Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diksichilyaAvatar border
TS
diksichilya
Dalang di Balik Film-film Lokal Tak Bermutu
BAGI pecinta film lokal, kalian pasti sudah familiar dengan nama
Nayato Fio Nuala, seorang sutradara yang dinilai gemar membuat film-film kelas C. Begitu produktif dia membuat film-film yang tipikal, semua genre pun sudah dia cicipi.
Dan tentulah kita ’semua’ tahu kalau sang sutradara ini punya seribu nama. Koya Pagayo, Pingkan Utari, Ian Jacob, dan belakangan Chiska Doppert.
Tapi, kenapa sineas ini sering dipakai produser film, ya? emoticon-Hammer2



Yato Fio Nuala
wikipidi


Profil Singkat
Nama aslinya Yato Fio Nuala, lahir di Bireuuen, Nangroe Aceh Darussalam pada 1968. Dia adalah lulusan pendidikan seni perfilman di Taiwan. Dia kembali ke Indonesia pada 1996 dan debut film pertamanya adalah horor berjudul The Soul, yang dibintangi Marcella Zallianty. Film keduanya, Ekskul (2006) mendapat pengakuan dari FFI 2006. Film ini mendapatkan Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Editing Terbaik dan Tata Musik Terbaik. Kemenangan ini membawa kontroversi karena tata musik Ekskul ternyata copas-an dari film asing. Akibatnya, pelaku seni yang digawangi Mira Lesmana, Nia Dinata, Riri Riza dalam MFI, mengembalikan Piala Citra yang pernah mereka terima. Beberapa pemain film pun melakukan hal serupa. Alhasil, kemenangan film Ekskul dibatalkan.Sejak saat itu FFI kehilangan wibawa dan nilai prestisiusnya.

Dan ternyata, dia jugalah yang menyutradarai film Arief Muhammad, yang kemunculannya diisi dengan kontroversi. Nayato menggunakan nama samarannya Chiska Doppert. Wah.. Wah ..


Quote:


Filmografi
Produktivitas oke punya, tapi soal kualitas, enggak berani bilang, deh. Satu-satunya film dia yang pernah saya nikmati di bioskip adalah film Virgin 2, selebihnya sampah. Berikut film-film yang pernah dia bikin.

sebagai Nayato Fio Nuala
Spoiler for NAYATOL:


sebagai Koya Pagayo
Spoiler for Koya Pamaho:


Sebagai Ian Jacob
Spoiler for Ian janc*k:


Sebagai Chiska Doppert
Spoiler for list film:


Quote:


Salut deh kalau uang sudah menjadi raja.

KOMENG
Quote:
Diubah oleh diksichilya 04-09-2014 02:23
0
28.3K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan