendunia dengan jumlah oulet lebih dari 300.
4. Roti'O
Milik pengusaha lokal yang konon pecah kongsi dari Rotiboy, entah awalnya kapan, namun mulai merambah & terkenal tahun 2012.
5. Papabunz
Papabunz saya tambahkan, infonya Papabunz hanya ada di jakarta dan punya beberapa varian.


Rasha Al Danhani

Cukup banyak yang ingin usaha roti jenis ini dengan cara bermitra namun kecewa karena Rotiboy modalnya harus diatas 1 milyar dan Roti'O tidak menawarkan waralaba, namun di beberapa kota ada yang sudah buka usaha roti jenis ini walau tidak khas layaknya Rotiboy dan Roti'O.

Saya sama sekali tidak punya keahlian masak apalagi bikin roti karena itu mohon koreksi atau menambah tulisan ini agar bermanfaat bagi pembaca dan memperbaiki kekeliruan.
Peralatan utama membuat roti adalah mixer, pengembang, oven, selain itu tentunya masih butuh alat lain sebagai penunjang misal loyang, timbangan, rak, dll.
Saya tidak bahas cara membuat roti karena untuk buat roti cukup mudah bisa belajar dari youtube dan peluangnya mahir bikin roti besar walau cuma belajar dari youtube.

Dalam bisnis roti aroma kopi dengan banyak cabang, untuk menjaga agar setiap saat rasa selalu sama dimana pun maka pengolahan bahan baku hanya ada di pusat. Pusat sebagai pengolah bahan baku juga bertujuan untuk menjaga kerahasiaan resep, kontrol kualitas dan kebersihan lebih baik.
Bahan baku yang telah diolah dibekukan dan dikirim ke cabang-cabang, di cabang bahan baku disimpan lagi di pendingin dan diolah sesuai prosedur yang diwajibkan.
Karena bahan baku roti dikirim dalam bentuk sudah jadi maka tidak dibutuhkan tenaga mengolah dan mixer, makanya jangan heran bila tak pernah terlihat orang mengolah adonan roti di gerai roti aroma kopi.

Konsep bisnis Roti aroma kopi adalah menekan biaya operasional sekecil mungkin sebaliknya digunakan bahan baku berkualitas agar rotinya enak, karena itu ruang yang dipakai cukup 12m², tidak ada tenaga pemasaran dan hanya menggunakan sedikit tenaga kerja.
Umumnya tenaga kerja hanya 4 - 8 dibagi 2 shift, jadi setiap gerai buka hanya dikerjakan 2 orang, 3 orang bila lokasinya ramai dan 4 orang di mall ramai, tergantung kebutuhan dilihat dari omsetnya.

Dari uraian diatas usaha roti aroma kopi bisa jadi peluang karena :
- bahan baku utama roti mudah didapat
- membuat roti itu mudah
- hanya butuh ruang kecil
- tidak butuh banyak tenaga
- peralatan utamanya tidak banyak

Walau tidak pakai mesin pengolah bahan baku kelas pabrikan dengan banyak belajar dan berlatih pasti bisa mengolah adonan roti yang enak, jadi usaha roti termasuk jenis usaha yang bisa jadi peluang bisnis yang baik.

alasan tulis thread ini adalah karena saya juga ingin buka usaha roti dengan konsep seperti ini, bila berkenan mohon advis dan masukannya

sedikit saran:
mixer & oven adalah alat utama paling penting karena itu harus banyak memperoleh informasi tentang alat utama ini



Diubah oleh myanton911 31-01-2015 12:36
0
45.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan