sarawin77Avatar border
TS
sarawin77
BACAN sang fenomena
Ass wr wb…
Permisi para senior.. newbie ijin sedikit menulis..
BACAN adalah sebutan batu yang berasal dari PULAU KASIRUTA kabupaten halmahera selatan Maluku utara. Sedangkan BACAN sendiri adalah ibukota kabupaten halmahera selatan dimana pulau kasiruta berada. Batu bacan ada 2 jenis yang terkenal (kalo sekarang sudah bertambah lagi menjadi 4 jenis)
1. BACAN DOKO
Berasal dari desa doko ,ini yang paling banyak di cari. Batu nya yang paling di gemari berwarna hijau daun pisang, hijau lumut,hijau botol bir. Namun bacan doko ada juga yg berwarna biru,merah,hitam dan kuning (ini sangat jarang ada)

2. BACAN PALAMEA
Berasal dari desa palamea. Warnanya kebiru biruan, bedanya dengan bacan doko terletak pada kristal pembentuknya yang tidak sepadat bacan doko sehingga kalo jatuh bisa pecah, namun bacan palamea ini penggemarnya juga banyak.

3. BACAN KASIRUTA DALAM
Ini hampir sama dengan bacan doko tetapi baik kristal maupun warnanya agak muda dari bacan doko walau dilihat hampir sama.

4. BACAN LOBANG KANAN
Dinamakan lobang kanan karena tempat penggaliannya berada di sebelah kanan desa doko, kualitas nya lebih baik dari bacan kasiruta dalam dan hanya kalah dari bacan doko.

Sekarang adalagi di temukan bacan KEMBANG yang paling bagus adalah yg punya campuran warna biru, putih, hijau dan sedikit merah.

Keistimewaan batu bacan adalah mampu metamorfosis menjadi lebih indah karena pengaruh suhu tubuh kita, dan ini di yakini juga bisa melancarkan peredaran darah. Namun tidak semua jenis bacan mampu metamorfosis, kebanyakan yg bisa metamorfosis adalah warna hijau dan biru, sedangkan warna merah dan kuning biasanya waktu di temukan sdh dalam keadaan kristal.

Walaupun tidak ada penelitian ilmiah, bacan doko umumnya mampu menggerakan layar android, namun untuk lebih jelasnya bisa di lakukan di lab gemstone.

Yang perlu di perhatikan adalah sekarang banyak batu yang berasal dari halmahera di bilang batu bacan, mungkin untuk nebeng ketenarannya, padahal yang dinamakan batu bacan itu adalah yang berasal dari PULAU KASIRUTA, sdgkan yg bukan berasal dari PULAU KASIRUTA itu BUKAN batu bacan.

Sekian…

salam kaskus...
0
8.3K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan