vmaeniacAvatar border
TS
vmaeniac
Iklan Situs/Blog nan menjengkelkan? Coba kaya gini deh…
Sebelumnya saya yg masih newbie mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dalam posting ini. Semoga ke depannya bisa menjadi perbaikan bagi diri saya sendiri.

Bagi anda yg hobi browsing dan sering berkunjung ke blog untuk cari artikel, tugas sekolah, atau yg doyan download, pasti nggak akan heran dengan namanya banner iklan. Namun hal yang mulanya agak sepele dan sebenarnya sah-sah saja bagi pembuat blog untuk meraih keuntungan dengan hasil kreatifitas mereka, menjadi sesuatu yang menjengkelkan dan bahkan mengganggu aktifitas browsing anda.

Anda berpikir apa yang anda klik adalah sesuatu yang biasa. Namun ketika tiba-tiba muncul tab baru di browser dan bahkan muncul pop-up window menutupi tampilan browser yang sedang dilihat, tentu saja hal ini amat menjengkelkan. Lebih parah lagi pop-up itu menampilkan gambar seronok dan saat itu muncul ada orang lain muncul di belakang anda dan melihat ke layar monitor. Dikiranya anda sedang mengakses situs blablabla.
Anda kemudian mencoba berhati-hati dengan yang anda klik, namun entah mengapa tetap saja muncul pop-up iklan atau tab baru di browser anda. Akhirnya, karena anda butuh dengan konten yang tersedia di laman situs itu, terpaksa anda menyerah dengan kondisi yang ada dan sedikit membuang waktu dan tenaga lagi untuk menutup pop-up atau tab baru yang menurut anda mengganggu tersebut.

Di sisi lain, bagi anda yang memiliki keterbatasan akses internet yang memaksa anda memakai koneksi internet model kuota data (seperti saya yang tinggal di pelosok dan menggantungkan koneksi pakai T*****sel Fl**h -- maklum cuma 2 operator yang sinyalnya nyantol yaitu In****t dan T*****sel), maka keberadaan banner iklan dan pop-up window iklan turut menyedot kuota.

Apa itu Pay Per Klik
Berdasarkan yang saya kutip dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Bayar_per_klik)
“Bayar per klik (bahasa Inggris: Pay per click) adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet yang berarti pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. Pada umumnya program-program PPC (Pay Per Click) mengisyaratkan blog atau situs web dengan menggunakan bahasa Inggris. Ada banyak program-program PPC di Indonesia. Di antara semua program-program PPC, Google AdSense adalah salah satu yang paling banyak digemari oleh publisher karena kemudahan serta bukti yang nyata untuk menghasilkan dolar dengan memasang iklan di situs web atau blog. Dengan semua ini kita bisa menghasilkan penghasilan dolar dari sebuah blog atau situs web. Sementara di Indonesia, ada cukup banyak website PPC/BPK dengan kelebihannya masing-masing khususnya dalam pembayaran.”

Ada juga istilah "Clickjacking" yang agak beda. Menurut Wikipedia yang bisa dibaca di tautan ini http://en.wikipedia.org/wiki/Clickjacking, clickjacking bisa mengakali kita untuk melakukan sesuatu di luar pengetahuan kita dan tidak sesuai keinginan kita. Bentuk-bentuknya bisa berupa "likejacking" dimana kita seakan-akan menekan tombol "Like" di Facebook atau mem-follow seseorang di Twitter.

Modus
Nah, dengan adanya keuntungan dari PPC itu, maka pembuat blog akan melakukan apapun – sekali lagi APAPUN – untuk meningkatkan jumlah klik di halaman situs/blog mereka.

Bagi pemakai internet yang masih awam, tampilan iklan yang menarik secara visual (kadang juga vulgar!) meningkatkan probabilitas iklan yang tayang di halaman situs/blog untuk di klik. Sayangnya hal ini tidak akan mempan lagi bagi mereka yang sudah “kenyang” dengan hal ini karena mereka nyadar kalo bakalan nyasar ke situs dagangan.
Trik ini sedikit diubah dengan link iklan yang ngumpet di gambar yang menyaru menjadi tombol “Download” dan “Play Now”. Pembuat blog juga nggak mau kalah, dan menempatkan gambar jadi-jadian itu dekat tulisan link asli untuk mendownload.

Bagi pengguna komputer yang lebih mahir, trik gambar jadi-jadian ini akan gagal karena masih ada hal yang bisa menjadi patokan. Apa itu? Perhatikan saat pointer mouse berada di atas gambar atau link yang disediakan, yang istilahnya “on mouse over” atau “hover”. Pada saat itu perhatikanlah status bar, itu lhoo baris informasi di tepi bawah browser. Biasanya akan muncul sebaris tulisan yang menunjukkan URL target saat gambar/link tersebut diklik.

Jika tulisannya masih menggunakan domain yang sama dengan laman yang sedang dibuka, maka kemungkinan – sekali lagi KEMUNGKINAN – link tersebut aman dari iklan. Tapi jika sudah menunjuk ke URL lain yang gak sinkron dengan laman yang sedang dibuka, maka ada potensi pemilik situs mencoba mengais dolar dengan metode lain melalui klik yang akan anda lakukan (biasanya akan dioper ke situs pemendek URL macam adf.ly atau sejenisnya, parahnya ada yang ditumpuk-tumpuk misalnya dari adf-ly dioper ke shorte.st lalu dioper pemendek URL ke lagi, baru muncul laman tujuan anda).

Kenapa saya bilang masih ada kemungkinan link yang tersedia tidak aman walaupun di status bar muncul URL yang terlihat sinkron dengan URL laman situs yang dilihat? Bisa saja pemilik situs menggunakan javascript untuk mengelabui anda. Ada perintah untuk membuat browser menuliskan teks pada status bar dalam javascript sesuai keinginan pembuat script. Biasanya untuk mengakali on mouse over. Bisa saja di status bar terlihat aman, tetapi begitu diklik ternyata nyasar ke iklan.

Seandainya anda lebih berhati-hati lagi dengan yang anda klik pun masih juga ada cara lain lagi yang lebih ekstrim. Cara itu adalah menangkap event yang anda lakukan dengan mouse, istilah kerennya dalam javascript adalah “capture event”. Event apa saja yang bisa ditangkap?

On click: Cara ini untuk mengelabui setelah on mouse over. Begitu diklik, muncullah URL aslinya di tab/jendela baru. Kena deh…!! Parahnya lagi yang model begini tidak mengharuskan anda klik link apapun di laman yang sedang muncul. Di area kosongpun juga kena juga kliknya. Coba aja deh di Ganool.com

On left click: Ini untuk menangani anda yang sadar memakai perintah klik kanan dan pilih “open in new tab” untuk menyelamatkan diri dari iklan. Sayangnya di situs Ganool.com tetap saja gak mempan! Salut buat Ganool.com

PERHATIAN!!!
Posting ini bukan untuk mematikan hak pemilik situs/blog untuk memperoleh keuntungan dengan hasil kerja mereka. Hak anda untuk memajang iklan dan melakukan apapun di blog anda. Saya hanya menyesalkan pembuat blog yang nyata-nyata menipu pengunjung laman mereka dengan blog kosong yang ternyata berisi teks keyword untuk mengelabui mesin pencari.

Saat URL laman mereka muncul di daftar teratas, ternyata saat dikunjungi kosong melompong dan andaipun tersedia link untuk download hanya dibuat berputar-putar dari satu pemendek URL ke yang lainnya.

Bagi pembaca thread ini juga harap maklum dengan iklan yang tersaji di laman situs/blog yang sedang anda kunjungi, karena hasil jerih payah mereka perlu dihargai. Seandainyapun anda mendapatkan manfaat dari laman yang mereka sediakan, belum tentu juga mereka akan memperoleh imbalan/donasi langsung dari anda. Oleh karena itu, satu-satunya cara bagi pembuat situs/blog memperoleh imbalan adalah dengan cara ini.

SARAN SAYA, SETELAH COPY-PASTE ATAU DOWNLOAD DI STIUS/BLOG ORANG LAIN SILAHKAN DIKLIK SAJA IKLAN YANG TERSEDIA SEBAGAI IMBALAN JASA MEREKA

SOLUSI
SATU: PERHATIKAN LINK PADA STATUS BAR
Ini hanya berlaku untuk situs/blog yang biasanya dibuat pemula saja. Jangan diklik jika anda tidak berkenan dengan URL yang tersaji di situ.

DUA: KLIK KANAN, LALU “COPY LINK ADDRESS” DAN PASTE KE ADDRESS BAR
Langkah ini bisa memantau dulu URL yang mungkin disembunyikan dengan javascript. Jika hasil paste menunjukkan URL yang bertumpuk antara URL dari situs pemendek URL dan URL situs aslinya, maka tinggal hapus saja bagian depan hingga tinggal menyisakan URL aslinya. Hal ini tidak berlaku jika teks yang muncul hanya “7ava5cript:void()”, yang berarti URL aslinya tersembunyi dalam script dan hanya bisa dilihat pada source code-nya

TIGA: DRAG-AND-DROP KE ADDRESS BAR
Belum tahu caranya? Klik kiri dan tahan tombol kiri mouse, lalu seret ke arah address bar. Langkah ini hanya berlaku bagi link yang masih menunjukkan URL yang aman, namun terlindungi oleh even OnClick.

EMPAT: KETIK LANGSUNG PADA ADDRESS BAR
Coba anda kunjungi Ganool.com dan perhatikan bagian bawah laman mukanya. Ada daftar nomor halaman untuk dilihat. Jika anda ingin melihat halaman/page 2, maka saat anda klik kiri atau kanan sekalipun tetap akan muncul iklan. Tapi jika anda tidak berkenan, maka cara lainnya adalah bisa diketik di address http://www.ganool.com/page/2/ kemudian anda cukup mengganti angka “2” dengan nomor halaman lainnya

LIMA: GUNAKAN ADBLOCK EXTENSION/PLUGIN PADA BROWSER
Dengan memakai extension/plugin macam ini, maka secara otomatis iklan akan disembuyikan dan bahkan popup dapat dicegah. Saya mencoba memakai adblock di Google Chrome (https://chrome.google.com/webstore/d...biglidom?hl=en) dan hasilnya ternyata efektif. Saya lebih nyaman saat browsing, apalagi anak saya yg masih balita kadang pengen liat bapaknya masih mainan apa di komputer dan gak khawatir dia liat gambar yang vulgar di laman situs blog yg sedang saya baca artikelnya.



Hanya saja pada saat dalam modus incognito browsing, extension ini tidak bekerja dan iklan masih muncul.


Spoiler for Tambahan dari Agan lainnya:


Demikian thread ini saya buat semoga bermanfaat bagi agan-agan semua.
Sekali lagi saya mohon maaf jika ada kesalahan atau repsol dalam penulisan thread ini.

Jika berkenan silahkan bagi emoticon-Toast
Diubah oleh vmaeniac 22-10-2014 19:06
0
9.1K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan