Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yoeljatsAvatar border
TS
yoeljats
Buruh Anggap Radio Sudah Ketinggalan Zaman, Pengusaha Ini Marah
Jakarta -Serikat buruh di Jakarta mengungkapkan beberapa item Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sudah kedaluwarsa atau sudah tak sesuai zaman sebagai pertimbangan kenaikan UMP 2015.

Misalnya 2 dari 60 item KHL, yaitu radio dua ban dan setrika 250 watt sudah 'basi' alias tidak lagi dijual di Jakarta, mereka meminta diganti dengan TV dan setrika 350 watt.

Mendengar permintaan tersebut, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang berang dan marah besar.

"Kebutuhan mereka sudah terlalu mewah bayangkan sudah ada kompor gas dan rice cooker. Semua untuk masak nasi intinya," kata Sarman dengan nada tinggi kepada detikFinance, Kamis (23/10/2014).

Sarman juga menyebut dasar perhitungan buruh yang ingin menambah nilai komponen KHL dari 60 macam menjadi 84 macam tidak relevan. Menurutnya bila buruh menganggap radio dua ban dan setrika sudah kedaluwarsa artinya ada pengurangan jumlah KHL.

"Tetapi kalau kita melihat dari 84 item yang mereka minta, saya justru melihat 60 item yang ada saat ini bisa saja berkurang," imbuhnya.

Ia mengungkapkan lebih baik buruh meminta langsung kenaikan item KHL kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans)

"Mari kita sama-sama memberikan kajian itu kepada kementerian. Kalau tidak sesuai silakan. Mana yang tidak relevan silakan. Silakan saja, kita dari pengusaha menyambut baik. Tetapi hal itu bisa berpotensi besar untuk di PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) kan," jelasnya.

Dalam 60 item KHL yang berlaku saat ini tak memasukan TV dan maupun seterika 350 watt, berikut KHL yang berlaku saat ini untuk sandang, antara lain:



Celana panjang/rok/pakaian muslim
Celana pendek
Ikat pinggang (kulit sintetis, polos, tidak branded)
Kemeja lengan pendek/blus
Kaos oblong/BH
Celana dalam
Sarung/kain panjang
Sepatu
Kaos kaki
Perlengkapan pembersih sepatu: Semir dan Sikat sepatu
Sandal jepit
Handuk mandi
Perlengkapan ibadah: sajadah, mukena, peci, dll
Sewa kamar
Dipan/tempat tidur
Perlengkapan tidur: kasur busa, bantal busa
Seprei dan sarung bantal
Meja dan kursi
Lemari pakaian
Sapu
Perlengkapan makan: piring, gelas, sendok dan garpu
Ceret alumunium
Wajan alumunium
Panci alumunium
Sendok masak
Rice cooker ukuran 1/2 liter
Kompor dan perlengkapannya
Gas elpiji 3 kg
Ember plastik
Gayung plastik
Listrik
Bola lampu hemat energi
Air bersih
Sabun cuci pakaian
Sabun cuci piring (colek)
Seterika
Rak piring portable plastik
Pisau dapur
Cermin

http://finance.detik.com/read/2014/1...saha-ini-marah



lama lama buruh minta rumah mobil pesawat terbang helikopter dan terakhir minta Drone buat awasin suami atau istrinya takut selingkuh hahahahahha pusing juga jadi pengusaha pemasukan sedikit listrik dan biaya perusahaan ditambah kenaikan gaji buruh lama kelamaan pengusaha kabur keluar negeri buruh tinggal gigit jari makanya negara ini susah majunya ekonominya banyak mintanya daripada kerjanya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh yoeljats 23-10-2014 09:06
0
8.6K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan