theunlearnidAvatar border
TS
theunlearnid
Apakah agan terjebak kalimat "follow your passion"?
[/CENTER]

Rasanya sering banget kita dengar kalimat “follow your passion” akhir-akhir ini. And this is GREAT, karena kita mulai mempertanyakan apa yang membuat kita come alive.

However, di sisi satunya, mengikuti advise ini juga bisa menjerumuskan diri kita sendiri. Terlebih ketika kita melakukan pekerjaan yang tidak sesuai passion kita, malah dijadikan alasan untuk tidak memberikan 100% effort. Sehingga banyak sekali mispersepsi yang terjadi, seperti:

- Begitu mulai kerja, harus langsug kerja yang sesuai passion
- Kalau tidak sesuai passion, tidak perlu ditekuni
- Passion itu tergantung aktivitasnya, tidak tergantung effort dan impactnya.


Padahal… coba lihat orang-orang yang memang benar-benar mencintai apa yang mereka lakukan.
Tanya deh, jarang sekali yang LANGSUNG menemukannya begitu mereka memulai karirnya. Kebanyakan ceritanya malah karena kejadian-kejadian yang tidak disengaja.
Termasuk Steve Jobs — dimana dia akhirnya tidak sengaja membentuk Apple ketika sedang asik-asiknya mendalami isu-isu filosofi dan Eastern Mysticism.

Quote:


Jangan sampai ketika kamu ingin mengikuti passionmu, jadinya kamu malah membatasi diri sendiri. Atau malah, ngrepotin orang lain.
Karena saya cukup sering melihat kejadian diamana orang mengikuti passionnya, seperti membuat usaha baru tetapi malah pinjam uang ke orang tua, tetap ingin dapat pesangon setiap bulannya, dan belum bisa mandiri.
Ini yang jadinya membuat orang tua kita itu sulit mendukung kita, karena 'following your passion' tidak menjadikan kita mandirijuga.

Quote:


Spoiler for JANGAN DIBUKA!:


Hanya sedikit yang memiliki passion di awal dan mengukutinya ke dalam karir yang mereka sekarang cintai. Kepuasan mereka tumbuh dari waktu ke waktu karena mereka menjadi lebih baik pada apa yang mereka lakukan, dan kemudian memanfaatkan keterampilan ini untuk mendapatkan sifat-sifat seperti kompetensi, otonomi, dan dampak.

Quote:


Quote:
0
9.7K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan