infinite999Avatar border
TS
infinite999
[mohon saran] bagaimana cara menghadapi istri yg childish, keras, dan emosional?
gan dan sis, mohon saran dan masukannya...

sy jelasin sekilas begron sy dulu. sy dari keluarga baik-baik kelas menengah. saat SMA, ortu meninggal. sy melanjutkan kuliah S1 di luar kota tanpa ada teman dan keluarga sama sekali, dgn menggunakan uang peninggalan ortu. sejak saat itu sy tinggal di kos sendirian, sampai akhirnya bulan januari thn ini bisa beli rumah sendiri. saat ini, sy punya income sktr 7-8x lipat istri.

namun yg agak kontras, istri sy dr keluarga broken home, ortu sudah bercerai, kelas menengah ke bawah, lulusan SMA, dan gaji di bawah UMR. km pacaran cuma sekitar 2 tahun, dan baru menikah awal tahun 2014 ini. berhubung kasihan dgn kondisinya yg menyedihkan, sejak pacaran dia sudah sy support secara finansial.

yg membuat sy tertekan adalah, dia sering sekali ngambek gara-gara masalah sepele. dan sering kali polanya seperti begini:

ada masalah sepele --> marah meledak-ledak --> diam seminggu --> mendadak baikan sendiri

berhubung selama ini setiap ada pertengkaran selalu berakhir sendiri setelah seminggu (mgk karena dia bosen sendiri), masalahnya adalah tidak pernah ada penyelesaian yg baik. jadi siklus yg sama terulang terus.

terus terang sy sangat capek sekali dgn kondisi seperti ini. karena banyak sekali pertengkaran yg dipicu hal sepele, sy ceritakan detil kasus yg terakhir saja. waktu sy menulis ini pun, dia sedang dalam proses mendiamkan sy. seperti yg sudah-sudah.. penyebabnya adalah masalah sepele.

kronologisnya begini: rumah yg saya beli baru selesai dibangun setelah menikah bbrp bulan.

karena masih sibuk mengatur ini-itu, ada satu kamar kosong yg dijadikan gudang sementara utk menampung barang-barang dari kos. pemicu masalahnya adalah, sy bersama istri sedang mencari dokumen di dalam gudang tadi. karena banyak dus, istri sy mengambil jalan pintas untuk mencapai sudut ruangan dengan cara langsung menginjak salah satu dus, yg sialnya adalah dus sy, dan akhirnya ada barang di dalam dus yg pecah.

terus terang sy merasa jengkel, karena 1-2 hari sebelumnya dia juga sudah memecahkan barang lain di gudang dan sy diam saja. tapi sumpah demi Tuhan, waktu kedua kalinya pun sy masih bisa mengontrol emosi dan bilang baik-baik "ya udah, lain kali jangan nginjek dus lagi". eh diluar dugaan dia marah-marah "km ini baru gitu aja sudah omong gitu, km ini ya seperti temen kerja saya si liana dsb-dsb". entah ada masalah apa dgn temen dia liana, sy kurang tau juga detilnya... yg jelas skrg sy didiemin. mgk bakal sampe seminggu seperti biasanya.

sy ga ngerti dgn cara berpikirnya kok selalu malah sy yg berakhir kena marah dan didiemin, padahal sy yg jadi korban aja masih bicara baik-baik.
selama 2 tahun terakhir... setiap ada pertengkaran, sy sudah mencoba mencari bbrp solusi, antara lain:
1. waktu dia marah, sy ajak duduk berdua. dijelasain baik-baik. kenapa begini, kenapa begitu...gagal total. reaksinya bisa diam seperti tembok atau marah meledak-ledak dalam skala yg lebih besar.
2. waktu dia marah, sy diam dulu. setelah bbrp saat sy ajak bicara lagi baik-baik tentang pertengkaran sebelumnya.. gagal total karena dia emosi lagi.
3. waktu dia sedang baik-baik saja, pernah sy ajak bicara tentang pertengkaran yg sudah-sudah dan tidak pernah ada penyelesaian. sy tawarkan gimana kl berdua mencari konseling/ konsultasi ke psikolog.. gagal total. malah dia marah karena dia merasa sy menganggap dia gila dengan mengajak ikut konseling.
4. waktu konseling pranikah di tempat ibadah, sy ingatkan lagi.. ntar pada waktu sesi tertutup, bilang aja selama ini ada masalah apa dan ada ganjalan apa... gagal juga. alhasil kita berdua melalui konseling pranikah dengan skenario. waktu itu dia meyakinkan sy kl setiap pertengkaran, dia ga akan marah-marah dalam waktu yg lama.
5. pernah sy tekankan lagi, setiap pertengkaran tanpa penyelesaian yg baik itu di masa yg akan datang berpotensi menimbulkan masalah, lagi-lagi dia meyakinkan sy itu tidak akan menjadi masalah. akhirnya wkt itu sy mengalah dan berharap ada keajaiban, semoga benar-benar seperti itu setelah menikah.

namun nyatanya apa? sekarang setelah menikah masih saja sama, selalu bertengkar gara-gara masalah konyol. biarpun kelihatannya cuma masalah sepele, terus terang sy sangat tertekan dan hal itu sangat mengganggu konsentrasi kerja, karena frekuensinya sangat sering. kesabaran sy diatas rata-rata gan, tp sekarang ini sudah ga kuat lagi karena bisa dibilang tiap brp bulan sekali selalu ada pertengkaran konyol seperti itu.

terus terang ada 2 hal yg belum pernah saya coba, yaitu menceritakan masalah ini ke keluarga besar sy ataupun keluarga besar istri. sy takut ntar masalahnya malah semakin melebar. apa yg sebaiknya sy lakukan gan & sis? perlukah mencoba menghubungi keluarga besar? keluarga siapa dulu? atau mungkin ada ide lain lagi?

ditunggu komentarnya.. terimakasih banyak gan dan sis
tata604
tata604 memberi reputasi
1
43.8K
283
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan