waw..waw...waw..... Setuju ga sih Gan dengan kata-kata ini Pelanggan adalah raja. hemm,, Itulah kata pepatah yang harus selalu diperhatikan oleh seorang pedagang atau penjual. Ungkapan itu mencerminkan apapun yang sedang Agan-Aganwati rasakan dan bagaimanapun keadaan saat itu, harus selalu bersikap manis dan ramah terhadap konsumen. Menjadi pedagang sama halnya seperti menjadi seorang pelayan. Setuju Gan? Agan harus mempunyai kesabaran ekstra dan harus siap sedia jika sewaktu-waktu harus menghadapi kemarahan maupun keluhan konsumen dari kesalahan-kesalahan kecil yang Agan lakukan.
Banyak hal yang harus diterapkan untuk mendapatkan simpati dari konsumen. Namun yang harus diingat adalah bahwa konsumen pasti memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang ramah, jutek, datar, dan lain-lain. Hal itu tentu akan membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda pula. Untuk menghadapi pelanggan yang mengeluh mengenai pelayanan Agan-Aganwati, sebaiknya Agan-Aganwati melakukan hal- hal berikut ini.
Spoiler for Dengarkan:
1. Dengarkan
Dengarkan,,,, dengarkan Aku.... maap Gan nyanyi lagi.... Nah, hal pertama dan utama yang harus Agan lakukan adalah mendengarkan. Dengarkan keluhannya dengan seksama. Biarkan pelanggan tersebut mengeluarkan segala “unek-unek” dan kekesalannya terlebih dahulu.Jika perlu Agan-Aganwati harus menyiapkan air minum dan mengajaknya duduk di tempat yang nyaman supaya pelanggan lebih nyaman dan bisa segera meminumnya jika dibutuhkan.
Spoiler for Jaga Ego:
2. Kesampingkan ego
Keluhan pelanggan mungkin akan merubah mood Agan-Aganwati saat itu. Agan yang saat itu mungkin sedang bersemangat bekerja bisa menjadi down dan malu dengan keluhan pelanggan yang tidak tahu situasi dan kondisi saat itu. Ketika pelanggan mengeluh saat kondisi toko sedang ramai, pasti akan membuat Agan-Aganwati merasa sangat malu dan bahkan akan menimbulkan keragu-raguan di hati pelanggan lain. Namun kondisi tersebut seharusnya tidak memancing kemarahan Agan-Aganwati KEEP CALM Gan.
Bagaimanapun perasaan Agan-Aganwati saat itu, sebaiknya harus tetap sabar mendengarkan dengan seksama tanpa melakukan pembelaan apapun dan tetap memberikan raut muka yang ramah. Jadi kesampingkan ego Agan-Aganwati. Hal itu tidak akan membuat Agan-Aganwati terlihat rendah, tapi justru akan membuat Agan-Aganwati terlihat lebih bersahaja.
Spoiler for Minta Maaf:
3. Memohon maaf
Setelah mendengarkan keluhan pelanggan yang pasti sangat menjenuhkan dan membuat panas telinga. Namun alangkah lebih baiknya Agan-Aganwati meminta maaf (berasa lebaran ajee), meskipun anda yakin tidak bersalah. Agan-Aganwati tidak perlu mencari-cari kesalahan pelanggan maupun menyerang balik pelanggan tersebut.
Tetap tenang dan tetaplah tersenyum.Meminta maaf adalah perkataan dan cara terbaik yang bisa Agan ucapkan kepada pelanggan. Walaupun sebenarnya Agan tidak bersalah Agan tetap harus meminta maaf. Sikap Agan tersebut bisa menjadi bentuk sebuah perhatian Anda kepada kenyamanan pelanggan terhadap pelayanan Agan.
Spoiler for Ajak Bicara:
4. Ajak bicara
hemm... hemmm...halo.. halo... #eh...Selanjutnya pasti kondisi saat itu sudah mulai mencair dan lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Hal ini bisa Agan manfaatkan untuk kembali berkomunikasi dengan baik dan menarik simpati pelanggan #bukan Menjilatya Gan hehehe..... Agan bisa menanyakan hal-hal kecil yang dapat lebih mengakrabkan diskusi Agan dengan pelanggan pada saat itu.
Agan dapat menanyakan sejak kapan ia mulai menggunakan produk yang Agan jual #sekalian Survey Gan. Agan-Aganwati juga perlu menanyakan sejak kapan ia mulai merasakan adanya keluhan. Tanyakan juga apakah mereka pernah menggunakan produk sejenis dengan merk yang berbeda sebelumnya. dan bla... bla.... bla.....
Spoiler for Beri Solusi:
5. Berikan sebuah solusi dalam bentuk pilihan
nih Gan untuk tetap memberikan kepuasan kepada pelanggan, Agan seharusnya tidak lupa untuk memberikan solusi atas keluhan dari keluhan pelanggan. Sebaiknya menanyakan apa yang sebenarnya mereka harapkan dari produk yang mereka beli.Agan harus memastikan secara diam-diam bahwa pelanggan tidak salah pilih dalam menggunakan produk yang Agan jual.
Kemudian, Agan harus memberikan penawaran atau pilihan kepada pelanggan tersebut. Misalnya menanyakan kepada pelanggan apakah mereka ingin uang mereka kembali atau diganti produk yang lain, atau menawarkan kepada pelanggan apakah mereka ingin tutorial cara penggunaan produk yang baik dan benar atau memberikan fasilitas lain kepada pelanggan tersebut.
Dengan begitu diharapkan pelanggan akan merasa keluhannya ditanggapi dengan baik dan merasa diperhatikan oleh toko Agan. Pelanggan juga akan merasa bahwa Agan sangat bertanggung jawab atas produk yang Agan jual. Sehingga mereka tidak akan merasa kapok untuk berbelanja dan tetap percaya untuk menggunakan produk dari toko Agan tersebut, dan mungkin para pelanggan tersebut akan mengajak saudara atau temannya datang ke toko Agan, melihat pelayanan yang diberikan sangat profesional dan berkualitas.
Kalau berkenan, ane juga minta tolong rate bintang lima, sama rekomendasi agan agar trit ini jadi Hot Thread (rekomendasi di SINI gan).