otakatik57Avatar border
TS
otakatik57
Rumah Yatim Tidak Layak Huni ( Share )
emoticon-roseAssalamu'alaikum Wr. Wb.emoticon-rose


tanggal 17 kemaren kebetulan ane lagi tugas kerja dan kaga sengaja nemuain satu pondok yatim yang dihuni 14 anak yatim di
Kp. Legokbandung, Ds. Cijangkar, Kec. Nyalindung RT 011 / 005 - Sukabumi sagaranten
melihat kondisi bangunannya yang sangat tidak layak untuk dihuni ane bener2 miris ngelihatnya
maka dari itu ane sengaja share dimari kali aja agan - sista ada yang berbaik hati dateng langsung ke alamat di atas yang sengaja ane cantumin berharap ada dermawan yang mau membantu menyisihkan rezekynya

agan bisa menghubungi salah satu tokoh pengurus disana
Cp. 0878 2073 6452 Bpk. Ahmad
( semoga Regional setempat tergerak langsung membantu )

untuk konfirmasi silahkan saja hubungi no beliau di atas


Spoiler for Panti yatim kecil :


Keutamaan Beramal Jariyah dan Menyantuni Anak Yatim
Kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang fana, semestinya setiap orang harus menyadari bahwa hidup di dunia ini amatlah singkat. artinya kita hidup hanya sementara dan kita hanya memiliki waktu yang terbatas untuk mengumpulkan pahala sebagai bekal menuju kehidupan yang kekal abadi yaitu kehidupan di akhirat.

Dunia adalah ladangnya amal, sedangkan akhirat adalah hasil dari perbuatan yang kita tanam ketika di dunia. Barang siapa banyak amal sholeh atau pahalanya, maka ia akan masuk surga atau mendapatkan nikmat, dan sebaliknya ketika dosa dan kesalahannya melampaui pahala yang dimiliki, maka alamat akan mendapat neraka dan mereka kekal di dalamnya.

Bagaimana cara kita mensiasati waktu kita yang terbatas untuk mendapatkan tambahan pahala yang besar?
diantaranya adalah dengan melakukan amal yang pahalanya terus mengalir, salah satunya adalah amal jariyah.


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdoa kepadanya.' (HR Muslim).

Hadis di atas menjelaskan amal perbuatan seorang Muslim akan terputus ketika ia meninggal dunia, sehingga ia tidak bisa lagi mendapatkan pahala. Namun, ada tiga hal yang pahalanya terus mengalir walau manusia sudah meninggal dunia, yaitu sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang shaleh.

Dalam riwayat Ibn Majah, Rasulullah SAW menambahkan tiga amal di atas, Rasulullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya amal dan kebaikan yang terus mengiringi seseorang ketika meninggal dunia adalah ilmu yang
bermanfaat, anak yang dididik agar menjadi orang shaleh, mewakafkan Alquran, membangun masjid, membangun tempat penginapan bagi para musafir, membuat irigasi, dan bersedekah.' (HR Ibn Majah).

Makna hadits terputusnya amal seseorang kecuali tiga perkara
Pertama: Jika manusia itu mati, amalannya terputus. Dari sini menunjukkan bahwa seorang muslim hendaklah memperbanyak amalan sholeh sebelum ia meninggal dunia.

Kedua : Allah menjadikan hamba sebab sehingga setelah meninggal dunia sekali pun ia masih bisa mendapat pahala, inilah karunia Allah.

Ketiga: Amalan yang masih terus mengalir pahalanya walaupun setelah meninggal dunia, di antaranya :

a. Sedekah jariyah, seperti membangun masjid, menggali sumur, mencetak buku yang bermanfaat serta berbagai macam wakaf yang dimanfaatkan dalam ibadah.

b. Ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu syar’i (ilmu agama) yang ia ajarkan pada orang lain dan mereka terus amalkan, atau ia menulis buku agama yang bermanfaat dan terus dimanfaatkan setelah ia meninggal dunia.

c. Anak yang sholeh karena anak sholeh itu hasil dari kerja keras orang tuanya. Oleh karena itu, Islam amat mendorong seseorang untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mereka dalam hal agama, sehingga nantinya anak tersebut tumbuh menjadi anak sholeh. Lalu anak tersebut menjadi sebab, yaitu orang tuanya masih mendapatkan pahala meskipun orang tuanya sudah meninggal dunia.

Karenanya selagi Allah masih memberikan kesempatan hidup kepada kita, maka menjadi keharusan kita bersama untuk mengisi kehidupan ini dengan amal sholeh yang sebanyak-banyaknya. Karena hidup ini hanya sekali, manfaatkanlah sebelum menyesal di akhirat nanti.


Sedangkan amalan lain yang memiliki keistimewaan di sisi Allah adalah dengan menyantuni anak yatim.

Masuk surga adalah kesuksesan paling tinggi yang diraih oleh orang-orang yang beriman. Bagaimana pula dengan menemani Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam didalamnya? Itu adalah derajat yang akan diraih oleh orang-orang yang menyantuni anak yatim.

Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Aku dan orang-orang yang mengasuh/menyantuni anak yatim di Surga seperti ini", Kemudian beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah seraya sedikit merenggangkannya. [HR. Bukhori].

Imam Ibnu Bathol rohimahulloh berkata : "Orang yang mendengar hadis ini wajib melaksanakannya, agar ia bisa menjadi sahabat Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam di surga. Di akhirat, tidak ada kedudukan yang lebih utama dari itu." Al-Hafizh Ibnu Hajar rohimahulloh berkata : "Isyarat ini cukup untuk menegaskan kedekatan kedudukan pemberi santunan kepada anak yatim dan kedudukan Nabi, karena tidak ada jari yang memisahkan jari telunjuk dengan jari tengah."
Tahukah anda, apa hasil yang akan diperoleh dengan menyantuni dan mengasihi anak yatim, apa sikap anda terhadap kebaikan ini ? Jika anda termasuk orang-orang yang mampu, apakah anda pernah berpikir untuk menyantuni seorang anak yatim, sehingga anda bisa menjadi sahabat nabi shollallohu 'alaihi wa sallam di surga.
Untuk menyantuni anak yatim anda tidak harus memiliki kekayaan yang melimpah. Melainkan, siapa yang memungut seorang anak yatim, memberinya makanan dengan makanan yang sehari-hari yang dimakannya, memberinya minum dengan minuman yang bisa diminumnya, maka ia akan memperoleh kedudukan tersebut.

Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga." [HR. Abu Ya'la dan Thobroni, Shohih At Targhib, Al-Albaniy : 2543].

Wahai anda yang ingin memperoleh apa yang bermanfaat bagi dirinya, jika anda mendapat kesempatan untuk menyantuni anak yatim, jangan sekali-kali anda sia-siakan. Jika anda tidak menyukai hal itu dan menyia-nyiakannya, maka pikirkanlah pahala bagi orang yang menyantuni anak yatim. Tidakkah anda ingin menjadi sahabat Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam di sorga


Quote:


waduh ko jadi rame kaya gini ya trit ane ini
maaf gan ane baru konfirmasi soalnye ane sibuk ngurus poyek perumahan yang mau di deket daerah tersebut
sekarang lagi nemuin boss yang mau buka tuh perumahan yang kebetulan orang china

dari pada ntar jadi masalah baiknya tunggu ane pulang dulu dah
PM aja no contact kalian kawan2 semua yang ingin datang langsung jadi ntar kita bisa janjian cz alamat yang ane inget cuman itu
tapi ane inget banget jalannya

maaf semua kalau ada kesalahan saya yang membingungkan
Diubah oleh otakatik57 27-01-2015 23:17
0
10.6K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan