Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cumi8080Avatar border
TS
cumi8080
inikah Tujuan Jokowi?
Hanya 3 Negara Pakai Bensin Premium: Indonesia dan 2 Negara Miskin

Bensin beroktan 88 atau jenis premium saat ini hanya digunakan di 3 negara saja. Penggunaan premium dihindari karena dampaknya tidak baik bagi lingkungan. Masalah utamanyayna, tidak mudah bagi pemerintah menghapus premium sebagai bahan bakar di Indonesia. Meski dari spesifikasinya, tinggal 3 negara di dunia yang masih menggunakan bahan bakar dengan oktan number 88.

“Di dunia ini, tinggal 3 negara yang masih mempunyai bahan bakar oktan 88 dan 2 negara itu merupakan negara yang kalau dibandingkan dengan Indonesia, termasuk miskin,”

Kendala yang dihadapi pemerintah yakni evaluasi apakah Indonesia masih pantas memiliki bahan bakar premium yang beroktan 88. Evaluasi yang dilakukan tersebut, terkait dengan kemampuan kilang Pertamina menyediakan pertamax untuk seluruh SPBU, tanpa premium.

Mengenai kemungkinan untuk menaikkan harga premium seiring dengan naiknya harga minyak dunia, pemerintah tentu punya sikap, hal itu belum bisa dilakukan. Banyak hal yang menjadi pertimbangan pemerintah, sebelum menaikkan harga premium.

Seperti diketahui, dalam waktu dekat pemerintah akan menghapus subsidi BBM jenis premium dan juga tidak akan memberikan subsidi untuk Pertamax. Kapan waktunya, masih sangat tergantung dengan koordinasi kementerian energi sumber daya mineral (ESDM) dan DPR.

Beberapa prinsip terkait pembatasan BBM bersubisi. Pertama, premium secara bertahap yakni dihapus dari sisi subsidi maupun produknya di pasaran. Kedua, tidak akan memberikan subsidi untuk BBM jenis Pertamax yang selama ini sudah dijual sesuai tingkat keekonomiannya.

“Kalau saya dua prinsip yang saya dijaga memang secara bertahap dan pasti yaitu premium itu harus hapus, keberadaan premium bertahap tapi pasti harusnya dihapus, hapus artinya tidak diteruskan, pertama kali subsidinya, kemudian produknya, kan oktannya juga kurang tinggi”.



APakah Jokowi Niat menhilangkan pelan2 premium dinegara ini..biar harga sejajar ama prtamax orng beralih ke Pertamax
0
1.9K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan