Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mariaimeldaAvatar border
TS
mariaimelda
Masalah Kesehatan Terlalu Lama di Depan Komputer, Ini Solusinya!


Masalah kesehatan yang sering timbul dengan penggunaan teknologi komputer terlalu lama. Dan, kami hadirkan juga solusinya untuk Anda.

Berdasarkan survei online yang dilakukan oleh India Bytes pada tahun 2008 lalu, ada sekitar 64.400.000 orang India yang menggunakan komputer baik di rumah mereka atau bekerja setiap hari. Pada 2014, jumlah itu sudah mencapai 1 miliar lebih.

Teknologi telah benar-benar menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan alat penting dalam setiap bidang. Tapi, dengan meningkatnya jumlah pengguna komputer, masalah kesehatan menjadi nomer satu berkembang dengan pesat. Bila, Anda bekerja di depan komputer selama beberapa jam itu juga sekali-sekali, Anda mungkin tidak berada pada resiko kesehatan.

Namun, jika Anda menghabiskan waktu sekitar 4 jam atau lebih setiap harinya, maka Anda mungkin harus tetap memeriksa masalah kesehatan tersebut. Baca lebih lanjut tentang masalah kesehatan yang berhubungan dengan penggunaan teknologi komputer di bawah ini, demikian lapor laman Thehealthsite.

Masalah otot
Nyeri otot (atau kelelahan otot) adalah keluhan yang paling umum dari pengguna komputer biasa. Nyeri punggung, nyeri dada, atau mati rasa di lengan, bahu dan kaki berada di urutan teratas. Jenis masalah terutama, terjadi karena postur tubuh Anda saat menggunakan komputer tersebut tidak benar. Entah Anda sedang duduk di kursi nyaman (atau workstation) Anda tidak mendukung postur tubuh yang benar tersebut.

Solusinya yakni, dengan menyesuaikan kursi dan meja sehingga layar Anda baik dan benar di tingkat mata atau lebih rendah. Duduk dengan punggung lurus dan kaki tegak lurus ke lantai dengan kaki beristirahat datar di lantai. Lalu, siku Anda harus beristirahat di sisi yang lain.
Ambil istirahat sebentar dari pekerjaan dan regangkan sedikit atau berjalan-jalan sesaat.

Nyeri leher karena stres
Nyeri pada leher, bahu, atau di mana saja dari bahu ke jari-jari mungkin menunjukkan cedera stres yang berulang. Bila Anda menggunakan otot-otot Anda dalam posisi tegang, maka Anda mungkin mengalami kekakuan, nyeri atau bengkak di area itu.

Misalnya, memutar pergelangan tangan untuk menggunakan mouse atau spesifik teknik mengetik yang menyebabkan peregangan jari atau tekanan pada pergelangan tangan bisa berubah menjadi menyakitkan. Salah satu gangguan yang mempengaruhi jari dan pergelangan tangan yaitu ‘carpal tunnel syndrome’.

Cara mengatasinya adalah dengan menyesuaikan mouse selain keyboard. Memindahkan seluruh lengan Anda jika sedang menggerakkan mouse. Jangan hanya memindahkan pergelangan tangan Anda dengan memperbaiki di satu posisi saja.

Disamping itu, mengetik harus lembut, jangan memperbaiki pergelangan tangan Anda dalam posisi tertentu saat mengetik. Rileks-kan lengan atau peregangan ketika Anda tidak mengetik atau menggunakan mouse.

Penglihatan
Cahaya terang dan silau terlalu terang (atau gambar yang berkedip), dapat membuat ketegangan pada wilayah retina mata Anda. Terus fokus pada layar tanpa berkedip yang bisa menyebabkan mata kering. ‘Computer vision syndrome’ adalah masalah lain yang mungkin Anda alami.

Tipsnya yaitu, mengatur layar secara kontras dan kecerahan yang sesuai, sehingga mata Anda tidak tegang. Anda dapat memiringkan layar Anda untuk menghindari silau yang berlebihan. Selain itu, juga menjaga jarak yang tepat dari layar dan berpaling dari layar sebentar. Jangan lupa, biasakan untuk berkedip.

Sakit kepala
Karena meningkatnya ketegangan otot atau nyeri di leher di dasar tengkorak, sakit kepala merupakan masalah umum dalam menggunakan komputer. Banyak sekali, penggunaan jangka panjang bisa mempengaruhi kekuatan mata yang membutuhkan koreksi penglihatan. Hal ini juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Solusinya adalah tetap luruskan leher Anda ketika di depan komputer. Terus-menerus melihat ke bawah atau peregangan ke samping, leher Anda juga dapat menyebabkan rasa sakit.

Obesitas
Penelitian telah menunjukkan, bahwa penggunaan jangka panjang dari komputer, terutama pada anak-anak, adalah faktor utama dari gaya hidup dan obesitas.

Tipsnya dari kami yaitu, menetapkan batas bagi anak-anak Anda jika mereka bersikeras untuk bermain game computer secara non-stop. Dorong anak Anda untuk bermain game outdoor. Kemudian, libatkan mereka dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Orang dewasa yang bekerja selama 7-8 jam harus menghindari kegiatan depan komputer lagi, meskipun sampai ke rumah. Tubuh dan pikiran sebaiknya perlu untuk bersantai.

Gangguan stres
Teknologi memiliki dampak besar pada perilaku dan emosi manusia. Menggunakan komputer lama menimbulkan faktor-faktor lain seperti kesehatan yang buruk, tekanan kerja dan lingkungan kerja dapat membuat Anda rentan terhadap stres. Selain itu, semakin lama Anda mengalami stres, lebih rentan Anda menjadi masalah kesehatan lain yang disebutkan di atas.

Tipsnya dari kami adalah menjadi proaktif dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengurangi stres sebelum hal itu mempengaruhi kesehatan Anda. Cobalah solusi alami untuk mengurangi stres. Juga aktiflah berolahraga, meski hanya sebentar.

source
0
1.1K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan