Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ansarsafetyAvatar border
TS
ansarsafety
(Baca Boss) Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Sudah Ditemukan



photo ekor asia di dasar laut
JAKARTA - Badan Save and Rescue Nasional (Basarnas) memastikan tim pencari pesawat nahas AirAsia QZ8501 sudah menemukan ekor pesawat yang jatuh di sekitar perairan Selat Karimata, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (7/1) siang ini, Kepala Basarnas Marsdya FHB Soelistyo menjelaskan objek yang dimaksud dipastikan dari gambar penyelam yang menemukan tulisan AirAsia. "Ini gambar pesawat AirAsia utuh. Maka saya dapat pastikan ini adalah ekor," jelas Soelistyo.

Soelistyo menambahkan, penemuan ekor pesawat ini ditemukan di sektro prioritas tambahan kedua dan dilaporkan oleh kapal GeoSurvey jam 05.00 pagi tadi. Soelistyo mengatakan, dimensi objek ini sekitar panjang 10 meter lebar 5 meter dan tinggi 3 meter dengan posisi menghujam ke dasar laut.

"Ini (penemuan) merupakan kesuksesan tersendiri karena menjadi sasaran pokok sejak kemarin dan hari ini. Bagian ekor sudah dikonfirm dan ditemukan," tandasnya.

Penemuan ekor pesawat ini merupakan hal yang penting, mengingat di posisi inilah Black Box terletak. Namun belum bisa dipastikan apakah Black Box yang berwarna oranye itu masih berada di posisi semestinya. Diketahui, sinyal Kotak Hitam hanya bekerja selama 30 hari sejak take off.

sumur http://www.jpnn.com/read/2015/01/07/...udah-Ditemukan

Basarnas Pastikan Tim Gabungan Temukan Ekor Pesawat AirAsia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim gabungan kembali menemukan puing pesawat AirAsia QZ 8501 yang hilang kontak sebelas hari yang lalu. Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo menegaskan tim gabungan telah memastikan penemuan ekor pesawat.

Temuan ini dipastikan oleh Kapal Geosurvey yang melakukan penjelajahan pada sektor prioritas kedua daerah pencarian. Temuan ini diinvestigasi melalui side system sonar yang melakukan penjelajahan pada sektor kedua.

Berdasarkan penyisiran dan kapal Geosurvey objek yang dipastikan ekor pesawat tersebut mempunyai dimensi 10 x 5 x 3 meter dengan alat side sistem sonar. Temuan ini diperoleh oleh Kapal Geosurvey pada pukul 05.00 WIB dan disampaikan pada pukul 08.00 WIB dengan multi beam eko sounder.

"'Maka saya pastikan ini adalah bagian ekor pesawat dengan bukti gambar dan tulisan PK-AXC milik AirAsia QZ 8501,"ujar Soelistyo saat jumpa pers di Kantor Basarnas, Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Soelistyo menuturkan, kapal-kapal yang mempunyai alat side system sonar sengaja diperintahkan untuk terus menyisir di daerah yang menjadi prioritas. Hasilnya, kapal Geosurvey berhasil menemukan ekor pesawat AirAsia QZ 8501.

"Kesimpulan kita suskes mencari objek di daerah sasaran pokok dengan ditemukannya ekor," ujar Soelistyo.

Sebelumnya, tim gabungan telah menemukan lima objek yang diduga puing pesawat di area prioritas pencarian. Dua objek pertama ditemukan terdiri dari obyek tiga dimensi berukuran 9,2 x 4,6 x 0,5 meter dan obyek dua dimensi berukuran 7,2 x 0,5 meter. Obyek tersebut ditemukan Jumat (2/1/2014) malam sekitar pukul 23.40 WIB.

Kemudian dua objek lainnya ditemukan Sabtu (3/1/2015), masing-masing pada pukul 13.30 WIB dan 14.25 WIB. Obyek pertama berukuran 18 x 5,4 x 2,2 meter, sedangkan obyek kedua berukuran 12,4 x 0,6 x 0,5 meter. Sementara objek kelima ditemukan pada Minggu (4/1/2015) sekitar pukul 03.00 WIB dengan dimensi 9,8 x 1,1 x 0,4 meter.

Selasa (6/1/201) tim gabungan juga berhasil menemukan dua berukuran 17x4 metal dengan kedalaman 93 feet. Sementara satu objek lain berukuran 14x4,6 meter yang dideteksi pada kedalaman 93 feet.

sumur http://www.tribunnews.com/nasional/2...esawat-airasia

ada titik terang kotak hitam bisa di temukan dah koment boss emoticon-Matabelo
Diubah oleh ansarsafety 07-01-2015 07:56
0
8.1K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan