Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lookthatAvatar border
TS
lookthat
Donat Dari Berbagai Negara di Dunia
Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, donat. Ya, roti goreng kenyal yang biasanya bolong di bagian tengahnya ini tentu saja sudah sangat menjamur di masyarakat Indonesia. Dari jajanan di pasar tradisional sampai pusat perbelanjaan papan atas, makanan yang satu ini sangat mudah ditemui dalam bermacam bentuk dan rasa.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya di belahan dunia lain donat sebenarnya juga sangat dikenal dengan berbagai bentuk dan ciri khasnya masing-masing? Donat atau "fried dough" (roti goreng) sangatlah populer di banyak negara di dunia, sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa sangat sulit untuk mengklaim dari mana makanan ini awalnya bermula.

Berikut beberapa contoh dari jenis donat yang populer di negara-negara lain di dunia.

1. Jalebi (Asia bagian Selatan, India dan Timur Tengah)

Spoiler for Jalebi:


Rupa jalebi sangat mirip dengan funnel cake tetapi adonanya sudah difermentasi sebelum proses pembuatan. Setelah digoreng, jalebi akan direndam di dalam syrup, dan disajikan dalam keadaan panas.

2. Youtiao (China)
Spoiler for Youtiao:


Di Indonesia, youtiao lebih dikenal dengan istilah cakwee. Berbeda dengan kebanyakan roti goreng yang dimakan terpisah dengan hidangan utama, cakwee yang biasanya sedikit asin sangat cocok menjadi pelengkap saat menyantap bubur ataupun susu kedelai untuk sarapan pagi.

3. Sufganiyot (Israel)
Spoiler for Sufganiyot:

Sufganiyot adalah roti goreng yang diisi dengan selai dan sangat populer sebagai hidangan saat Hanukkah ataupun hidangan kaum Yahudi.

4. Balushahi (India bagian Utara, Pakistan, Nepal)
Spoiler for Balushahi:

Memiliki lapisan di bagian luar dan creamy di bagian dalam, balushahi adalah roti goreng yang dibuat menggunakan yoghurt dan digoreng di dalam ghee (sejenis mentega) dan biasa disajikan sebagai hidangan penutup.

5. Oliebollen (Belanda)
Spoiler for Oliebollen:


Oliebollen memiliki arti bola berminyak. Makanan ini tentu saja berbentuk bundar dan biasa diisi dengan raisin dan dinikmati untuk merayakan hari besar seperti malam tahun baru.

6. Bombolone (Italia)

Spoiler for Bombolone:


Di bagian Tuscany di Italia, bombolone adalah roti goreng yang dilapisi gula ataupun custard yang sangat berbeda dari donat Amerika yang banyak kita kenal. Selai di bagian dalamnya diisi dari bagian atas sampai bisa terlihat dari luar. Selai yang digunakanpun rasanya bervariasi sesuai selera.

7. Tulumba (Turki)
Spoiler for Tulumba:


Dibuat dengan adonan yang banyak menggunakan telur, tulumba memiliki bentuk yang menyerupai profitelore dengan lapisan luar yang renyah. Adonan digoreng dalam potongan kecil dan direndam di dalam syrup setelah proses penggorengan. Tulumba juga sangat dikenal di beberapa negara di mediterania seperti Yunani dan Kroasia.

8. Churros (Spanyol, Meksiko)
Spoiler for Churros:

Churros banyak dikenal karena keterikatannya dengan Spanyol ataupun negara Amerika Latin. Churros digoreng di dalam minyak panas dan dilapisi dengan cinnamon (kayu manis bubuk) dan gula dan biasa dinikmati saat sarapan pagi atau hidangan malam hari. Churros juga bisa disajikan dengan dicelupkan pada cokelat panas.

9. Koeksisters (Afrika Selatan)
Spoiler for Koeksisters:


Koeksisters memiliki bentuk seperti tongkat ini sangatlah renyah pada lapisan luarnya dan lembab di bagian dalamnya. Setelah digoreng, hidangan ini akan direndam di dalam syrup dengan rasa cinnamon (kayu manis), jahe dan lemon.

10. Sfenj (Maroko)
Spoiler for Sfenj:

Bentuknya yang menyerupai cincin sangat mirip dengan donat yang biasa banyak kita kenal. Hanya saja, bagian sisi dari sfenj dibuat bergerigi. Adonan sfenj dibuat menggunakan yeast (ragi) dan tidak diberi pemanis. Sfenj banyak ditemui sebagai jajanan di jalanan Maroko dan bisa dinikmati polos ataupun dengan taburan gula sebagai teman minum teh.

11. Sel Roti (Nepal)
Spoiler for Sel Roti:


Sel roti adalah makanan yang dihidangkan untuk sarapan dan hari besar keagamaan di Nepal, Dashain dan Tihaar. Roti berbentuk cincin dibuat dengan bahan utama tepung beras dan digoreng tipis sehingga renyah untuk disantap.

12. Munkki (Finlandia)
Spoiler for Munkki:


Munkki memiliki bentuk yang mirip dengan donat yang sudah kita kenal. Hanya saja, Munkki memiliki tekstur yang lebih tebal dan berisi. Adonannya menggunakan campuran mentega, telur, susu, tepung dan garam. Bentuknya pun bisa ditemui menyerupai cincin ataupun padat berisikan selai strawberry di dalamnya.

Sekian beberapa variasi dari donat atau roti goreng yang sudah lama kita kenal. Silahkan Anda mencicipi masing-masing jenisnya jika berkesempatan mengunjungi negara-negara tersebut.

Spoiler for Sumur:
Diubah oleh lookthat 09-10-2014 10:35
0
3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan