Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diandraresaAvatar border
TS
diandraresa
Nih Gan Caranya Ngatur Finansial Buat Karyawan yang Nge-Kos
Buat agan yang jadi karyawan sekaligus anak kos, sering ngalamin gak tiba-tiba pas udah tengah bulan keadaan finansial udah sekarat, dompet mulai kurus, mesin ATM mulai berteriak, cemberut karena ditarik mulu?

Nah supaya agan gak mengalami hal seperti itu terus, saya punya caranya nih, silakan disimak gan :

1. Cari kos yang murah
Katanya kalau murah fasilitasnya gak bagus. Eh gak juga gan, ada kok yang masih oke, nyaman, aman, dan bersih. Yang penting pas dengan finansial kamu, sesuaikan dengan gaji bulanan kamu. Menurut tips yang saya baca, anggaran biaya kos tuh sekitar 20-30% dari gaji bulanan. Jangan pernah lebih, kurang malah bagus. Yang penting bisa tidur dengan nyaman, dan aman.

2. Bikin anggaran finansial sebelum gajian
Yes, penting banget nih. Sebelum gajian buat dulu anggarannya. Jangan pas habis gajian bingung, akhirnya bablas, uang gaji cuma numpang lewat deh di ATM kamu. Utamakan dulu bayar kos, jangan sampai telat nanti ibu kos ngasemin kamu, kan repot juga. Selebihnya jangan lupa sisihkan biaya keagamaan, sesuaikan dengan keyakinan kamu yah. Belajar ngasih uang ke ortu atau biayain sekolah adik semampu kamu deh. Untuk belanja bulanan, buat list nya apa aja yang mau dibeli dan tentukan besarnya berapa, cari tempat belanja yang kasih diskon dan harganya pas dengan kantong kamu. Untuk biaya makan, transport, ambil secukupnya untuk satu minggu ke depan, dan buat rincian harian. Jadi setiap hari batasi bawa uang untuk hari itu, cukup gak cukup kamu harus bisa.

3. Rem nafsu belanja
Pas belanja bulanan, jaga mata. Jangan terpancing diskon, atau sale gila-gilaan. Bawa uang secukupnya, bila perlu taruh kartu ATM, kartu kredit di kos. Cukup bawa KTP dan uang untuk belanja bulanan. Jadi mau gak mau kamu terpacu untuk memaksimalkan uang yang kamu bawa. Karena kalau sampe lebih, yang malu kamu sendiri saat sampai di meja kasir.

4. Pas beli tiket pulang
Permasalahan yang sering terjadi nih. Kadang karena gak bisa ngatur finansial, ujung-ujungnya lupa nyisihin uang buat beli tiket pulang kampong. Alhasil kehabisan tiket atau uang THR jebol karena beli tiket pulang yang nyampe dua kali lipat. Padahal kamu bisa loh beli sebelum hari raya tiba, jadi rencanakan tiket pulang jauh-jauh hari.

5. Cobalah menabung dan berinvestasi
Belajar sisihkan uang untuk ditabung minimal 10-20% lah untuk persiapan kalau ada keperluan mendadak atau yah tiba-tiba kena PHK. Selain itu kamu bisa belajar berinvestasi, bisa lewat emas, saham, atau reksadana. Belajar juga cara mengelola investasi supaya kamu bisa meraih kebebasan finansial

sumber
0
2.1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan