Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arielaliongAvatar border
TS
arielaliong
Tipe - Tipe teman yang akan berpengaruh buruk pada keuanganmu
Halo Agan dan Sista sekalian, this is my first thread. Thread ini berdasar pengalaman pribadi ane setelah menjalani kehidupan yang ganas secara ane sudah pernah jatuh bangun dalam membangun usaha ane. Please no repost yaa.

toast



Agan dan sista pasti memiliki teman yang selalu menghiasi hari agan dan sista dengan inspirasi dan aktifitas baru. Teman yang memiliki pengaruh buruh terhadap pengelolaan keuanganmu dapat merusak tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Bayangkan saja tujuan pendek dari pengelolaan keuangan agan seperti membeli gadget baru, atau membeli rumah sebagai tujuan jangka panjang. Jika agan memiliki keinginan yang kuat, maka agan pasti merasa tidak akan ada yang mampu mengganggu tujuan penting itu. Disini agan boleh bilang kalau semua akan baik-baik saja. Teman dan sahabat yang selalu hadir dan menemani agan dalam kegiatan sehari-hari akan memberikan pengaruh sedikit maupun banyak kepada kita. Mereka pasti dapat mempengaruhi kita untuk bagaimana menggunakan uang. Teman seperti apakah yang dapat memberikan pengaruh buruk kepada keuangan kita?

1. Si Tukang Pamer
Si tukang pamer secara jelas akan berpengaruh buruk untuk keuangan agan karena dia sering dan terus pamer di hadapan agan sekalian. Jika mereka membeli sesuatu yang baru, maka mereka akan memberitahu agan pastinya. Semua tanpa terlewatkan. Jika gantian agan membeli sesuatu yang baru, maka mereka pasti menunjukkan kalo mereka telah memilikinya ataupun cerita telah membelinya beberapa waktu lalu. Tipe teman ini tidak mau dikalahkan dalam hal gengsi. Jelas sekali teman seperti ini akan membobol rekening agan karena mereka menganggap pertemanan sebagai kompetisi dimana agan akhirnya harus selalu membeli barang baru yang kebanyakan tidak benar-benar agan butuhkan agar tidak dianggap “kalah”.

2. Si Pencemburu
Teman pencemburu akan membuat agan tidak pernah maju. Terlepas sebesar apapun usaha agan atau seberapa lama agan menabung untuk mendapatkan hal yang agan inginkan. Jika agan memiliki sesuatu yang mereka tidak miliki, si pencemburu akan membuat agan merasa tidak nyaman atas keputusan agan sendiri ataupun berkomentar negative atas hal yang telah agan capai.

3. Si Gila Belanja
Teman ini baik namun mereka sangat suka belanja dan menghabiskan uang, dan mereka akan mengajak agan melakukan hal yang sama. Jika agan pergi dengan teman penggila belanja, ada baiknya untuk membawa uang dalam bentuk cash saja di dompet, tinggalkan kartu kredit agan di rumah. Jika agan hidup berhemat untuk mencapai tujuan finansial, si penggila belanja mungkin bukan orang yang tepat untuk menemani agan jalan-jalan di pusat perbelanjaan.

4. Si Kaya
Teman agan ini kaya sehingga mampu berlibur ke luar negeri, membeli mobil sport, membeli baju bermerk dan makan di café tereksklusif di kota. Agan sebagai teman sehingga agan harus menyamakan gaya hidup dengannya, namun apa daya penghasilan agan tidak cukup untuk mengikuti gaya hidup teman agan ini. Hal ini akan menyebabkan besar pasak daripada tiang dan dalam situasi yang lebih buruk, agan bisa-bisa berhutang. Tapi teman kaya juga akan memberikan keuntungan buat agan untuk dijadikan relasi bisnis maupun penanam modal. emoticon-Shakehand2

5. Si Pemangsa
Teman pemangsa akan selalu mencampuri urusan finansial agan. Dia suka bertanya hal-hal pribadi seperti berapa besar penghasilan agan, seberapa besar biaya bulanan agan, berapa besar yang agan keluarkan untuk membeli bensin, dan lain sebagainya. Teman agan baik dan dekat, namun di saat yang sama, semua hal yang mereka tanyakan bukanlah urusan mereka. Sebaiknya berhati-hati dengan teman yang bertingkah eperti ini. Teman agan ini selalu ingin tahu urusan pribadi dan yang lebih buruk adalah dia akan mengetahui seberapa banyak uang yang tersimpan di rekening agan sehingga dia akan meminjam uang darimu suatu hari.

6. Si Penumpang
Teman penumpang selalu tidak memiliki uang saat kalian pergi keluar bersama seperti nongkrong makan di pinggir jalan maupun saat perjalanan bersama menggunakan kendaraan. Karena dia teman agan, maka agan akan merasa tidak enak jika tidak mentraktirnya makan ataupun memberikan bantuan padanya. Tapi sayangnya, si penumpang dapat membuat agan hancur secara finansial jika agan terus menerus membantunya.

7. Si Negatif
Ini nih tipe teman yang ane sendiri dekat dalam waktu lama dan baru ane sadari kalo pengaruh dia sangat kuat buat kesuksesan ane. Disaat agan memiliki tujuan keuangan yang jelas, akan sangat baik jika agan dikelilingi oleh orang-orang yang akan mendukung agan. Dan sayangnya teman yang negatif bukanlah termasuk orang yang akan mendukung agan. Disaat agan berhemat menabung, teman yang negatif akan berkata, “kamu tidak akan bisa menabung sejumlah uang”. Mereka akan terus membuat agan pesimis untuk mencapai tujuan finansial agan.

Karena seseorang dipengaruhi oleh lingkungannya, maka selalu pilihlah teman yang tepat saat agan ingin mencapai tujuan keuangan tertentu. Selamat merencanakan tujuan keuangan agan.

Ane harapkan cendol ato batanya ya gan. Tulis komen juga supaya kita bisa saling berbagi dan saling mengoreksi.
0
1.5K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan