Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hobi_linuxAvatar border
TS
hobi_linux
Jokowi Segera 'kimpoikan' Tol Laut dengan Jalur Sutra Tiongkok


Beijing -Presiden Joko Widodo (Jokowi) berniat 'mengawinkan' konsep Tol Laut Indonesia dengan Jalur Sutra Abab 21 Tiongkok. Penggabungan dua konsep ini akan memberikan banyak keuntungan.

"Yang sekarang diusahakan Presiden (Jokowi), memeprtemukan konsep Tol Laut Indonesia dengan gagasan Jalur Sutra Abad 21-nya China," kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto di Hotel Kempinski Beijing, Tiongkok, Senin (10/9/2014).

Ia mengatakan, tak hanya Jalur Sutra yang bergerak di atas air, konsep ini juga akan terhubung dengan jalur Trans SIberia. Sehingga hasil konektivitas dari konsep ini akan lebih maksimal.

Kalau gagasan Jalur Sutra Abad 21 China kan proyek infrastruktur. Pertama jalur darat Trans Siberia, dari Moskow sampai Shanghai. Di atas. Kedua, konektivitas maritim dari Afrika sampai ke Hindia, lompatnya di India, Bangladesh, Myanmar terus masuk ke selat Malaka atau lewat selatan yang masuk lewat 4 selat yaitu Selat lombok, Selat Sunda, Wetar, masuk dari situ, terus ke utara masuk ke laut Tiongkok Selatan," ujarnya.

"Mereka (Tiongkok) memang sudah lama punya program Tran Siberia itu. Dua jalur itu menghubungkan tata niaga dari Eropa-Asia tengah ke Asia Timur dan tata niaga dan jalur energi dari Afrika-Asia Selatan-Asia Timur," tambahnya.

Menurutnya, selama ini jalur perdagangan dunia sudah melewati perairan Indonesia. Sayangnya, dengan infrastruktur yang lemah membuat kapal-kapal yang lewat itu ogah singgah di Indonesia.

"Kapal-kapal besar numpang lewat dan mengandalkan hub-nya. Hub Singapura, Jepang, Australia. Sekarang gimana caranya kita membuat hub itu supaya kita di tengah-tengah. Gimana kita bisa menjadi pemain utama, bukan tempat numpang lewat," katanya.
-
sumber: http://finance.detik.com/read/2014/1...sutra-tiongkok
-
mari kita tamatkan riwayat Singapura dg membangkitkan AgriBahari Nusantara, semoga. . .
u dont hv to be great to start but u hv to start to be great
Salam from Bukittinggi gan . . .
0
3.9K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan