kikoreoAvatar border
TS
kikoreo
prosedur yang harus dilakukan jika paket kiriman dari LN ditahan/ ditolak custom?
hallo agan2, mau tanya2 dong...

sebulan yang lalu saya beli barang yang termasuk kategori barang elektronik dari suplier HK untuk di jual-belikan kembali tentunya di indonesia ( baru mau mulai bisnis nih gan ceritanya.. ) nilai barang yang saya beli kebetulan diatas $3000. dari pengalaman yang sudah2 tentunya dengan nilai barang setinggi itu dan kebetulan saya juga belum punya izin import, saya memilih menggunakan jasa forwarder dengan syarat barang harus dikirim terlebih dahulu ke singapore dan nantinya barang dikirimkan langsung ke rumah saya ( door to door).

setelah 2 minggu saya dan pihak forwarder nunggu, paketan dari HK ga sampai2 juga. akhirnya kita tanya ke suplier dan mereka baru bilang kalo ternyata ada larangan untuk mengirim barang elektronik ke singapore ( entah kenapa dilarang, bukannya barang itu cuma numpang lewat ya di singapore? kan tujuan akhir di indonesia. pihak forwarder pun juga menanyakan hal yang sama )

setelah mengetahui barang tidak bisa dikirim, saya memulai proses pembatalan/ cancel order dan meminta refund. tetapi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu suplier HK malah mengirimkan barang yang saya beli langsung ke alamat cadangan alias alamat saya di indonesia. sudah saya infokan ke suplier kalo pengiriman langsung tanpa forwarder harus di bawah $50. saya sudah ada feeling pasti barang2 ini nantinya harus saya yang ambil sendiri. hari ini yang ditunggu akhirnya datang juga, surat pemberitahuan yang mengharapkan kedatangan saya di kantor bea dan cukai.

-kebayang kah berapa yang harus saya bayarkan untuk paket saya nantinya?
-dokumen apa saja yang biasanya diminta oleh petugas? selain FC KTP & invoice
-apa bisa saya kirim balik paket tersebut ke suplier di HK tanpa membayarkan sejumlah uang yang diminta petugas?

kalo boleh tolong pencerahannya ya agan2... pusing 7 keliling nih.. baru mau mulai bisnis cobaannya udah banyak.

terima kasih banyak!
Diubah oleh kikoreo 07-05-2014 08:34
0
10.9K
34
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan