Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TherMitAvatar border
TS
TherMit 
[Diskusi] Pengembangan SIGMA
Sebagaimana yang sudah kita ketahui, SIGMA family mempunyai tonase yang bervariasi dari 800T sampai (saat ini) 2400an Ton, dari kapal patroli sampai fregat multi misi. Yang menarik, selama ini tidak ada pernyataan resmi dari Damen tentang sampai seberapa besar SIgma ini bisa dikembangkan, yang terjadi sekarang setelah Korvet 9113 dibangun dan berlayar, kemudian korvet 9813 melaut, setelah itu dibangun Fregat 10513 dan operasional, sekarang sedang dibangun PKR 10514, sehingga sepertinya tidak ada acuan maksimum dari pengembangan Sigma ini. Bahkan di brosurnya cuman ditulis sampai di 2300T (PKR kita di 2365T)

Selain tentang berat/ displacement, yg juga menarik adalah tentang modulnya. Informasi yang ada saat ini hanya menunjukkan jumlah modul yang yang diperlukan untuk masing2 jenis kapal. Sekedar pengingat silahkan cek gambar di bawah.

Sedangkan hasil dari ngobrol2 dengan product development manager DSNS yang kebetulan ketemu ketika di IDAM kemarin, beliau mendemonstrasikan kombinasi modul2 Sigma dalam bentuk maket yang keren.

Di PKR kita ada 6 modul, sedangkan di maket di atas ada 7 modul. Koq bisa? Ya bisa, saya yang minta si Mr Londo untuk menggabungkan semua modul yang ada emoticon-Big Grin
Nomor2 yang ada di maket saya konversi dari gambar modul PKR yang sedang kita kerjakan. Karena ini kapal modular, bentuk dari masing2 modul bisa berbeda2 sesuai dengan kebutuhan customer, jadi maket diatas memang berbeda dengan PKR kita terutama dari ketidakadaan hangar (dan SeaFire pastinya emoticon-Big Grin)

Dari gambar dan informasi diatas, saya ingin pendapat dari teman2 disini tentang:
1. Kira-kira sampai seberapa besar Sigma ini dikembangkan? Sebenarnya saya optimis Sigma ini memang bisa lebih dari 3000T karena dipikir2 koq mubazir apabila kita ToT kapprang modular modern tapi hanya bisa bermain di light to medium Frigate. Kalau memang hanya mentok di 2300T, mungkin kemarin2 lebih baik kalau kita ambil Meko class yang bisa bengkak sampai di 3700T (lebih maknyus daripada Formidable)
2. Apakah bisa sebuah kapprang yg lebarnya 14m tapi punya panjang 110M atau lebih (jadinya seperti pensil di laut)?
3. Apabila memang akan di streching, apakah dengan menambah panjang dari modul yang ada, atau dengan menambah jumlah modul?
4. Sejauh yang saya ketahui, modul hanya menambah panjang kapal, tapi tidak menambah lebar kapal. Apabila akan dikembangkan Sigma diatas 3000T apakah itu berarti harus menambah lebarnya juga? Sehingga 3 modul hull dari awal harus punya lebar yang sama atau bagaimana?

Om Mawas, tolong di share gambar Sigma yg panjang itu, thanks.
Diubah oleh TherMit 04-01-2015 13:03
0
56.7K
218
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan