Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diandraresaAvatar border
TS
diandraresa
Dengan Modal Minim Tetap Bisa Memulai Usaha
Gan, banyak banget diantara kamu yang masih ragu memulai usaha dengan alasan gak punya cukup modal. Padahal nih sebenarnya untuk memulai usaha bisa kok walau hanya dengan modal minim. Caranya gimana? Nih beberapa diantaranya :

• Mulai dari modal yang kamu miliki
Seperti tadi saya katakan, hanya bermodal akun di media sosial atau BB kamu sudah bisa memulai usaha kok. Kalau misalnya kamu punya bakat dan hobi masak, tentunya kamu punya modal peralatan masak. Gunakan saja itu untuk memulai usaha. Bisa dengan memulai usaha katering kecil-kecilan atau membuat kue, dan tawarkan ke sahabat dan keluarga. Media sosial bisa kamu manfaatkan loh untuk memasarkan usaha baru kamu ini.

• Cari ide usaha tanpa modal
Memangnya ada? Ada kok. Contohnya reseller, modalnya hanya katalog atau foto produk. Bahkan kalau kamu punya akun di media sosial, bisa kok dimanfaatkan. Sekarang banyak media sosial dipakai sebagai ajang berjualan. Dan banyak juga produsen yang mencari reseller lewat media gratisan ini. Teman saya, hanya bermodalan BB, sekarang justru dia sudah memiliki banyak pelanggan. Berawal dari reseller, lalu lanjut mendapatkan produsen utama dan akhirnya sekarang dia punya banyak reseller dan pelanggan yang cukup banyak dalam kurun waktu hanya 3 tahun.

• Pilih promosi gratisan
Yup, seperti tadi udah saya jelaskan. Media sosial seperti misalnya blog, tumblr, facebook, twitter, instagram, path, pinterest, bbm, google plus bahkan situs gratisan. Manfaatkan mereka dengan maksimal. Tanpa pemasaran, bisnis kamu tidak akan berjalan dengan seimbang. Plus satu lagi mouth to mouth atau rekomendasi dari sahabat dan keluarga.

• Manfaatkan peralatan seadanya
Gak perlu peralatan serba canggih jika kamu ingin merintis usaha. Gunakan saja yang masih ada dan bisa dipergunakan, misalnya oven kamu tidak perlu menggantinya jika masih berfungsi dengan baik. Apalagi saat baru awal memulai, cukup satu oven saja. Jika order sudah banyak, boleh tambah oven satu lagi agar tidak kerepotan saat harus memanggang kue.

• Belanjakan modal dengan bijak
Yah modal yang minim harus digunakan dengan bijak. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan. Buat rencana belanja dengan bijak agar tidak salah langkah dalam mengelola modal usaha.

Sekarang kamu sudah tidak pusing lagi dengan modal usaha yang minim. Kalau bingung, coba belajar cara mengelola modal minim kamu di salah satu simulator bisnis dan investasi #DBSSmartMoney.

Sumber : bisnisukm.com
0
1.6K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan