awi87Avatar border
TS
awi87
Perjanjian Pranikah Korban Air Asia Susahkan Risma
TEMPO.CO, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengakui adanya kendala dalam validasi data ahli waris korban pesawat Air Asia QZ8501. Kendala yang menyebabkan penundaan pembuatan akta kematian korban itu dari nama yang berbeda, perjanjian pranikah suami-istri, hingga rebutan warisan.

"Karena ada gesekan, agak ribut, (akta kematian) itu kami tunda dulu," kata Risma kepada wartawan seusai bertemu dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi di Balai Kota Surabaya, Kamis, 8 Januari 2015. (Baca berita sebelumnya: Risma Janji Permudah Akta Kematian Korban Air Asia)

Risma tidak menjelaskan lebih detail terkait dengan konflik waris ataupun perjanjian pranikah suami-istri yang sama-sama menjadi penumpang pesawat Air Asia QZ8501. "Agak enggak etis kalau saya omong ke media," ujarnya.

Namun dia mengakui ada korban pesawat yang memiliki nama berbeda pada setiap identitasnya. Ia mencontohkan ada penumpang yang namanya berbeda pada akta kelahiran, KTP, dan paspor. Ini yang akan divalidasi Pemerintah Kota Surabaya karena pembayaran asuransi tidak bisa diberikan kepada orang yang berganti-ganti nama.

Risma berjanji akan mempermudah proses validasi data korban. Pihaknya sudah mempersiapkan segala administrasi yang dibutuhkan. Hanya, Pemerintah Kota masih bingung menyerahkan kepada orang yang tepat, yang nantinya tidak akan menimbulkan persoalan hukum.

Termasuk korban yang sudah tidak lagi memiliki keluarga. "Ya, ini yang mau saya pikirkan," katanya. (Baca: Hari Ke-12, Total 44 Korban Air Asia Ditemukan)

Risma juga sempat menerima keluhan keluarga yang mendapati rekening tabungan korban di beberapa bank. Menurut Risma, dirinya sudah menyurati Bank Indonesia untuk mencari data-data yang bersangkutan. "Kalau data itu saya dapat, nanti serahkan (akta kematian) sama-sama," ujarnya.

sumber

jangan sampai salah menyerahkan uang asuransi bu, kalau buat korban yang sudah tidak punya keluarga lagi lebih baik dimasukkan ke depsos atau langsung di sumbangkan
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
9.2K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan