Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jurnal3Avatar border
TS
jurnal3
Masya Allah! Penjara geng El Salvador ‘kandang hewan’
EL SALVADOR, JURNAL3.COM - Bergerombol seperti ternak dalam kandang. Itulah gambaran ‘Zacatraz’ sel khusus rahasia di sebuah tempat tersembunyi di kompleks penjara El Salvador. Dengan sel seluas 12 meter dan lebar 15 meter, sebanyak 30 orang geng mafia mendekam di sel spesial tersebut.

Masya Allah! Penjara geng El Salvador ‘kandang hewan’

Sel itu dirancang untuk masa penahanan 72 jam, khusus diperuntukkan bagi kelompok geng Mara Salvatrucha (MS-13) dan Barrio M18 yang terkenal suka bikin masalah di negara itu. Inin adalah hukuman dari aksi-aksi para gangster yang membuat warga di negara itu dicekam ketakutan.

“Kami mengatakan bahwa pada tahun lalu gencatan senjata itu rapuh antara dua kelompok ini. Dan hal itu bisa patah setiap saat. Waktu telah membuktikan kita benar dengan perlakuan kita kepada mereka,” tegas Miguel Fortin, Direktur Mahkamah Agung Institute of Medicine Hukum (IML) El Salvador, dilansir Daily Mail, Jumat (30/08/2013).

Menurut Fortin, gencatan senjata yang didukung oleh Gereja Katolik dan Organisasi Negara-negara Amerika (OAS), bertujuan untuk mengurangi tingkat pembunuhan dari 66 per 100.000 penduduk pada tahun 2011. Data dari PBB, perang geng di El Salvador adalah yang paling keras di dunia.

Pada bulan Maret 2012, penduduk El Salvador menyaksikan gencatan senjata bersejarah antara dua geng yang saling bermusuhan dan diharapkan bisa mengurangi tingkat pembunuhan diantara mereka.

Geng-geng ini juga beroperasi di Guatemala dan Honduras. Namun, gencatan senjata tu diragukan oleh Carlos Ponce, seorang ahli kejahatan Kejaksaan Agung Salvador. Dan keraguan itu terbukti.

“Ini semua bohong, geng terus beroperasi, orang terus terbunuh, orang tetap menghilang dan geng mendapatkan kekuatan mereka terus bertambah,” ujar Ponce.

Keamanan dan Departemen Kehakiman El Salvador melaporkan pembunuhan dalam delapan bulan pertama 2012 sudah turun lebih dari 30 persen ke 1.894.

Kantor pemeriksa medis nasional menegaskan angka-angka, tetapi dua lembaga tidak setuju pada berapa banyak orang yang menghilang. Kementerian keamanan mengklaim 335 menghilang pada semester pertama 2012, lembaga kedokteran hukum mengklaim jumlahnya 1.279.

“Aku tidak mengerti orang-orang ini. Mereka adalah kumpulan orang-orang liarm” pungkas Ponce.@dlm

source: http://www.jurnal3.com/masya-allah-p...kandang-hewan/
0
3.1K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan