Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
China resmi jadi negara ekonomi nomor satu di dunia
Merdeka.com - Ramalan itu terbukti sudah. China kini resmi menyandang status perekonomian terbesar di dunia, menggeser Amerika Serikat. Data itu dilansir oleh Dana Moneter Internasional (IMF) kemarin. Ekonom Chris Giles juga sudah mengingatkan April lalu, bahwa potensi AS tersalip oleh rivalnya itu sudah terlihat sejak awal 2014.

Intinya, IMF mengukur Produk Domestik Bruto dan paritas daya beli (purchasing power parity/PPP) sesuai konteks masing-masing negara.

Dari hitung-hitungan lembaga keuangan internasional ini, akhir tahun nanti China akan menguasai 16,4 persen daya beli dunia dengan PDB senilai USD 17,6 triliun, seperti dilansir oleh Business Insider, Kamis (9/10).

Sementara Amerika yang selama nyaris seabad terakhir menguasai perekonomian dunia, harus rela turun takhta dengan penguasaan PPP 16,2 persen dari PDB sebesar USD 17,4 triliun.

Walau sekarang dinobatkan sebagai perekonomian terbesar dunia, tapi China belum menjadi negara terkaya di dunia. Sebab, metode IMF itu tidak membandingkan PDB per kapita per warga China dan AS.

Metode IMF juga diragukan oleh beberapa analis, baik Bloomberg maupun Business Insider. Sebab, daya beli masing-masing negara belum tentu setara. Karena harga komoditas di China dan Amerika tentu berbeda.

"Karenanya, AS masih menjadi yang terbesar dalam pandangan umum, dengan ukuran apapun. Status China itu belum menggambarkan kenyataan sesungguhnya," kata David Hensley, Direktur Analisis Ekonomi Dunia JP Morgan.

http://www.merdeka.com/dunia/china-r...-di-dunia.html

resmi gan
0
3.8K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan