microphagaAvatar border
TS
microphaga
PERAWAT menuntut untuk bisa BERPRAKTEK MANDIRI layaknya DOKTER

Akhir-akhir ini ane sering mengikuti isu-isu tentang kesehatan di Indonesia. Mulai dari isu malpraktek, KJS, sampai perawat yang demo menuntut untuk disahkannya RUU Keperawatan. Nah ane tergelitik dengan isu terakhir ini gan, tentang RUU Keperawatan. Tanggal 21 Mei 2013 kemaren ternyata para perawat yg tergabung dalam PPNI (gak tau kepanjangannya apa) demo di depan gedung DPR. Ane penasaran gan, lalu ane tanya ama mbah gugel apa itu RUU Keperawatan. Ketemu gan, ternyata mbah gugel wawasannya luas. Salut ama mbah gugel.. emoticon-Toast

Setelah ane cermati isi RUU itu banyak yang aneh bin ajaib gan. Diantaranya perawat menuntut untuk bisa berpraktek mandiri, mendiagnosis penyakit, melakukan tindakan medis, dan mengobati atau meresepkan obat gan. Lah, ini kan wewenangnya dokter. Gak abis pikir ane gan perawat sekolahnya untuk merawat pasien tapi mereka menuntut untuk bisa praktek kayak dokter. Apa gak bakalan nambah kasus malpraktek di negri ini nantinya gan? Bijimane menurut agan dan aganwati? emoticon-Matabelo

Anehnya lagi gan Komisi IX DPR menyetujui RUU ini, ane dikasih tau mbah gugel lagi ini gan (mbah gugel emang hebat gan). Alasan anggota dewan yang terhormat itu untuk alternatif kekurangan dokter di daerah. Tooeeenngg, ini gak masuk akal ane lagi gan. Masa’ perawat mau menggantikan dokter, sekolahnya aja beda. Dokter sekolah 6 tahun, trus ada uji kompetensi kalo gak lulus UKDI gak bisa praktek gan. Menurut pandangan ane alasan seperti itu cuma berlaku di jaman dahulu kala ketika memang jumlah dokter minim gan. Setau ane di Indonesia ini udah ada 72 FK (negri dan swasta) yang tiap tahun masing-masing FK menghasilkan 100-200an dokter gan.

Ane rasa jumlah dokter udah cukup cuman menumpuk di kota gan. Menurut abang ane yang udah dokter, kuota PTT dokter ke daerah sedikit. Banyak dokter yang daftar, tapi lebih banyak yang gak ketrima daripada yg ketrima PTT daerah gan. Nah dari sini aja ane bisa simpulkan kalau PEMERINTAH GAK MAMPU (atau gak mau) MELAKUKAN PEMERATAAN DOKTER. Kalau solusi ane sebagai rakyat jelata nih gan, TAMBAH ANGGARAN KESEHATAN, TAMBAH KUOTA PTT DAERAH, PERHATIKAN KESEJAHTERAAN DOKTER. Itu aja gan ane rasa cukup bisa memecahkan permasalahan kesehatan di negri kita tercinta Indonesia ini gan.

Ini hasil googling ane gan:
Quote:


Kalau masalah Perlindungan Hukum perawat yg terpaksa praktek karena gak ada dokter udeh diatur gan di PERMENKES RI NO. HK.02.02./MENKES/148/I/2010 tentang izin dan penyelenggaraan praktik Perawat, sekidot:
Quote:

Nah, udah jelas kan udah ada perlindungan hukum bagi perawat, jadi ngapain harus bikin UU Praktik Keperawatan?
Cuman bedanya di Permenkes ini perawat praktik mandiri gak boleh diagnosis, ngobatin pasien, sunat, dan nolong persalinan kayak dalam RUU Keperawatan gan. Itu kewenangan dokter dan bidan (persalinan). Nah kan jelas apa tujuan RUU Keperawatan gan. emoticon-Ngakak

Ini Sumber beritanya gan:
Quote:


Ane emang gak pinter-pinter amat gan tapi sepertinya logika berpikir ane lebih cerdas dari anggota dewan yang terhormat itu gan. Betul gak gan? Kasih cendolnya kalo betul gan emoticon-Cendol (S)Jangan pelit-pelit gan.. Kasih komengnya jg gan, jgn jd silent reader, ane minta sumbangsih pendapat agan demi kemajuan negri kita ini. Ceileeh.. emoticon-Ngakak

My Quote:
Quote:


Eh tong, ente tau istilah "tong kosong nyaring bunyinya'? Nah ente tu tong kosongnya.. Daritadi ente koar2 tapi kagak ada isi, kagak menjawab pertanyaan ane. emoticon-Cape d... (S)

Lu bilang permenkes dihapus kalau terbit UU? SALAH BESAR. Nih baca!
emoticon-Ngakak
Quote:


Jd gini, inti masalahnya kewenangan Perawat di Permenkes dan RUUK itu BERBEDA. Ada yg ditambah-tambahin di RUUK. Coba liat di Permenkes:

Quote:


Di RUUK:
Quote:


Nah, sekarang ente udah tau cacat RUUK ini dimana? Ah lu tong kosong, ane jawab LAGI dah. Di RUUK pasal 56 dikatakan Permenkes masih tetap berlaku tapi kewenangannya kok beda dgn RUUK pasal 5. Tanya kenapaaa??? emoticon-Cape d... (S)

Oke kite bahas lg tong. Yg di RUUK pasal 5 yg ane bold ijo itu masih rancu dengan kata terbatas. Terbatas apanya coba? Kewenangan dokter umum jg terbatas sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Coba ente obok2 RUUK itu ada gak batasannya? Ane jawab lagi nih, GAK ADA tong!

Terus yang warna merah itu jelas BUKAN KEWENANGAN PERAWAT dan BUKAN KOMPETENSI PERAWAT. Coba ente cari UU yg membolehkan perawat melakukan kitan dan persalinan! Truz coba ente cari Standar Kompetensi Perawat Indonesia, terbukti itu bukan kompetensi perawat. Download disini tongane dapet dari dikti.

Nah ane nanya lagi dah kalau bukan kewenangan dan kompetensinya knp bisa masuk RUUK?
Pertanyaan yg ini silahkan ente jawab sendiri tong!
Diubah oleh microphaga 28-09-2020 19:41
0
89.6K
613
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan