Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

CrushRYLAvatar border
TS
CrushRYL
Jadi Agan Mau Kritik Jokowi? Sini Ane Kasih Contoh Gan...
Berhubung thread caci maki Jokowi di mari, ane kasih tau di trit itu kalau seharusnya kalau bilang mau kritik janji jokowi, bikin bahasan yang tenang dan rasional mengenai apa saja poin janji jokowi, sejauh apa progres (positif dan negatif) pelaksanaan janjinye, dan terakhir baru kritik apa yang masih kurang. Eh.. ane malah ditimpuk rame-rame sama Panasbung Gan, kayanya mereka ga suka kalau ada yang beda pendapat.

Karena ada yang mintain ane kasi contoh trit kritik yang oke, ini deh ane kasi contoh. Janji Jokowi dan cara mengkritiknye:

1. JANJI BIKIN POROS MARITIM


Janji: Jokowi berjanji akan memfokuskan pembangunan untuk membangun poros maritim dunia. Ini wajar kalau melihat Indonesia itu didominasi lautan, dan dua negara adidaya, Amerika dan Cina sedang mengincar lalu lintas Asia Tenggara agar bisa dapat sumber daya sebanyak-banyaknya.

Progres: Jokowi sudah ngomong berkali-kali di forum dunia, Mulai dari APEC sampe G20 kalau Indonesia akan fokus membangun infrastruktur laut. Hasilnya dia bawa pulang 300T komitmen investasi. Sementara Amerika berjanji akan suntik 600T dengan syarat Indonesia mau perbaiki iklim investasi. Salah satu bentuk wujud janji yang mulai kelihatan adalah alokasi Rp 3 T untuk bangun pelabuhan perintis di Kepri.

Kritik: Baru janji investasi, Jokowi harus kerja keras mewujudkan semua janji investasi tersebut (ingat: Amerika pun memberi syarat sebelum mau masuk). Selagi pembangunannya belum dimulai, belum bisa dibilang ada investasi masuk. Selain itu, ga ada gunanya investasi infrastruktur segede bagong kalau insinyurnya belum dicetak untuk bisa mengerjakan pembangunannya.

2. JANJI PERBAIKI NASIB NELAYAN

Dengan kekayaan laut Indonesia, harusnya nelayan-nelayan makmur. namun karena dicolong mulu sama tetangga, mereka terus hidup miskin. Indonesia harus mampu jaga kekayaan lautnya untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat

Progress: Kapal-kapal nelayan asing mulai ditangkapi. Terakhir 3 kapal yang sudah memenuhi syarat pelanggaran sudah ditenggelamkan sesuai instruksi presiden. Tangkapan Malaysia dan Thailand menurun drastis sejak Jokowi menutup akses bagi nelayan ilegal.

Kritik: Baru 3 kapal dari ribuan nelayan asing ilegal yang ditenggelamkan. TNI AL juga mengeluh alokasi BBM untuk razia kapal nelayan sangat kurang. Nelayan asing masih wait and see apakah kebijakan Jokowi ini benar-benar akan tegas apa cuma show off sebentar. Juga belum terlihat adanya upaya pengadaan drone pengawas seperti yang dijanjikan.

3. JANJI DUKUNG KESEJAHTERAAN PETANI


Pengairan dan penguasaan teknologi adalah kunci untuk mendongkrak produktivitas petani. Untuk itu, perlu pembangunan saluran air, waduk, dan bendungan, yang dilanjutkan dengan pembukaan lahan pertanian baru. Tujuan akhirnya adalah swasembada pangan.

Progres: Beberapa waduk seperti waduk gajah mungkur mulai dibersihkan dari endapan. Selanjutnya akan diadakan penghijauan di daerah aliran sungai untuk mengurangi abrasi. Di sisi lain, penyedotan sumber daya air secara ilegal mulai dibuka oleh aparat bersama warga. Perusahaan-perusahaan perusak lingkungan di Riau juga mulai ditnjau ulang izinnya.

Kritik: Pengerukan saja belum cukup karena janjinya bagaimanapun adalah membuat irigasi baru. Juga belum terlihat dimulainya upaya mengirim tenaga ahli sebagai pendampingan bagi petani

4. PERBAIKAN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN



Jokowi menjanjikan akan memperbaiki jaminan kesehatan dan pendidikan melalui Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia PIntar.

Progres: KIS dan KIP sudah mulai dibagikan walaupun masih terbatas di beberapa daerah di Indonesia.

Kritik: Seperti juga saat KJS diluncurkan, pasti akan timbul lonjakan pasien di RSUD dan puskesmas. Harusnya dibarengi dengan dimulainya pembangunan RSUD dan puskesmas baru di daerah-daerah yang belum ada. Untuk KIP, perlu dipikir bagaimana mengawasi penggunaannya di seluruh Indonesia (beda dengan Jakarta yang hanya lingkup provinsi)

Itu ane kasih contoh gimana membahas dan mengkritik janji Jokowi kepada rakyat. Masih banyak lagi yang bisa diurai. Agan kasih aja contoh janjinya, lalu bahas apa yang sudah dilakukan, dan apa kritiknya. Bukan sekedar ngebanding-bandingin statement doang lalu ditutup dengan ngata-ngatain orang lain NABI yang ga boleh dikritik. Lah ente perhatiin dulu apa substansi yang sedang dikritik, mutu ga?

Ane ga ambil pusing kalau ada orang mau kritik. Tapi dilihat-lihat apa isi dari kritiknya. Kalau mau ngepost link berita, perhatiin baik-baik apa yang ada di dalam berita baru marah-marah..

Semoga ini bisa jadi diskusi yang sehat dan membangun. Assalamualikum Gan..

Kalau suka dengan trit ane, berilah
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Kalau ga suka, mohon jangan dikasi
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh CrushRYL 05-12-2014 07:23
0
8.9K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan