Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zeentrumAvatar border
TS
zeentrum
Peran Etnis Tiongkok Dinilai Perlu Masuk Buku Sejarah

Metrotvnews.com, Jakarta: Editor Buku "Tionghoa dalam Sejarah Kemiliteran", Didi Kwartanada mengusulkan supaya kontribusi etnis Tiongkok masuk kurikulum sejarah nasional. Ia mengatakan peran etnis ini dalam perkembangan bangsa hampir terhapuskan dalam buku sejarah.

"Karya Iwan Santosa dari judul 'Tionghoa dalam Sejarah Kemiliteran' ini terasa paradoksial, karena dalam masyarakat kita di Indonesia, istilah militer dan tionghoa adalah dua entitas yang berbeda," kata penulis kesejarahan, Didi Kwartanada saat peluncuran buku "Tionghoa dalam Sejarah Kemiliteran Sejak Nusantara Sampai Indonesia" di Gedung Joang 45, Jalan Menteng Raya No. 31, Jakarta Pusat, Kamis (4/12/2014).

Menurut dia, publik masih menganggap kalau di dalam Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak terdapat kontribusi warga Tiongkok. Musababnya, sebagian kisah etnis ini dihapus dari buku sejarah karena kedekatan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dia menilai, jauh sebelum Indonesia merdeka, etnis Tiongkok di nusantara telah menjadi bagian dari kemiliteran di tanah air. "Mereka sudah mengawal Ibu Pertiwi di darat, di laut, dan di udara," ujar Didi. (OGI )

[url]http://touch.metrotvnews.com/read/2014/12/04/327826/peran-etnis-tiongkok-dinilai-perlu-masuk-buku-sejarah [/url]
Diubah oleh zeentrum 05-12-2014 05:18
0
3.5K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan