Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

colonydcAvatar border
TS
colonydc
Berbagai makanan bergizi yang berasal dari Sawah
HAI AGANemoticon-Cool& SISTAemoticon-Kiss




Spoiler for NO TEPOST:




Oke gan, kali ini ane mau ngeshare berbagai macam makanan bergizi yg ada di sawah langsung kita CHECK THIS OUT


1.TUTUT
Spoiler for :


Tutut merupakan hewan bercangkang, sejenis keong, yang biasanya banyak terdapat di sawah. Masyarakat sejak lama telah memanfaatkan tutut sebagai makanan camilan atau menemani makan nasi. Tutut yang menyerupai keong dalam bentuk kecil, biasanya dibumbui dengan kunyit, kadang ditambahin santan dan berbagai bumbu lainnya.
Tutut ternyata menyimpan kandungan gizi tinggi, menurut Positive Deviance Resource Centre khasiatnya ini karena tutut mengandung kandungan protein 12% , kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram tutut, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan phosfor.
Kandungan vitamin pada tutut cukup tinggi, dengan dominasi vitamin A, E, niacin dan folat, Jadi bayangkan khasiatnya, vitamin A untuk mata, vitamin E untuk regenerasi sel dan kecantikan kulit, niacin berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi dan folat baik untuk ibu hamil supaya bayinya tidak cacat tabung syarafnya, dan banyak lagi.

Tutut mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dalam kadar yang cukup tinggi pada tubuhnya. Berat daging satu ekor tutut dewasa dapat mencapai 4-5 gram. Selain makronutrien, tubuh tutut juga mengandung mikronutrien berupa mineral, terutama kalsium yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dengan pengelolaan yang tepat, tutut dapat dijadikan sumber protein hewani yang bermutu dengan harga yang jauh lebih murah daripada daging sapi, kambing atau ayam.

2.BELUT
Spoiler for :


Belut atau Monopterus albus diakui banyak memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Di Indonesia sendiri, ada tiga jenis belut yakni belut sawah, belut bermata sangat kecil, dan belut rawa.

Belut sawah merupakan jenis belut yang paling familiar di kalangan masyarakat kita dan termasuk yang banyak dikonsumsi. Sedangkan belut rawa memiliki jumlah yang terbatas dan kurang familiar di kalangan masyarakat.
Belut memiliki nilai energi yang cukup tinggi yakni 303 kilo kalori per 100 gram daging. Nilai energinya sendiri jauh lebih tinggi dibandingkan telur dan daging sapi.zat-zat yang terkandung seperti;protein,leusin,arginin,dll

3.NASI
Spoiler for :


Siapa sih yg gak tau nasi, yup nasi adalah beras yg telah direbus yg berasal dr padi yg tumbuh di sawah,
Jika kita bicara manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh maka salah satu hal yang paling penting adalah sumber energi bagi manusia.

- Meningkatkan mood baik – Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.

- Mencegah kanker – brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh. Banyak penelitian yang sudah mempercayai itu

- Nasi non kolesterol – nasi tidak mengandung lemak berbahaya sama sekali ataupun sodium. maka dari itu, nasi pasti juga baik untuk dimasukkan dalam menu diet seimbang. Dan masih banyak lagi

4.BEKICOT
Spoiler for :
Jenis binatang molusca ini sekarang banyak diperhatikan orang sebagai salah satu makanan yang memiliki kandungan gizi cukup baik. Memang dahulu bekicot dikonsumsi ketika bangsa kita mengalami masa penjajahan dimana sumber makanan susah didapat sehingga daging bekicot salah satu alternatif makanan yang memang masih mudah didapat dan tidak bahaya dikonsumsi. Dimasa kini di daerah perkotaan populasi bekicot sudah mulai sangat sedikit sekali, lain lagi didaerah daerah yang masih pedesaan atau pedalaman, bekicot tumbuh dan berkembang biak secara baik.

Apabila kita membicarakan manfaat daging bekicotyang ada didalamnya terdapat kandungan asam amino essensial. Asam amino essensial adalah unsur unsur dari makanan yang membentuk protein dalam tubuh kita. Kumpulan asam amino essensial dalam 100 g daging bekicot kering diantaranya terdiri atas leucine 4,62 gr, lycine 4,35 gr, arginine 4,88 gr, aspartic acid 5,98 gr, dan glutamic acid 8,16 gr.

Berikut penjabaran dari manfaat daging bekicotditinjau dari tiap unsur kandungan tersebut :
Leucine
Membantu mencegah penyusutan otot.
Membantu pemulihan pada kulit dan tulang.
Lycine
Kekurangan lycine akan mempengaruhi pembuatan protein pada otot dan jaringan penghubung lainnya.
Bersama dengan Vitamin C membentuk L-Carnitine.
Membantu dalam pembentukan kolagen maupun jaringan penghubung tubuh lainnya (cartilage dan persendian).
Arginine (asam amino essensial untuk anak2)
Diyakini merangsang produksi hormon pertumbuhan.
Diyakini sebagai pemicu Nitric Oxide (suatu senyawa yang melegakan pembuluh darah untuk aliran darah dan pengantaran nutrisi yang lebih baik).
Bersama glycine dan methionine membentuk creatine.
Aspartic Acid
Membantu mengubah karbohidrat menjadi energy.
Membangun daya tahan tubuh melalui immunoglobulin dan antibodi.
Meredakan tingkat ammonia dalam darah setelah olah raga.
Glutamic Acid (Asam Glutamic)
Pemicu dasar untuk glutamine, proline, ornithine, arginine, glutathine, dan GABA.
Diperlukan untuk kinerja otak dan metabolisme asam amino lain.

5.KATAK SAWAH
Spoiler for :


Manfaat Daging Kodok: Atasi Kanker Hingga Mani Encer – Di Indonesia ada berbagai macam jenis kodok, namun tidak semua dapat dikonsumsi, baik sebagai makanan atau obat tradisional. Umumnya yang paling banyak digunakan adalah kodok sawah (kodok hijau) atau kodok batu (yang berwarna coklat kehitam-hitaman). Nah, daging kodok adalah sumber protein hewani yang cukup tinggi kandungan gizinya. Daging kodok juga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Siapa sangka jika hewan amfibi ini ternyata dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kanker. Pengobatan unik untuk penyakit kanker ini dilakukan oleh Dr Willie, seorang dokter ahli pengobatan herbal TCM di Jakarta. Beliau menggunakan lendir katak sebagai material pengobatan alternatif untuk penyakit kanker. Melalui media infus, pengobatan ini bersifat seperti kemoterapi. Namun, tidak sepanas kemoterapi pada umumnya, karena ramuannya mengandung cinobufacini (lendir katak).

Bagi yang menyukai masakan ala cina tentu pernah merasakan kelezatan swieke yang banyak disukai orang. Selain untuk bahan baku swieke, daging kodok terutama jenis kodok batu, juga digunakan sebagai menu obat alternatif yang berkhasiat untuk mengatasi infertilitas pria.

6. BELALANG CRISPY
Spoiler for :

Daging belalang merupakan salah satu dari makanan khas di Kabupaten Gunung Kidul- Yogyakarta. Biasanya belalang goreng ini dipadukan dengan gaplek,tiwul, dan gatot.

biasanya didapatkan pada musim
kemarau. Namun kita mengolahnya harus dengan cara sehat dan
membersikannya sampai
bersih. Rasa dari daging belalang goreng tersebut sangat gurih dan
crispy apabila kita makan.
Daging belalang memang aneh
bagi kita sebagai orang
Indonesia, namun daging
belalang ini memiliki banyak
manfaat terutama bagi
kesehatan kita.

Daging belalang memiliki kandungan protein yang tinggi, bahkan lebih tinggi
dari makanan penghasil protein
lainnya seperti udang, telur
ayam, daging ayam dan daging
sapi, dan memiliki kandungan
vitamin, dan mineral dalam
daging belalang tersebut.
Bahkan kulitnya mengandung
zat kitosan seperti udang yang
baik untuk dikonsumsi dalam
tubuh kita. Didalam belalang
yang masih segar juga
mengandung protein sekitar 20
persen. Bahkan pada belalang yang kering mengandung sekitar 40 persen, belalang ini juga memiliki kandungan vitamin A sekitar 25-30 persen.
Selain itu didalam belalang memiliki beragam yang tergantung seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan
dan tembaga. Sedangakan
vitamin lainnya mulai dari A, B,
B1, B2, B6 ,E, dan C


itu yg dapat ane share pada thread kali ini




Spoiler for SUMBER:
Diubah oleh colonydc 08-01-2015 04:12
0
7.4K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan