Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

havenlagoonAvatar border
TS
havenlagoon
[JENIUS MENURUT PANATAK]Jokowi Umumkan Penurunan Harga,Saham Pers. Semen Terjun Bebas
Jakarta -Saham-saham produsen semen anjlok, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaporkan penurunan harga jual semen Rp 3.000 per sak. Investor merespons pengumuman ini dengan melepas saham.

Ada dua produsen semen besar di lantai bursa, yaitu PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP) dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR). Masing-masing sahamnya anjlok 10,3% dan 7,4% pada penutupan perdagangan Jumat.

Koreksi itu terjadi hanya dalam satu hari perdagangan. Investor asing terpantau paling banyak melepas saham emiten semen. Transksi jual bersih (foreign net sell) di saham INTP sebanyak Rp 118,9 miliar dan di SMGR sebesar Rp 98,7 miliar.

"Reaksi investor ini sudah bisa diprediksi karena harga jual yang rendah berarti marjin perusahaan semakin kecil. Investor juga sangat terkejut atas campur tangan langsung pemerintah ke pasar semen," kata Daewoo Securities dalam riset hariannya, Senin (19/1/2015).

Daewoo menambahkan, hubungan antara pengusaha swasta dengan pemerintah sangat penting bagi investor. Investor lebih suka harga jual yang bergantung mekanisme pasar ketimbang diatur oleh pemerintah.

Meski demikian, Menteri BUMN Rini Soemarno sudah menyatakan bahwa penurunan harga semen itu bukan intervensi pemerintah melainkan inisiatif dari produsen semen pelat merah yaitu Semen Indonesia. Sehingga hal ini murni aksi korporasi.

Pada perdagangan hari ini, harga saham INTP dan SMGR terpantau masih anjlok di tengah penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

http://finance.detik.com/read/2015/0...990101mainnews

dia sendiri merusak iklim investasi emoticon-Cape d... (S)

jadi inget omongan dia sendiri di APEC 2014

we are waiting for you to invest in indonesia emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh havenlagoon 19-01-2015 07:03
nona212
nona212 memberi reputasi
1
10.8K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan