Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blogsehatAvatar border
TS
blogsehat
5 alasan mengapa Agan harus membersihkan lidah setiap hari #panduan
Hello Agan & Aganwati sekalian. Ini adalah trhead pertama saya sebagai seorang kaskuser emoticon-I Love Kaskus (S)

Seberapa sering Agan & Aganwati sekalian membersihkan lidah ? Seberapa penting kebersihan lidah sebagai bagian dari prioritas kesehatan Agan Aganwati ? Berikut saya sajikan 5 alasan kenapa perlu untuk menjaga kebersihan lidah dan menghindari BAU MULUT emoticon-Big Grin

Ya bau mulut, siapa sih yang senang banget punya bau mulut yang busuk, tidak sedap ? Mungkin cuman orang gila saja emoticon-Big Grin

Pernahkah Agan sedang menyikat gigi dan menemukan tumpukan lapisan putih tepat diatas lidah ? Nah disitulah sumber bau berada. Lidah memiliki lapisan layaknya lengkungan bumi, bergelombang dan memiliki kawah-kawah. Dalam kawah-kawah inilah tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Kuman akan berkembang biak karena lidah jarang dibersihkan.

Jika hal seperti ini dibiarkan, bakteri dan kuman bisa menyebrang ke area lain seperti gusi, gigi dan tenggorokan. Nah loh !!

Untungnya ada cara bagaimana untuk mengatasi masalah ini, dengan membersihkan lidah yang baik akan menyingkirkan bakteri dan bau mulut.

5 Manfaat yang Agan akan dapat :

Meningkatkan kesehatan gigi

Ketika lidah Agan dipenuhi dengan bakteri, bakteri mungkin dapat menyebar ke seluruh bagian mulut. Hal itu dapat menyebabkan infeksi gusi dengan masuknya bakteri ke celah-celah antara gigi dan gusi yang menyebabkan gigi berlubang dan masalah lainnya. Bakteri juga bisa menyebar ke tenggorokan dan menyebabkan infeksi tenggorokan.

Berdamai dengan bau mulut

Apakah Agan tahu bahwa bau mulut sebenarnya bau yang dikeluarkan oleh sel-sel makanan yang telah membusuk?

Sisa makanan biasanya akan terbawa oleh air liur. Tetapi jika ada bakteri dalam mulut maka bakteri akan memulai menggerogoti sisa makananan tersebut dan menyimpannya dalam celah-celah lidah dan itu membuat air ludah tidak mampu membawanya. Hal ini menyebabkan reaksi kimia alami yang menyebabkan keluarknya bau mengerikan. Jutaan sel makanan membusuk dan menjadi rusak, yang kita kenal sebagai bau mulut.

Dengan menggosok lidah Agan setiap hari setelah gosok gigi, selain mengikis sisa-sisa makanan juga mampu menghilangkan bakteri bahkan yang hidup di sela-sela lidah.

Meningkatkan perasa pada lidah

Apakah Agan tahu bahwa lapisan putih pada lidah dapat mengurangi sensitif lidah dalam merasakan makanan?

Ketika lidah Agan ditutupi dengan lapisan putih jahat, sebenarnya Agan tidak betul-betul menikmati rasa sebenarnya dari makanan yang Agan santap. Lapisan putih tebal mencegah kontak perasa lidah dengan nutrisi yang lebih halus yang menjadi rasa sesungguhnya makanan, sehingga Agana hanya mendapatkan rasa umum dari makanan tersebut.

Namun ketika menggosok lidah, Agan dapat menyingkirkan apa pun yang mengganggu selera dan fungsi lidah untuk bekerja lebih baik. Lidah yang bersih memberikan Agan kesempatan lebih untuk menikmati makanan lezat tanpa mengurangi rasa sesungguhnya.

Mencegah reabsorpsi toksin

Mungkin akan sedikit rumit untuk menjelaskannya. Sesungguhnya ketika kita sedang tertidur, tubuh sedang mencoba mengeluarkan racun dalam tubuh. Salah satu caranya dengan mengeluarkanya bersama air liur, termasuk tai mata.

Nah lapisan putih tadi juga adalah sebagian dari racun yang tersangkut pada celah lidah. Dengan membersihkan lidah membuat Agan sesungguhnya juga membersihkan toksin dalam tubuh. Ketika di pagi hari Agan sarapan tanpa menggosok lidah, maka kemungkinan Agan telah mengembalikan racun yang sesungguhnya telah coba di buang oleh tubuh saat Agan tertidur. Dalam hal ini disebut reabsorpsi toksin.

Merangsang organ

Membersihkan lidah akan membantu Agan untuk merangsang organ lain. Sama halnya dengan memijat bagian bawah kaki dapat merangsang berbagai organ, kelenjar, dan sistem dalam tubuh. Dengan gesekan pada ujung saraf lidah membantu merangsang organ tubuh yang lain. Misalnya dengan menggosok bagian ujung lidah dapat merangsang organ jantung, sedangkan menggosok pada bagian sisi lidah akan merangsang limpa, kandung empedu, dan hati. Ini hampir seperti akupresur, tapi untuk lidah.

Tahukah Anda : Peminum kopi dan teh cenderung memiliki bau mulut yang kronis. Partikel kafein akan melapisi bagian dalam mulut dan menjadi alasan mengapa biasanya beberapa orang memiliki lidah dan gigi yang menguning setelah minum minuman kaya kafein seperti kopi.

Semoga bermanfaat emoticon-Shakehand2

Kalau Agan & Aganwati sekalian pengen artikel bermanfaat seperi ini, silhkan berkunjung ke blog saya disini emoticon-thumbsup
0
6.6K
5
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan