Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

smilevil13Avatar border
TS
smilevil13
INI ALASANNYA MINYAK TANAH DIGANTI DENGAN LPG GAN!!



gan pernah idupin kompor hock dengan lidi trus di cocol2 pake minyak yg dikompor? Berarti masa kecil agan Bahagia emoticon-Big Grin...

Tapi bukan itu yang kita mau bahas..heheh..langsung aja cekitdot...
Sebagian kita belum tau alasan pemerintah mengganti minyak tanah menjadi lpg..nah sebelum itu mari kita bahas

- apa itu minyak tanah?
Minyak tanah (minyak gas bahasa inggrisnya :kerosene atau paraffin) adalah cairan hidrokarbon yang tak berwarna dan mudah terbakar. Dia diperoleh dengan cara distilasi fraksional dari petroleum pada 150 °C dan 275 °C (rantai karbon dari C12 sampai C15). Pada suatu waktu dia banyak digunakan dalam lampu minyak tanah 

Biasanya, minyak tanah didistilasi langsung dari minyak mentah membutuhkan perawatan khusus, dalam sebuah unit Meroxatau hidrotreater, untuk mengurangi kadarbelerang dan pengaratannya. Minyak tanah dapat juga diproduksi oleh hidrokracker, yang digunakan untuk memperbaiki kualitas bagian dari minyak mentah yang akan bagus untuk bahan bakar minyak.

Penggunaanya sebagai bahan bakar untuk memasak terbatas di negara berkembang, setelah melalui proses penyulingan seperlunya dan masih tidak murni dan bahkan memilki pengotor (debris).

-apa itu avtur?

Berbeda dengan bahan bakar lainnya dimana Avtur hanya digunakan untuk pesawat udara saja. Aviation Turbine Fuel atau yang disingkat Avtur ini dipakai sebagai bahan bakar pesawat terbang jenis jet atau turbo-jet. Avtur dibuat dr minyak tanah (kerosene) yg dirancang utk mesin peswt dgn mesin turbin atw mmiliki ruang bakar eksternal. Kehebatan avtur ditentukan karena kebersihan (murni), pembakaran, dan performa di suhu rendah. Avtur mmiliki titik beku -47 drjt Celcius dan titik nyala pd 38 drjt Celcius. Di samping sebagai sumber energi penggerak mesin pesawat terbang, bahan bakar penerbangan juga berfungsi sebagai cairan hidrolik di dalam sistem kontrol mesin dan sebagai pendingin bagi beberapa komponen sistem pembakaran. Hanya terdapat satu jenis bahan bakar jet-yakni tipe kerosene (minyak tanah), yang digunakan untuk keperluan penerbangan sipil di seluruh dunia. Oleh karenanya sangatlah penting bagi perusahaan penyedia bahan bakar penerbangan untuk memastikan bahan bakar yang disediakannya bermutu tinggi dan sesuai dengan standar internasional.

Avtur adalah bahan bakar dari fraksi minyak tanah yang dirancang sebagai bahan bakar pesawat terbang yang menggunakan mesin turbin atau mesin yang memiliki ruang pembakaran eksternal (External Combustion Engine). Kinerja/kehandalan Avtur terutama ditentukan oleh karakteristik kebersihannya, pembakaran, dan performanya pada temperatur rendah. Namun tidak semua jenis pesawat terbang harus menggunakan Avtur. Beberapa jenis pesawat yang menggunakan mesin piston memakai Avgas (Aviation Gasoline). Bedanya dengan Avtur yaitu ada pada sifat titik didih. 

Jadi gan avtur itu sama dengan minyak tanah namun hanya sdikit drobah spesifikasinya dimana avtur tahan pada temperatur -47 drjt celcius..karna pada ketinggian pesawat, temperatur rendah gan makanya avtur harus terbakar pada temperatur dibawah nol maksimal di minus 47 derjat itu gan...gimana cara merobah spek minyak tanah jd avtur? tentunya kilang minyak pertamina yang merobah spek nya..heheh.lalu kenapa minyak tanah harus di konversi ke avtur?...ya agan benar karna harga nya...ga kebayangkan gan agan dulu masak dikompor pake minyak pesawat heheh...

harga avtur sebesar Rp11.548 per liter pada periode 1-14 Februari 2014 sedangkan harga lpg
Rp6.0069 per kg. 

Lalu gimana mengkonversi liter jdi kg?

densitas minyak tanah = 0,8 kg/liter Minyak Tanah dgn volume 1 liter mempunyai berat berapa kg? berat 1 liter minyak tanah = volume x densitas = 1 liter x 0,8 kg/liter = 0,8 kg.

Yup, 1 liter minyak tanah = 0,8 kg...jadi untungkan make lpg?

Semoga bermanfaat
apawaal
apawaal memberi reputasi
1
9.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan