ariefteknisiAvatar border
TS
ariefteknisi
CARA MEMPERBAIKI HARDISK BAD SECTOR
Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector - Banyak orang pasti bertanya apakah hardisk Bad Sector itu masih bisa diperbaiki? Tentu ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab karena diperlukan beberapa pengetahuan dasar tentang hardisk mulai dari bagian-bagiannya dan cara kerjanya. Lalu, apa yang di maksud dengan Bad Sector? dan bagaimana cara memperbaikinya?

Bad Sector disebut juga bad block merupakan istilah teknis dalam bidang komputer yang digunakan untuk memberikan pengertian bahwa ada sebuah area pada hardisk yang rusak. Bad sector sendiri ada dua macam yaitu bad sector berupa kerusakan fisik dan bad sector karena kerusakan software.

Bad Sector fisik merupakan kerusakan hardisk pada bagian hardware plate hardisk. Hal ini terjadi disebabkan oleh hardisk terkena debu, terjatuh, serta terkena benturan benda keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector software disebabkan oleh shutdown yang tidak benar atau komputer saat menyala mendadak mati karena listrik padam secara tiba-tiba. Kerusakan hardisk secara fisik sangat sulit untuk diperbaiki sedangkan kerusakan secara software dapat diperbaiki lebih mudah.

Pada kesempatan ini, Saya akan memberikan tips untuk memperbaiki hardisk bad sector. Berikut ini langkah-langkah memperbaikinya.

1. Cara mengatasi Bad Sector pada Hardisk dengan program bawaan OS Windows

2. Cara Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk dengan beberapa tools

Ada tool untuk memperbaiki hardisk bad sector yang dapat Anda download. Berikut ini tool untuk memperbaiki hardisk bad sector :

- HDD LLF Low Level Format Tool.

Berikut ini adalah cara menggunakan HDD Low Level Format Tool:

3. Cara Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk dengan Bad Block Recovery Software dari Vendor Hardisk

Produsen hardisk telah menyediakan software untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan jika hardisk mengalami kerusakan, diantaranya adalah :

1. Fujitsu IDE Low level Format Utility.
2. Seagate’s Seatools for Windows serta Seagate’s Seatools for DOS. Dapat digunakan untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain.
3. Western Digital Data Lifeguard Diagnostics. Khusus untuk Hardisk dari Western Digital.

Selengkapnya baca disini
Diubah oleh ariefteknisi 18-07-2014 10:26
0
7.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan