Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deri1120Avatar border
TS
deri1120
Begini Caranya Percepat Konversi BBM ke BBG
Konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) hingga saat ini masih menjadi program yang sulit diwujudkan. Salah satu penyebabnya adalah ketersediaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) yang belum memadai.

Penyebab minimnya SPBG adalah biaya yang mahal dan waktu pengerjaan yang lama. Namun Kepala Unit Pengendalian Kinerja Kementerian ESDM Widhyawan Prawiraatmadja mengatakan, ada cara yang bisa ditempuh agar untuk menambah jumlah SPBG.

Caranya adalah dengan mensinergikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Pertamina (Persero) dengan jaringan pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

"Kalau bikin satu-satu itu lama dan mahal. Jadi jalan tercepatnya adalah dengan mengkoneksikan pipa milik PGN dengan SPBU Pertamina. Kalau itu bisa, kita bisa cepat menyediakan infrastruktur penyaluran gas," tegas dia di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Dengan cara ini, lanjut Widhyawan, biaya pendirian SPBG bisa ditekan lantaran tidak perlu menyediakan lahan baru. Sekaligus bisa menjangkau konsumen dengan lebih mudah.

"Sekarang kan kendalanya bangun SPBG tapi rugi karena yang punya kendaraan pakai BBG belum banyak. Tapi kalau ini sinergi, sambil tunggu market-nya terbentuk, SPBG nggak akan rugi karena tertutup dengan pemasukan dari SPBU-nya," paparnya.

Namun demikian, ia mengaku hal tersebut bukan hal yang mudah dilakukan. Harus ada kesamaan pandangan dari dua perusahaan enegi pelat merah ini. Dia menilai perlu ada langkah pendekatan dari Menteri BUMN.

"Memang urusan ini business to business. Tapi karena ini perusahaan 100% milik negara, jadi memang trigger-nya ada di Menteri BUMN," kata Widhyawan.

http://finance.detik.com/read/2014/1...e-bbg?f9911033

BBG sempat digalakkan di zaman Pak Harto, tapi karena ada reformasi, nggak dilanjutkan lagi, benar-benar kacau...











Quote:
Diubah oleh deri1120 25-11-2014 22:58
0
2.3K
30
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan