fabio403Avatar border
TS
fabio403
Sejarah Roket dan Rudal di Indonesia dan Dunia Internasional
Roket merupakan sebuah wahana luar angkasa, kendaraan terbang atau sebuah peluru kendali yang bekerja dengan mendapatkan dorongan dari reaksi bahan flurida dan keluaran mesin roket. Sejarah roket sendiri berasal dari bahasa Italia, yakni Rocchetta yang memiliki arti sekering kecil. Nama tersebut dipergunakan sampai sekarang dan diciptakan oleh Ludovico Antonio Muratori yang merupakan seorang ilmuwan Italia di tahun 1379.

Roket dan rudal merupakan hal yang sama dan rudal adalah istilah modern yang saat ini banyak dipakai. Sejarah roket dan rudal sendiri cukup panjang, baik di dunia internasional maupun di negara kita, Indonesia. Ini dia sejarah roket dan rudal yang perlu Agan ketahui.

SEJARAH ROKET INTERNASIONAL


Sejarah roket di dunia internasional sendiri cukup panjang. Terbukti roket muncul pertama kali sekitar 400 tahun sebelum Masehi. Sejarah roket ini muncul pertama kali akibat salah seorang penulis asal Romawi bernama Aulus Gellius yang menceritakan sebuah kisah tentang seorang Archytas dari Yunani yang tinggal di negara Italia. Di suatu tempat, Archytas merasakan kebingungan akibat warga Tarentum yang memiliki alat Wooden Bird dan dibuat dari kayu. Dan alat yang terbuat dari kayu itu berhasil meluncur dengan mengeluarkan uap untuk mendorongnya. Wooden Bird sendiri menggunakan prinsip aksi reaksi dan dimasukkan dalam hukum ilmiah sampai abad 17. Sejarah roket Wooden Bird itulah yang mempelopori roket pertama di dunia dan mendorong alat serupa pada 3 abad setelahnya yang dibuat oleh Alexandria dan merupakan seorang ilmuwan dari Yunani. Roket tersebut menggunakan uap gas pendorong dan dinamakan Aelopile.

SEJARAH ROKET DI INDONESIA


Berbeda dengan dunia internasional, sejarah roket di Indonesia dimulai setelah RI membeli berbagai rudal Surface to Air Missile (SAM) dari Uni Soviet. Pada jaman pemerintahan Presiden Soekarno, RI membeli berbagai senjata untuk mempersiapkan konfrontasi Dwikora dan Trikora. Sejarah roket juga mencatat bahwa RI pernah mengembangkan industri roket pada tahun 1960-an dan memasukan Indonesia sebagai negara kedua yang meluncurkan roketnya sendiri di Asia dan Afrika setelah Jepang.

Dalam sejarah roket di Indonesia, Roket Kartika 1 merupakan roket pertama Indonesia. Roket itu adalah hasil kerjasama ABRI (yang sekarang TNI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di tahun 1962 berdasarkan perintah Perdana Menteri Juanda. Berlokasi di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, roket dengan berat 220 kilogram tersebut berhasil meluncur dengan baik. Sejarah roket Kartika 1 juga mengawali roket dan rudal selanjutnya, dimana terdapat roket bernama Kartika 2 yang hanya berbobot 66.5 kilogram dan memiliki jarak tempuh mencapai 50 Km.

Spoiler for Gambar Roket:


Setelah roket Kartika berkembang, akhirnya LAPAN yang dibentuk pada 27 November 1963, melalui Keppres Nomor 236 tahun 1963 hadir dan didalamnya terdapat AURI dan ITB untuk melakukan sebuah riset bernama PRIMA (Proyek Roket Militer dan Ilmiah Awal). Sejarah roket di Indonesia mencatat bahwa saat itu RI telah menciptakan beberapa prototype beberapa roket besar, seperti WIDYA dan YOGA. Namun berhenti karena saat itu AURI terkena dampak dari peristiwa G30S PKI.

Sangat disayangkan, orde lama telah jatuh dan di era orde baru, perkembangan roket dan rudal menjadi lamban sehingga sejarah roket tidak tercatat begitu banyak pada era ini. Namun untuk mengenang momentum sejarah roket di Indonesia, saat ini terdapat monumen roket Kartika yang bisa Agan temukan di Gedung Dislitbang TNI AU di Lanud Husein Sulaiman, Bandung.

Nah gimana gan udah pada tau kan sejarah Roket & Rudal di Internasiaonal dan di Indonesia kalo udah tahu boleh dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)atau emoticon-Rate 5 Star

Quote:


Boleh dong maen" ke blog ane CFTU
Diubah oleh fabio403 28-12-2014 10:37
0
2.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan