1930Avatar border
TS
1930
Konvoi Tank Akan Lewat Jogja
Konvoi Tank Akan Lewat Jogja

Dalam dua hari kedepan, konvoi kendaraan tempur militer TNI akan melintasi jalanan Kota Yogyakarta. Defile kendaraan lapis baja tersebut merupakan iring-iringan pasukan yang tengah melakukan perjalanan pulang usai mengikuti upacara HUT ke-69 TNI di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, Jawa Timur, Selasa (07/10/2014) lalu. Beberapa tank jenis Leopard dan Marder buatan Jerman serta M113 bikinan Amerika nantinya akan dipamerkan di Alun-alun Utara Yogyakarta agar dapat ditonton masyarakat.

Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas, Brigjen TNI Sabrar Fadhilah mengatakan, sebanyak 4 unit Tank Leopard, 2 unit Marder dan 5 unit M113 berikut 11 unit transporter (kendaraan berat pengangkut tank) dijadwalkan akan memasuki DIY, Jumat (10/10/2014) besok sekitar pukul 15.00 WIB. Nantinya prajurit dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/2 akan melakukan pengawalan mulai dari Klaten menuju Alun-alun Yogyakarta.

“Konvoi ini merupakan iring-iring pasukan yang akan kembali ke home base masing-masing, ada yang ke Bandung serta ke Jakarta. Beberapa kota yang disinggahi diantaranya Solo, Yogyakarta dan Cirebon,” jelas Sabrar Fadhilah di Makorem 072 Pamungkas, Kamis (09/10/2014).

Singgahnya kendaraan tempur militer ini di Yogyakarta merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-69 TNI. Tujuannya agar masyarakat kota ini dapat merasakan kemeriahan serta melihat secara langsung alat utama sistem senjata (alutsista) yang selama ini dimiliki TNI.

Setelah memasuki Alun-alun Yogyakarta, kendaraan tempur tersebut akan didisplay selama semalam. Esok harinya, Sabtu (11/10/2014), belasan tank ini akan melakukan parade di jalanan Kota Yogyakarta sekitar pukul 09.00 WIB. Rute yang akan dilalui yakni dari Alun-alun Utara – Jalan Trikora – Jalan Panembahan Senopati – Jalan Suryotomo – Jalan Mataram – kawasan taman parkir Abu Bakar Ali – Jalan Malioboro – Jalan Trikora – kembali ke Alun-alun Utara.

Setelah melakukan defile selanjutnya kendaraan lapis baja ini akan melanjutkan perjalanan melalui jalur selatan menuju Cirebon untuk selanjutnya kembali ke Bandung dan Jakarta. Saat konvoi di Yogyakarta, setidaknya Korem 072 Pamungkas akan menerjunkan sekitar 3 SSK prajurit atau sekitar 300 personil untuk melakukan pengamanan.

Sementara itu Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Slamet Santoso melalui Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Sudaryo mengaku siap membantu kelancaran konvoi kendaraan militer tersebut saat memasuki kota ini. Beberapa ruas jalan akan ditutup sementara waktu selama iring-iringan berlangsung.

“Penutupan akan dilakukan mulai Sabtu (11/10/2014) sekitar pukul 07.00 WIB. Durasi penutupan cukup lama mengingat jalannya kendaraan tempur yang tidak bisa cepat ditambah di bagian paling depan kirab ada drum band,” jelasnya.

via krjogja.com

SUMBER

mantap .. akhirnya dapat jatah juga liat leo dari dekat emoticon-Kiss emoticon-Kiss
0
6.5K
45
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan