hanifhandsome2Avatar border
TS
hanifhandsome2
REVIEW YAMAHA BYSON AKA FZ16 SETELAH 1000KM!
selamat malam agan2 sekalian..
kali ini ane mau review tunggangan ane nih hehe, setelah nunggu berminggu-minggu akhirnya plat dan stnk pun dateng (sales bilangnya maks. 2 minggu,padahal 2 bulan baru datengemoticon-Cape deeehh)

Ini waktu pertama kali datengemoticon-Matabelo


oke,langsung aja yaa gan. Setelah odometer si kebo ebony udah menunjukkan angka 1000km, langsung lah saya ngajak bokap buat servis ringan ke beres yamaha. Nyampe di beres yamaha, ternyata bengkelnya sepi..mungkin karena ane dateng hari jumat kali ya heheh(waktu itu ke beres hari jumat) , terlihat seekor vixion yang lagi setting gas dan satu lagi mio soul lagi service juga. Abis itu, saya langsung ke counter bilang "servis gratis 1000km ya mas" "oh iya mas,minta stnk sama buku servisnya ya"bales si abang counter.

Singkat cerita, langsung lah sikebo dapat giliran. Sang mekanik pun memanggil ane, terus bilang "keluhannya apa aja mas?" langsung lah saya sebutkan unek2 yang ada di kepala. Ane minta setting kopling, rem belakang,cek ban,cek rantai. Sambil membersihkan karburator, saya pun berbincang sedikit dengan sang mekanik, mas Sirin namanya. Yang saya tanyakan yaitu seputar karburator, "mas mau nanya,kalo karburator vakum itu emang karetnya boleh dibuka ya??saya denger2 katanya kalo bersihin karbu byson gak usah dibuka karetnya tuh mas, biar gak cepet sobek". Lalu si mas Sirin membalas "hmm mana bisa dek, kalo bersihin karburator mesti cabut karetnya dulu dong, kalau enggak bersihinnya gak maksimal, tapi nanti kalo ada problem balik kesini aja".

Saya pun hanya menganggukan kepala, dengan sedikit rasa ragu2 dan takut karburator sikebo ngadet. Karena berdasarkan referensi yang saya baca di blog2 roda 2, banyak yang bilang karbu byson sering brebet akibat karet vakumnya, dan kalau sudah kena harganya cukup bikin sakit kepala juga ya, sebuah karet bundar hitam kecil mesti ditebus dengan uang 200 ribu. Tapi yasudahlah, semoga gaada masalah nantinya.. gumam ane dalam hati.

Setelah mas Sirin selesai membersihkan karburator,dia pun dengan teliti memasang kembali karburator, lalu dilanjutkan dengan membersihkan filter udara si kebo. Setelah filter udara dibesihkan, langsunglah si mekanik menggeber2 untuk setting gas, dan diakhiri oleh setting rem tromol belakang dan kendorin kopling yang keras. Habis itu langsung saya ke kasir dan memberi uang 5ribuan kepada sang mekanik. Si mekanik langsung senyum2 dah tuhemoticon-Ngakak

Inilah perbandingan sebelum dan sesudah saya servis

Sebelum :
-Gas berat
-mesin cepet panas
-kopling keras
-tromol belakang gak pakem

Sesudah :
-Gas rada entengan
-mesin panas, tapi gak sepanas sebelumnya
-kopling lebih enteng
-rem belakang udah pakem

oiya, sebenernya saya juga minta tolong buat setting shock biar diempukin lagi, tapi kata mas2 counternya "kalo shock bawaan pabrik gak bisa disetting dek, yang bisa disetting itu shock custom macem yss gitu". Ane pun iyain saja lah,karena berhubung udah selesai semuanya, padahal ane tau betul yang namanya shock walaupun bawaan pabrik pasti ada tingkatannya, buat apa dikasih kunci shock kalo gak bisa disetting?hadehh mas mas..emoticon-Cape d...

Yaah tapi overall cukup puas lah servis di beres yamaha, walaupun masih ada yang mengganjal sih..mungkin lain kali kalau kesana lagi minta diempukin deh shocknya.

Lanjut, sekarang ane mau bahas kelebihan dan kekurangan sikebo ( Byson) secara keseluruhan nih.

kelebihannya :
-Body gede, design tangki juga gede lumayan macho
-Bagian kaki2 cukup gede, ban depan 110/70 belakang 120/70(walaupun sebenernya di downgrade. Fz di india memakai ban belakang ukuran 140/70)
-Diameter shock depan tergolong besar, 41mm
-Handling stabil, minim getaran
-Jok pengemudi empuk, besar
-Riding position sangat comfortable menurut ane

Kekurangannya :
- Akselerasi lemot gan, mungkin ini sudah rahasia umum ya. Kalo dibandingkan dengan vixion dan jpmx byson sedikitl lebih lemot
-Karakter shockbreaker keras
-Knalpot kurang garang, halus banget gaada bunyi sama sekali (ane sebenernya ngefans banget sama suara knalpot satria fu)
-banyak yang bilang stang gampang bengkok
-karburator jika tidak hati2 saat membersihkannya bisa ngadet

Yaah itu aja gan review dari ane, oiya gak lupa penampakan si kebo nya heheheh

1000KM


@Bengkel


Lagi diotak atik sama mas sirin


Copot karburator


Kebo ebony (Tampak samping)


Tampak belakang


Speedometer & panel


Detail




Yang ini kebo ane abis dipasang list velg, jadi lebih enak diliat gan




Kalo ada yang salah mohon dikoreksi ya ganemoticon-Malu thx before
Monggo comment2 nya

oiya Byson ane dari pertama beli ane minumin pertamax, tapi sekarang udah beralih ke shell super, cuma beda 400 perak tapi dapet pelayanan bagus,tempat bersih, dan gak ngantre gan, paling 3 menit langsung ngacir emoticon-Ngacir , IMHO semenjak pake shell super juga ane rasa lebih smooth tarikannya
Diubah oleh hanifhandsome2 20-11-2014 14:06
0
37.4K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan