Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pena99Avatar border
TS
pena99
nyeremin gan .. Detik-Detik Sebelum AirAsia Jatuh
METROPOLITAN – Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, mengungkap saat-saat terakhir sebelum pesawat AirAsia QZ 8501 jatuh ke Laut Jawa pada 28 Desember 2014. Sesuai dengan data radar, pesawat tersebut berupaya naik dengan kecepatan yang sangat tinggi.
“Di menit terakhir, pesawat naik dengan kecepatan di atas normal,” kata Jonan, sebagaimana dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu 21 Januari 2015.
“Pesawat mendadak naik dengan kecepatan di atas batas normal kemampuan pesawat untuk naik. Kemudian mengalami stall,” tambah mantan Dirut PT KAI ini.
Sebelum menghilang dari radar, pesawat tersebut dilaporkan meminta menambah ketinggian dari 32.000 kaki ke 38.000 kaki. Permintaan itu dilakukan untuk menghindari cuaca buruk yang menghadang.
Sebelumnya, dengan merujuk data radar, Jonan mengatakan bahwa Airbus A320-200 yang mengangkut 155 penumpang dan 7 kru itu pada satu titik naik dengan rata-rata 6.000 kaki (1.800 meter) dalam satu menit sebelum jatuh.
“Saya pikir ini sangat jarang bahkan untuk jet tempur untuk dapat naik 6.000 kaki permenit,” kata dia.
“Untuk penerbangan komersial, naik sekitar 1.000 sampai 2.000 (kaki) mungkin sudah dianggap luar biasa, karena ini tidak dimaksudkan naik secepat itu,” tambah Jonan.
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kini tengah menyelidiki penyebab kecelakaan melalui rekaman dalam kotak hitam. Para penyelidik menyebut tak ada faktor terorisme dalam kecelakaan itu.
Sehingga penyelidikan kali ini fokus pada kemungkinan human error atau kesalahan manusia dan kerusakan pesawat. “Kami tidak mendengar suara orang lain selain pilot,” tutur penyelidik KNKT, Nurcahyo Utomo.
Keterangan serupa juga disampaikan penyelidik KNKT lainnya, Andreas Hananto. “Suara dari kokpit tidak menunjukkan tanda-tanda serangan teroris. Hanya suara pilot, terdengar sangat sibuk,” tutur Andreas. (dre)

sumber : http://metropolitan.id/2015/01/21/de...-airasia-jatuh

0
12.6K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan