yoiboyAvatar border
TS
yoiboy
[ASK] Network Twentyone tuh apa sih gan?
Selamat malam agan-agan sekalian emoticon-Big Grin

Langsung aja deh. disini ane bukan bermaksud untuk promosi, tapi serius beneran nanya sebenernya Network Twentyone itu apa ya gan? emoticon-Bingung (S)

Jadi begini ceritanya.

Hari ini (Selasa, 7 Januari 2014) ane diajakin temen ane ketemuan di ST* Senayan, itu loh yang sebelahnya tempat anak gaul jakarta kongkow, termasuk ane emoticon-Cool. Sebut saja temen ane itu namanya Mawar.

Mawar ngajak ketemuannya sih udah dari hari Jumat. Doi bilangnya mau ngajak ane buat Group Discussion di ST* itu, katanya temennya si Mawar mau buka usaha dan butuh orang tambahan, dengan syarat masih mahasiswa. Makanya si Mawar ngajakin ane. Awalnya sih tertarik, karena dari dulu ane pengen punya usaha sendiri, keren coy masih mahasiswa udah punya usaha emoticon-Cool

Nah lanjut ke hari selasa, tibalah ane di ST* dengan mengendarai kuda besi kesayangan pada pukul 18.30 WIB. Ga pake lama ketemuan dah tuh sama si Mawar. Karena ane masih mengalami keterbatasan informasi mengenai usaha apa yang ditawarkan si temennya Mawar ini, ane nanya-nanya deh tuh ke doi. Ngobrolnya sambil jalan gan ke lantai 6 (naik lift)

Ane : Emang group discussionnya tentang apa sih, Mawar?
Mawar : Tentang proyek gitu kak (dia manggil ane kak, ane seniornya di kampus). jadi dia mau bikin proyek usaha. Nah dia butuh 1orang lagi.
Ane : Ooh terus proyeknya itu apa?
Mawar : Mau buat ritel online kak. kakak kalo belanja kebutuhan sehari-hari dimana?
Ane : Hemm nyokap sih yang biasanya belanja di pasar, hehe
Mawar : Iya jadi mau jual kebutuhan sehari-hari lewat online kak. kan kalo ngambilnya langsung dari gudangnya jadi lebih murah daripada beli di toko.
Ane : Ooh semacam fjb gitu ya, jual beli online

Sampai deh tuh di lantai 6. ane menuju ke suatu ruangan, dan di pintu masuknya itu ada semacam meja ticketing gan. Nah masuknya itu bayar ternyata Rp 15.000 emoticon-Hammer

Disini perasaan ane udah gaenak nih, jangan-jangan ini seminar mlm , emoticon-Takut kan masuknya bayar tuh. terus dapet stiker yang kita tulis nama kita dan ditempel di baju. jujur aja nih gan ane anti sama yang namanya MLM. No offense buat agan-agan yang menggeluti bidang tersebut, tapi ane paling gabisa bisnis MLM makanya menghindari bisnis ginian.

Oke setelah dapet stiker ane sama mawar masuk, dikenalin deh tuh ane sama temen-temen mawar di dalem ruangan itu. rame ternyata, ada proyektor juga macem mau presentasi. (makin gaenak aja nih pikiran, emang beneran seminar mlm kayanya). Beberapa menit kemudian dimulai deh tuh presentasi, yg ngomong bokap-bokap, lupa namanya siapa emoticon-Hammer.

Awal presentasi ane antusias nih karena asik doi ngejelasinnya. awalnya dia ngejelasin usaha dengan network. terus ngejelasin harga bahan pokok, misal kecap kalo dijual di pabrik harganya 400, di pengecer 600, di toko 1000. Dia seolah menjelaskan kalo nanti kita bakal ngebuat usaha dengan ngambil barang di pabrik dan menujualnya langsung ke konsumen.

Tiba-tiba nih gan, slidenya jadi ngejelasin Amway, mulai dari video company profile, pendirinya, dll. Jadi mikir yang ngga-ngga ane, kayanya ini beneran MLM.

Jadi sebenernya gan,
1. Network Twentyone (N21) itu apa ya gan? apanya amway? emoticon-Bingung (S)
2. Apakah ini MLM gan? Kalau iya, ini termasuk MLM yang tipu-tipu atau ngga?
3. Kalau bukan, gimana sistem usahanya/cara kerjanya? kita invest sejumlah uang atau gimana?
4. Si mawar yang bilang mau ngajakin group discussion bokis abis, kagak ada diskusi-diskusinya samsek emoticon-Ngakak. ini sih seminar atau kuliah mungkin tepatnya
5. Seminarnya banyak bgt, tiap minggu diadain htm Rp 15.000. Belom BBS, tau dah tuh singkatan apa harganya Rp 60.000.

Ohya ane udah berusaha googling, ada yang bilang MLM ada yang bilang itu sekolah bisnis. ada yang bilang ini penipuan juga, ada yang bilang ini MLM terbaik.emoticon-Hammer2
0
48.8K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan