yoga.hanAvatar border
TS
yoga.han
Makanan Khas Kota Susu (Boyolali)
Assalamu"alaikum

Ijin Share Makanan Khas Tempat Kelahiran Ane..



1. Sambel lethok/ sambel Tumpang

Mungkin buat sebagian besar orang apabila ditemuinya tempe yang hampir busuk atau bahkan udah busuk pastinya akan langsung dibuang. Namun berbeda dengan warga di daerah Boyolali sini. Tempe-tempe tersebut masih laku dijual untuk pembutan Sambel Lethok. Iya gan, sambel lethok terbuat dari tempe yg hampir busuk dihaluskan dan dcampur dengan beberapa bumbu. Biasanya yg paling sering sambel lethok dtambahi tahu. Sambel lethok kadang juga disebut sambel tumpang karena penyajiannya yg dtumpang tumpang (ditumpuk). Bisa disajikan dengan nasi atau bubur, ditasnya diberi sayur sayuran lalu disiram dengan sambel lethok. Rasanya menurut ane enak bgt, bahkan ini salah satu makanan favorit ane. Tpi mngkin untuk beberapa orang makanan ini rasanya aneh.
Spoiler for picture:


2. Susu Sapi


Sesuai dengan julukannya Kota Susu, maka tentunya banyak penghasil susu di daerah boyolali, karena sebagian besar warganya memelihara sapi perah (penghasil susu). Banyak penjual susu segar di daerah boyolali, baik yg masih benar benar segar (mentah/ belum diolah) maupun susu segar yg sudah di olah. Jika agan/agan wati melewati daerah Boyolali dan sekitarnya akan banyak dijumpai warung yg menjual susu segar bila malam menjelang..
Spoiler for picture:


3. Tahu Susu

Tahu susu merupakan olahan dari susu sapi. Susu pertama dari sapi yg baru melahirkan langsung diambil, karena masih kental. Susu sapi tersebut lalu dimasukkan di wadah dan dikukus/ direbus. Rasanya tentu yg belum terbiasa akan sedikit aneh. Olahannya bisa sekedar di goreng atau dimasak sesuai selera. Dan biasanya jarang diperjual belikan, mngkin ada tapi jarang. Kebiasaan ditempat ane, tahu susu yg udah drebus tersebut dibagi ke tetangga sekitar untuk berbagi rejeki.
Spoiler for picture:


4. Pecel

Mungkin pecel ada disemua tempat selain di boyolali. Tapi di Boyolali terdapat banyak variasi pecel, pecel/ sambel pecel terbuat dari bahan utama kacang tanah, gula jawa, cabe dan berbagai bumbu lainnya. kalau pecel sendiri identik dengan sayuran rebus (kacang panjang, kubis, bayam, dll) yg disiram dengan sambel pecel. Sebagai tambahannya bisa berupa nasi, gendar, jenang sunsum..
Spoiler for pecel biasa:


5. Jadah Bakar

Jadah adalah sejenis makanan yg terbuat dari beras ketan, biasanya memakai yg berwarna putih. Ketan yg sudah dimasak seperti nasi kemudian di cetak menggunakan wadah yg besar kemudian di potong persegi panjang. Jadah biasanya di makan secara langsung dan cuma dibuat saat ada acara saja seperti pernikahan/ syukuran/ dll. Seiring berkembangnya jaman, kemudian olahan jadah mulai berkembang pula. jadah bisa diolah dgn digoreng atau dibakar, tapi yg lumayan banyak penikmatnya lebih suka olahan yg dibakar, karena kalau digoreng jadah akan mengeras. Olahan jadah bakar banyak variasinya, dari yg biasa sampai yg diisi dgn berbagai macam bahan lain, seperti abon, selai, cokelat, susu, dll..
Spoiler for picture:


6. Soto

Makanan yg satu ini pasti sudah tak asing lagi jika kita mampir ke Boyolali. Di Boyolali terdapat beberapa warung soto yg meLegenda.. emoticon-Hammer (S)Yg tinggal dan pernah singgah pasti sudah tau yg saya maksud. Yaitu warung Soto Mbok Giyem, Soto Ndelik, dan Soto Rumput.
Spoiler for Soto Seger Mbok Giyem:

Spoiler for soto ndelik:

Spoiler for soto rumput:


7. Lele

Lele termasuk khas di Boyolali dikarenakan di Boyolali terdapat "Kampung Lele" bagi warga sekitaran daerah Boyolali pasti tidak asing dgn daerah tsb. Bahkan bapak Presiden RI beserta rombongannya pernah berkunjung kesini. Kampung Lele terletak di Desa Tegalrejo, kecamatan Sawit, Boyolali. Sesuai dgn namanya, sebagian besar warganya bermata pencaharian Ternak ikan lele. Bila anda berkunjung disana akan ada beberapa rumah yg menjual oleh" dari olahan ikan lele. Diantara ada Kripik Daging Lele, Kripik Kulit Lele, dan Abon lele.
Spoiler for picture:

Spoiler for oleh-oleh:


8. Pepaya

Buah yg satu ini banyak ditemukan di daerah Mojosongo, karena sebagian besar wilayahnya berupa kebun pepaya. Jika melintas daerah Mojosongo seiring jalan banyak para penjual buah pepaya. Tapi ada beberapa warga di Boyolali berinovatif mengolah pepaya dalam bentuk dodol. Cara pengolahannya hampir sama seperti dodol pada umumnya, tapi dodol pepaya tentunya berbahan baku pepaya. Selain dodol, pepaya jg diolah menjadi kalua/ manisan pepaya.
Spoiler for picture:


9. Mentho

Mentho atau sering jg disebut lentho merupakan jajanan tradisional yg tentunya jg sering dijual di pasar tradisional tapi sekarang jg sudah banyak dijual di toko oleh-oleh di Boyolali. Bagi orang boyolali makan ini tentunya tidak asing lagi. Camilan rakyat, enak, murah meriah. Mentho terdiri dari mentho basah dan kering, jg ada 2 bahan dasar kacang tanah atau mentho kacang tholo (bahasa indonesianya gak tau) emoticon-Hammer (S), Mentho jg ada yg berbentuk bulat dan ada yg gepeng. biasanya yg berbentuk bulat memakai kacang tholo.
Spoiler for picture:


9. Kripik Ceker

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari ceker/ kaki ayam yg sudah dipisahkan dari tulangnya. Kripik ceker banyak dijual di toko oleh oleh Boyolali. Rasanya pastinya gurih, renyah. emoticon-Hammer (S)
Spoiler for pict:


10. Marning

Marning terbuat dari jagung kering yg digoreng. Ada marning asin dan manis. Marning jg banyak dijual di toko oleh oleh spnjang daerah Boyolali. Biasanya marning dinikmati sebagai cemilan.
Spoiler for picture:


Makasih yg udah nimpuk ane


Update Nyusul ya gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh yoga.han 03-11-2014 08:15
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
43.8K
327
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan