Tokeh2010Avatar border
TS
Tokeh2010
[WEEEW !] Jika Keluar dari PDIP, Jokowi Cengeng

Budiman Sudjatmiko: Jika Keluar dari PDIP, Jokowi Cengeng

Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko yakin Presiden Joko Widodo tidak akan keluar dari partainya. Pernyataan Budiman itu menyusul saran sejumlah pihak agar Jokowi meniru langkah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang keluar dari Partai Gerindra guna mengurangi tekanan politik selama memerintah.

“Saya tidak terlalu khawatir Jokowi akan ngambek dan mengambil keputusan strategis (untuk keluar partai) seperti itu. Misalkan beliau sampai keluar, menurut saya beliau terlalu cengeng,” kata Budiman di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/2).

Kabar soal ketegangan antara Jokowi dan PDIP menguat pasca pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang notabene merupakan rivalnya selama Pemilu 2014. (Baca: Jokowi Berinisiatif Temui Prabowo di Tengah Tekanan)

Pertemuan Jokowi dan Prabowo tersebut antara lain membahas kisruh Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepolisian RI, termasuk soal Komjen Budi Gunawan. Seperti diketahui, PDIP dan NasDem menuntut Jokowi tetap melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri terlepas dari status hukumnya sebagai tersangka kasus rekening gendut di KPK. Sementara Tim Independen merekomendasikan agar Budi Gunawan tak dilantik sebagai Kapolri.

Malam hari usai bertemu Jokowi, Prabowo langsung menggelar pertemuan dengan Presidium Koalisi Merah Putih di Bakrie Tower. Dalam pertemuan itu disepakati KMP akan mendukung keputusan apapun yang diambil Jokowi berkenaan dengan Budi Gunawan dan kisruh KPK-Polri.

Menurut Budiman, pertemuan antara Jokowi dan Prabowo itu dilakukan karena kesadaran Jokowi sebagai Presiden RI, bukan hanya presiden dari partai-partai politik pendukungnya.

“Pertemuan itu dilakukan untuk menghitung kekuatan politik yang riil. Beliau sudah mendengar (pendapat soal konflik KPK-Polri) dari Koalisi Indonesia Hebat. Wajar kalau sebagai elite politik, ia juga mendengar masukan dari KMP," kata Budiman.

Selain dengan Prabowo, Jokowi juga sempat bertemu dengan presiden ketiga RI BJ Habibie.

Oleh sebab itu Budiman berpendapat perkara Budi Gunawan benar-benar mencairkan ketegangan di antara pemerintah dengan partai-partai yang berada di luar pemerintah. “Saya tidak pernah menyangka ketegangan politik yang terjadi sebelumnya selesai dengan cara yang tidak kita sangka-sangka,” ujarnya.

Seluruh masukan dan kritik yang diterima Jokowi diyakini Budiman akan disampaikan ke internal PDIP.

Saran agar Jokowi keluar dari PDIP dikemukakan pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio. Ketimbang PDIP membuat Jokowi tak nyaman dalam menjalankan tugas-tugas kepresidenan, kata kata, keluar saja dari partai supaya bisa fokus bekerja.
(agk)

http://www.cnnindonesia.com/politik/20150202181801-32-29081/budiman-sudjatmiko-jika-keluar-dari-pdip-jokowi-cengeng/

Mulai pdip terusik nihh !! tanda2 jokodok akan keluar ?
0
4.6K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan