rajabijaksanaAvatar border
TS
rajabijaksana
Heboh Di Medsos, Petugas Kereta yang Terpotret Menolong Penumpang Luka..



JAKARTA, KOMPAS.com - Apriatna (25) adalah petugas pengawalan khusus di gerbong kereta rel listrik (KRL) Tanah Abang-Serpong. Namanya sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Semua bermula ketika seorang penumpang mengabadikan momen dia spontan membantu penumpang yang terluka.

"Kaget juga sih kalau sampai dibicarakan, enggak nyangka saja, karena memang itu kan tugas kami," ujar Apriatna dengan sedikit tersipu, saat ditemui Kompas.com, Sabtu (15/11/2014).

Bagi Apriatna, menolong penumpang yang terluka adalah bagian dari tugasnya sebagai petugas pengawalan KRL.

Menurut Apriatna, petugas pengawalan memang setiap hari membekali diri dengan kotak pertolongan pertama pada kecelakaan. Kotak tersebut dikaitkan di sabuk seragam mereka.

Karena itu, kata Apriatna, sudah seharusnya petugas pengawalan tanggap saat menjumpai penumpang terluka.

Selama dua tahun menjadi petugas pengawalan kereta, kata Apriatna, menolong penumpang seperti gambar yang viral di media sosial itu bukanlah kali pertama.

"Meski enggak tiap hari, tetapi pasti ada saja lah. Namanya juga KRL kan pasti berdesakan ya. Wajar ada hal-hal semacam itu," ujar warga Citeras, Serang, Banten ini.



Foto inilah yang menyebarluaskan tindakan sigap Apriatna--petugas pengawalan KRL--menolong penumpang yang terluka.


Apriatna mengaku pernah mendapati penumpang terluka karena jatuh saat mengejar kereta atau terjepit pintu. Menolong penumpang pingsan juga pernah dia alami.

Meski demikian, lanjut Apriatna, tugasnya saat mendapati penumpang terluka atau sakit hanyalah sampai memberikan pertolongan pertama. Bila penumpang membutuhkan perawatan lebih lanjut, maka penumpang bisa mendapatkannya setelah turun dari kereta.

Penumpang bandel

Kebaikan hati Apriatna memang sedang jadi perbincangan di media sosial. Bukan berarti dia tak pernah dibuat kesal oleh penumpang yang dia kawal di kereta.

Menurut Apriatna, penumpang bandel selalu saja ada. Misalnya, sebut dia, penumpang yang hobi duduk di lantai.

Meski sudah diingatkan berkali-kali penumpang seringkali tidak mau segera berdiri. Padahal, kata dia, penumpang yang duduk di lantai akan mengganggu penumpang lain terlebih saat kereta penuh dijejali penumpang.

"Kadang kesal juga, sudah diingatkan kok tetap enggak mau berdiri. Kalau sudah begini biasanya saya minta maaf dulu, bilang baik-baik supaya penumpang itu mau berdiri," tutur Apriatna. Posisi duduk di lantai, ujar dia, memakan tempat lebih banyak daripada berdiri.

Apriatna mengatakan di kereta yang dia kawal, ada tiga petugas pengawalan lain. Dua orang bertugas di gerbong khusus perempuan dan dua petugas lain berkeliling di rangkaian gerbong selebihnya.

Menurut Apriatna, sudah sepatutnya seluruh petugas pengawalan bersikap ramah kepada penumpang. Ia berharap pengekposan terhadap tugasnya ini membuat lebih banyak petugas terinspirasi.

Sumur


Efek revolusi mental kah ? emoticon-Matabelo
Biarlah orang kecil dulu yang menjadi contoh, karena jika kita harus menunggu para anggota dhewan terlebih dulu untuk jadi teladan, rasa rasanya tak mungkin emoticon-Cape d... (S)
0
3.6K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan