Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mau5trapAvatar border
TS
mau5trap
PDI-P: Kalau Polri Solid, Budi Gunawan Tak Akan Jadi Tersangka


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI Perjuangan bidang hukum Trimedya Panjaitan menilai Komisaris Jenderal Budi Gunawan tidak akan menjadi tersangka apabila internal Polri solid. Ia melihat adanya perpecahan di Kepolisian terkait pergantian kepala Polri.

"Kami perhatikan juga situasi internal Polri ini. Kalau Polri-nya solid dalam soal pencalonan Kapolri, saya kira peristiwa ini tidak akan terjadi," ujar Trimedya di Jakarta, Minggu (18/1/2015).

Menurut Trimedya, penetapan tersangka dilanjutkan pengumuman oleh pimpinan KPK tidak lepas dari permainan oknum-oknum Polri yang tak menyukai keputusan Presiden Joko Widodo mencalonkan Budi sebagai Kapolri.

Hal tersebut, kata Trimedya, terlihat dari perbedaan reaksi pejabat Polri saat menyikapi penetapan tersangka Budi dengan penetapan tersangka mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Djoko Susilo beberapa waktu lalu.

Saat KPK menetapkan Djoko sebagai tersangka, kata dia, internal Polri ramai-ramai bereaksi keras kepada KPK. Namun, saat Budi dijadikan tersangka, tidak ada perwira Polri yang membela.

Menurut Trimedya, persaingan di internal Polri itu seharusnya tidak pantas sampai menjadikan Budi Gunawan sebagai tersangka. Pasalnya, hal tersebut justru akan merusak kepolisian secara lembaga.

"Terlalu mahal harganya menurut saya, untuk kepentingan kelompok dan pribadi mengorbankan institusi yang sedemikian besar ini. Ini jadi pelajaran bagi Polri, jangan sampai terjadi demoralisasi di tingkat perwira menengah apalagi dibawah itu," imbuh Trimedya.

Presiden Jokowi memutuskan menunda melantik Budi sebagai Kapolri meski dia telah melalui seluruh tahapan untuk menduduki jabatan itu, termasuk telah mendapat persetujuan dari DPR. Ini karena Budi sedang menjalani proses hukum setelah Selasa lalu diumumkan menjadi tersangka kasus korupsi oleh KPK.

Presiden sudah memberhentikan dengan hormat Jenderal Pol Sutarman dari jabatannya sebagai Kapolri. Komisaris Jenderal Badrodin Haiti yang sebelumnya Wakil Kepala Polri lalu diangkat menjadi Pelaksana Tugas Kepala Polri.


http://nasional.kompas.com/read/2015...Jadi.Tersangka



ayo harus solid dan kompak supaya berubah tidak jadi tersangka
0
8.3K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan