bondhahnmrt85Avatar border
TS
bondhahnmrt85
Diskusi Produk Asuransi + Investasi Generali (Unit Link)


Disclaimer :Saya bukan perwakilan ataupun agen Generali. Tapi saya cukup paham dengan produk dari Generali, karena istri saya memang agen Generali dan saya juga sering diskusi dengan leadernya di Generali. Selain itu memang saya tertarik dengan produknya, terutama membuat saya yg cukup takut berinvestasi di reksadana saham karena high risk (walaupun high return). Saya sendiri justru agen asuransi umum dari Asuransi Sinar Mas hahaha... emoticon-Big Grin
Jadi saya tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam penyampaian. Tapi saya berusaha menyampaikan sebisa mungkin sesuai pada ilustrasi maupun polis yang saya baca.



SEJARAH GENERALI
Generali berdiri pada tahun 1831 di Trieste pada zaman kekaisaran Astro-Hungaria (saat ini Italia). Generali adalah salah satu perusahaan asuransi dan keuangan global terkemuka di Eropa dan dunia. Aset yang dikelola saat ini adalah lebih dari 400 Milyar Euro (2011) dan telah berdiri di 68 negara (2011). Generali selalu bersaing dengan AXA dan Allianz dalam 3 besar perusahaan asuransi terbesar di dunia.

Spoiler for Fortune Global 500:


PT. AJ Generali Indonesia adalah bagian dari Assicurazioni Generali yang tergabung dalam Generali Group, yang berdiri pada 2008 di Indonesia. Dipasarkan oleh beberapa distribution channel, salah satunya adalah Agency yang mulai dijalankan pada tahun 2011. Pertumbuhan premi Agency Generali adalah yang tercepat di Indonesia, yaitu mencapai 217% (Q2 2012 s.d Q2 2013). Saat ini telah tercatat 80 kantor Agency Generali di seluruh Indonesia.

Spoiler for Pertumbuhan Premi:


Generali menciptakan produk inovatif yang berguna untuk mengelola dana investasi nasabah Unit Link, yang dinamakan dengan Auto Risk Management System (ARMS). Sistem ini bermanfaat untuk memproteksi dana investasi nasabah dari penurunan harga unit dengan melakukan switching secara otomatis ke fund yang paling stabil (Money Market) dan re-switching ke alokasi fund semula ketika harga semakin turun ataupun mulai beranjak naik (Bounce Back).

Terdapat 2 produk unggulan dari Generali yaitu I-PLAN dan UB-RICH. I-PLAN merupakan produk yang lebih mengutamakan asuransi, sedangkan UB-RICH mengedepankan investasinya. Berikut saya jabarkan produk2 tersebut.


1. I-PLAN (Insurance Protection Linked Auto Navigation)
Produk ini memiliki manfaat sebagai berikut:
  • iPLAN(Perlindungan Jiwa dan Dana Investasi) – hingga usia 99 tahun
  • ADB-PLAN (Perlindungan Jiwa karena kecelakaan) – hingga usia 70 tahun
  • ADDB-PLAN (Perlindungan Jiwa dan Cacat Total Tetap karena kecelakaan) – hingga usia 70 tahun
  • CI Accel-PLAN (Perlindungan Penyakit Kondisi Kritis mengurangi UP Dasar) – hingga usia 70 tahun
  • CI Add-PLAN (Perlindungan Penyakit Kondisi Kritis tidak mengurangi UP Dasar) – hingga usia 70 tahun
  • Health-PLAN (Santunan Harian Rawat inap dan Pembedahan) – hingga usia 70 tahun
  • TPD-PLAN (Perlindungan Cacat Total dan Tetap karena Penyakit atau Kecelakaan) – hingga usia 60 tahun
  • Medical-PLAN (Penggantian Biaya Rumah Sakit) – hingga usia 75 tahun
  • Survivor Spouse Full-PLAN (Pembebasan Pembayaran Premi Dasar dan Top Up Berkala jika Pasangan Meninggal Dunia) – hingga usia 55, 65, dan 75 tahun
  • Survivor Spouse Basic-PLAN (Pembebasan Pembayaran Premi Dasar jika Pasangan Meninggal Dunia) – hingga usia 55, 65, dan 75 tahun
  • Spouse Term Life-PLAN (Perlindungan Jiwa Pasangan) – hingga usia 99 tahun
  • MCI-PLAN (Perlindungan Penyakit Kondisi Kritis Bertahap/Multi Level) – hingga usia 55, 65, 75, dan 85 tahun
  • WoP Full-PLAN (Pembebasan Pembayaran Premi Dasar dan Premi Top Up Berkala jika Terdiagnosa Penyakit Kondisi Kritis) – hingga usia 55, 65, dan 75 tahun
  • WoP Basic-PLAN (Pembebasan Pembayaran Premi Dasar jika Terdiagnosa Penyakit Kondisi Kritis) – hingga usia 55, 65, dan 75 tahun



Tabel Penyakit Kondisi Kritis MCI-PLAN
Spoiler for Tabel Penyakit Kondisi Kritis:



Tabel Manfaat Medical-PLAN
Spoiler for Tabel Manfaat Medical-PLAN:

*Menggunakan fasilitas cashless (ad-medika) di lebih dari 300 Rumah Sakit Provider di seluruh Indonesia.
*I-Assist merupakan layanan dari pihak ketiga yang ditunjuk oleh Generali yang ditanggung hingga 2,25 Milyar dalam manfaat Medical PLAN.
Spoiler for Ruang Lingkup Layanan I-Assist:



BIAYA-BIAYA
Biaya Akuisisi
  • Premi Dasar (Tahun 1 s.d 5) = 100% + 60% + 15% + 15% + 15%
  • Top Up Berkala (Tahun 1 dst) = 5%
  • Top Up Single/Sekaligus = 3%


Biaya Lain-Lain
  • Biaya Administrasi = Rp. 30 ribu per bulan
  • Biaya Pengelolaan Investasi maks. sebesar 2.2% per tahun. Biaya ini sudah diperhitungkan dalam harga Unit.
  • Biaya switching 0.5%, hanya dikenakan mulai switching ke-5 dst dalam 1 tahun polis
  • Switching otomatis menggunakan fitur ARMS tidak dikenakan biaya.




2. UB-RICH (Ultimate Balance Right Insurance Choice)
Produk ini merupakan produk baru di Generali yang launching di Oktober 2013. Lebih mengedepankan hasil investasinya ketimbang asuransi. Produk ini dikenakan biaya akuisisi sebesar 50% untuk premi dasar pada tahun pertama, dan akan dikembalikan bertahap sebesar 10% per tahun mulai tahun ke-6 hingga tahun ke-10. Premi dasar minimum untuk produk ini adalah Rp. 25 Juta per tahun (Rp. 2.1 Juta per bulan).
Rider pada produk UB-RICH ini sama seperti produk I-PLAN, minus ADDB-PLAN, CI Accel PLAN, dan Medical PLAN.

Tetapi pada produk ini dapat dikenakan pinalti sebesar 75%, 50%, 40%, 30%, 20%, 10%, dan 5% jika dana ditarik mulai tahun pertama hingga ke-7. Bebas pinalti mulai akhir tahun ke-7 dan seterusnya.



AUTO RISK MANAGEMENT SYSTEM (ARMS)
Auto Risk Management System (ARMS) merupakan fitur yang dikembangkan oleh Generali untuk melindungi investasi nasabah. Fitur ini dipatenkan mulai tahun 2011 hingga 20 tahun ke depan, sehingga sebelum 2032 tidak ada perusahaan lain yang dapat menjiplak maupun meniru sistem yang sama ataupun mirip dengan ARMS ini.
Fitur ARMS terus dikembangkan sesuai perkembangan pasar modal, sehingga fitur ini semakin hari semakin dapat membantu membatasi kerugian dan dapat memaksimalkan investasi nasabah.

Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada ARMS.

Auto Balancing
Merupakan fasilitas investasi di mana komposisi portofolio Jenis Dana Investasi diseimbangkan secara otomatis sesuai dengan pilihan Pemegang Polis dalam Batas Toleransi yang dikehendaki.
Batas Toleransi adalah batas atas dan batas bawah dari komposisi Jenis Dana Investasi yang dikehendaki oleh Pemegang Polis untuk dimonitor oleh sistem.


Auto Trading
Profit Climbing

Merupakan fitur yang berfungsi untuk menjaga agar acuan fasilitas Auto Trading bergerak secara otomatis mengikuti pertumbuhan Nilai Investasi sesuai dengan parameter yang telah ditetapkan oleh Pemegang Polis.

Cut Loss / Target Loss
Merupakan fitur yang membantu mengamankan seluruh Nilai Investasi yang telah Pemegang Polis peroleh dari risiko penurunan lebih lanjut. Dana Investasi ditempatkan pada Generali Money Market II (special account).

Auto Re-Entry
Merupakan fasilitas investasi untuk mengalokasikan kembali Nilai Investasi sesuai dengan alokasi pada Jenis Dana Investasi yang ditentukan oleh Pemegang Polis atas seluruh Nilai Investasi yang telah direalisasikan melalui fasilitas investasi Auto Trading pada saat menyentuh batas toleransi yang telah ditetapkan oleh Pemegang Polis.

Bounce Back
Merupakan fasilitas investasi untuk mengalokasikan kembali Nilai Investasi sesuai dengan alokasi pada Jenis Dana Investasi yang ditentukan oleh Pemegang Polis atas seluruh Nilai Investasi yang telah direalisasikan melalui fasilitas investasi Auto Trading dalam suatu periode dan parameter tertentu yang ditentukan oleh Generali.

Spoiler for Mekanisme dan penjelasan ARMS by grafik:


Spoiler for Back testing ARMS 2004-2011:


Dengan fitur ini, jumlah unit nasabah tetap bisa tumbuh justru pada saat harga unit turun. Jumlah unit sangatlah penting dalam asuransi berbasis Unit Link. Terutama pada saatnya nanti cuti premi, jika tidak ada pengelolaan dana yg lebih advance alias dibiarkan begitu saja, ketika harga unit turun, maka jumlah unit yg ada akan berkurang drastis. Jika harga unit dapat segera rebound dgn cepat sih tidak masalah, tetapi bagaimana jika penurunan terjadi dalam 2-3 tahun? Tentu akan menjadi masalah sehingga polis bisa saja lapse.

Karena itulah sistem ARMS adalah fitur yg seharusnya dimiliki oleh semua perusahaan asuransi yang berbasis unit link, bahkan pada perusahaan investasi seperti reksadana sekalipun. Sayangnya mekanisme ini sudah dihak patenkan, sehingga perusahaan lain tidak boleh (walaupun sebenarnya sanggup) meniru sama sekali. Infonya sih, ada 2 perusahaan asuransi yg besar di Indonesia mau menggunakan fitur serupa dgn nama berbeda, tetapi ditolakemoticon-Stick Out Tongue


KESIMPULAN (versi ane)
Keunggulan :
  • Adanya fitur ARMS untuk menjaga investasi nasabah
  • Harga Unit yang masih rendah (masih kisaran 1000)
  • Harga Unit jual-beli SAMA, sehingga tdk kena selisih setiap kali top-up
  • Rider MCI-PLAN yang memberikan santunan secara bertahap mulai stadium awal jika terdiagnosa sakit kritis, dgn maksimal 200% dari UP
  • Fasilitas cashless untuk Medical PLAN (gesek kartu, bukan lewat telepon ke CS) di 300+ RS provider
  • Biaya RS sesuai tagihan untuk Medical PLAN (mulai PLAN 1000)
  • Polis bisa dijadikan 1 untuk 1 keluarga, sehingga menghemat biaya administrasi. Selain itu jika Tertanggung Utama meninggal, polis tetap jalan dilanjutkan oleh Tertanggung Tambahan (tidak lapse)
  • Pada produk UB-RICH, biaya akuisisi hanya dikenakan pada tahun pertama, kemudian akan dikembalikan bertahap mulai tahun 6 s.d 10
  • Layanan tambahan I-Assist yang akan sangat membantu dalam keadaan darurat


Kelemahan :
  • Rider yang standar alias tidak istimewa dari perusahaan yang lain, kecuali MCI-PLAN
  • Biaya RS sesuai tagihan dimulai dari PLAN 1000, di bawah itu masih Inner Limit (walaupun limitnya termasuk lumayan)
  • Biaya Akuisisi produk I-PLAN tidak lebih istimewa dari perusahaan kompetitor



NB : Trit ini hanya sebagai informasi saja, bukan berniat jualan. Tapi kalo ada yang mau beli, ya monggo by PM aj yah emoticon-Big Grin
Diubah oleh bondhahnmrt85 10-03-2014 10:47
0
60.5K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan