- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Bukan gadget yang bawa dampak negatif, tapi konten


TS
bossby
Bukan gadget yang bawa dampak negatif, tapi konten
WELCOME TO MY THREAD
Quote:
Banyaknya sarana komunikasi dan hiburan yang semakin canggih belakangan ini menjadi sebuah fenomena baru dalam masyarakat yang menarik untuk dibahas. Istilah-istilah baru yang berkenaan dengan benda-benda itu juga menjadi ramai bermunculan. Istilah tersebut umumnya datang dari bahasa Inggris, seperti SMS atau Short Message Service, Video Call,dan gadget.

Quote:
Internet dapat diibaratkan sebagai pedang bermata dua yang memiliki sisi negatif dan juga positif. Khususnya untuk yang negatif, peran orang tua sangat diharapkan agar anak-anak mereka tidak terkena imbasnya.
Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh seorang pemerhati teknologi Dominikus Susanto. Dalam komentarnya seperti yang dikutip dari Antara (15/11), Dominikus menjelaskan bahwa para orang tua wajib menyiasati pengaturan gadget-gadget yang ada seperti sekarang ini agar dampak negatif internet tidak mengena kepada anak.
"Bukan gadget yang menimbulkan dampak negatif, tetapi konten," kata Dominikus. Menurut dia, banyak anak menggunakan ponsel pintar atau komputer tablet untuk mengakses internet sehingga orang tua harus mencegah mereka agar tidak mengakses situs yang tidak sesuai.
Bila menggunakan perangkat iOS, orang tua sebaiknya mengunci aplikasi tertentu, misalnya video game, agar anak hanya dapat mengakses aplikasi tersebut saat menggunakan perangkat.
Sementara itu, bila menggunakan Android, orang tua dapat mengatur saringan konten di Play Store agar anak tidak dapat mengunduh aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya.
Bila menggunakan komputer, orang tua juga sebaiknya mengatur situs-situs yang boleh diakses anak dan memonitor aktivitas anak di jejaring sosial dengan memanfaatkan aplikasi tertentu, misalnya [url=http://www.socialshield.com.]www.socialshield.com.[/url]
"Internet dengan kontrol sehingga jadi sesuatu yang positif," kata dia.
Ia mengatakan gadget dan internet memiliki dampak positif bila dimanfaatkan dengan baik, seperti membuat anak terbiasa dengan perangkat komputer, menstimulasi imajinasi, kemampuan berbahasa bila memainkan permainan berbahasa asing dan meningkatkan semangat untuk menang.
Bila digunakan tidak tepat, gadget dan internet akan membuat kemampuan bersosialisasi menurun, bullying di dunia maya hingga gangguan kesehatan.
Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh seorang pemerhati teknologi Dominikus Susanto. Dalam komentarnya seperti yang dikutip dari Antara (15/11), Dominikus menjelaskan bahwa para orang tua wajib menyiasati pengaturan gadget-gadget yang ada seperti sekarang ini agar dampak negatif internet tidak mengena kepada anak.
"Bukan gadget yang menimbulkan dampak negatif, tetapi konten," kata Dominikus. Menurut dia, banyak anak menggunakan ponsel pintar atau komputer tablet untuk mengakses internet sehingga orang tua harus mencegah mereka agar tidak mengakses situs yang tidak sesuai.
Bila menggunakan perangkat iOS, orang tua sebaiknya mengunci aplikasi tertentu, misalnya video game, agar anak hanya dapat mengakses aplikasi tersebut saat menggunakan perangkat.
Sementara itu, bila menggunakan Android, orang tua dapat mengatur saringan konten di Play Store agar anak tidak dapat mengunduh aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya.
Bila menggunakan komputer, orang tua juga sebaiknya mengatur situs-situs yang boleh diakses anak dan memonitor aktivitas anak di jejaring sosial dengan memanfaatkan aplikasi tertentu, misalnya [url=http://www.socialshield.com.]www.socialshield.com.[/url]
"Internet dengan kontrol sehingga jadi sesuatu yang positif," kata dia.
Ia mengatakan gadget dan internet memiliki dampak positif bila dimanfaatkan dengan baik, seperti membuat anak terbiasa dengan perangkat komputer, menstimulasi imajinasi, kemampuan berbahasa bila memainkan permainan berbahasa asing dan meningkatkan semangat untuk menang.
Bila digunakan tidak tepat, gadget dan internet akan membuat kemampuan bersosialisasi menurun, bullying di dunia maya hingga gangguan kesehatan.
Quote:
Nah kalau masih mau lanjut baca dibawah ini ada sebuah artikel yang ane dapet pas lagi surfing tentang waktu yang tepat ngenalin gadget ke anak.
Spoiler for Buka:
Kapan Waktu Tepat Memperkenalkan Gadget Pada Anak?
Quote:
Dalam menyikapi perkembangan teknologi saat ini termasuk gadget ada baiknya anda mengetahui waktu yang tepat dalam pemberian gadget pada anak anda. Dalam pemberian gadget dapat disesuaikan dengan perkembangan usia anak anda, pada usia 5 tahun anda dapat memperkenalkan warna, bentuk dan juga suara.Tentu saja pada usia ini juga anda harus mampu membatasinya pemakaian gadget sehingga fungsinya tetap dapat membantu anda untuk mengedukasi anak anda.
Selain itu pertimbangan selanjutnya pada usia 5 tahun perkembangan otak anak sudah optimal apabila diberikan rangsangan sensorik secara langsung berbeda dengan anak di bawah usia 5 tahun yang diberi gadget akan berdampak berkelanjutan apalagi bila tidak didampingi oleh orang tua sehingga akan berdampak pada kurangnya interaksi dengan lingkungannya. Pada otak bagian depan memiliki fungsi untuk memberikan perintah untuk menggerakkan anggota tubuh sedangkan pada bagian belakang terdapat penggerak sehingga apabila dapat merangsang hormon endorfin yaitu pusat kesenangan dan kenyamanan maka akan membuat anak anda kecanduan bermain dengan gadget yang terpola sejak awal perkembangan anak anda
Begitu pula bagi anda yang yang mempunyai anak berusia kurang dari 2 tahun disarankan tidak mengenalkan terlebih dahulu permainan dari jenis layar monitor seperti laptop, komputer tablet atau PC.
Hal sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh The American Acedemy of Pediatrics yang dapat dijadikan acuan bahwa idealnya anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya terbebas dengan permainan yang melibatkan layar monitor. Dikarenakan dampak yang negatif dari pemberian gadget adalah kondisi kesehatan mata selain itu radiasi dari beberapa ponsel atau tablet PC akan mengganggu perkembangan otak anak anda.
.
Selain itu pertimbangan selanjutnya pada usia 5 tahun perkembangan otak anak sudah optimal apabila diberikan rangsangan sensorik secara langsung berbeda dengan anak di bawah usia 5 tahun yang diberi gadget akan berdampak berkelanjutan apalagi bila tidak didampingi oleh orang tua sehingga akan berdampak pada kurangnya interaksi dengan lingkungannya. Pada otak bagian depan memiliki fungsi untuk memberikan perintah untuk menggerakkan anggota tubuh sedangkan pada bagian belakang terdapat penggerak sehingga apabila dapat merangsang hormon endorfin yaitu pusat kesenangan dan kenyamanan maka akan membuat anak anda kecanduan bermain dengan gadget yang terpola sejak awal perkembangan anak anda
Begitu pula bagi anda yang yang mempunyai anak berusia kurang dari 2 tahun disarankan tidak mengenalkan terlebih dahulu permainan dari jenis layar monitor seperti laptop, komputer tablet atau PC.
Hal sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh The American Acedemy of Pediatrics yang dapat dijadikan acuan bahwa idealnya anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya terbebas dengan permainan yang melibatkan layar monitor. Dikarenakan dampak yang negatif dari pemberian gadget adalah kondisi kesehatan mata selain itu radiasi dari beberapa ponsel atau tablet PC akan mengganggu perkembangan otak anak anda.
.
Quote:
Quote:
JANGAN LUPA DI RATE 
MOHON MAAF KALO REPOST
Mampir juga ke thread ane yang lain gan
Kenali Neuroblastoma, Kanker yang Diderita si Cantik Ashira
5 Gamer Wanita Terkaya

MOHON MAAF KALO REPOST

Mampir juga ke thread ane yang lain gan

Kenali Neuroblastoma, Kanker yang Diderita si Cantik Ashira
5 Gamer Wanita Terkaya
Diubah oleh bossby 17-11-2014 08:46
0
1.7K
Kutip
6
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan