PutriAisaAvatar border
TS
PutriAisa
Pengalaman ditipu sama buyer anak SMP (sampai 2 kali)
terus terang, saya merinding baca komentar dari agan yang satu ini. Selama ini saya mungkin merasa sebagai orang yang sabar, tapi tunggu!! Kesabaran saya mungkin bisa jadi pupuk bibit kejahatan pada orang lain, dan itu menakutkan gan. Artinya, kalau saya diam, berarti saya termasuk penjahat! Dan entah, mungkin karena komentar agan ini juga, saya paksakan untuk menagih janji dan hutang dari pelanggan ane yang anak SMP itu.


emoticon-Matabelo

Quote:


emoticon-Matabelo


Tagihan pertama, ane dapet Modus yang sama seperti kasus sebelumnya (kalau agan udah baca thread ane, pasti paham emoticon-Smilie )

Spoiler for MODUS:


Sekedar menampilkan sedikit testimoni dari pelanggan ane yang lain, sebagai pembanding apakah benar dinamo yang saya jual itu berkualitas buruk? Hal ini saya lakukan, karena saya gak mau dibohongi untuk kedua kalinya (di thread, saya sudah ceritakan pernah dibohongi dengan modus serupa)

Spoiler for TESTIMONI:


Akhirnya, saya lakukan yang seharusnya seorang seller lakukan, semua demi kebaikan. Terima kasih semua teman kaskuser yang memberikan saran emoticon-Malu (S)

Spoiler for TAGIHAN:


Saya pikir, responnya positif. Berikut screenshoot-nya.

Spoiler for RESPON TAGIHAN:

Dear Afgan,
Ane izin cerita sedikit tentang kasus penipuan yang sudah 2 kali ane alami. Dan keduanya dilakukan sama anak SMP gan , hiks.. (Ini antara nangis sedih sama ketawa atas kebodohan ane sendiri gan, hahaha)

Ane jualan online dimulai dari kaskus, sebelum akhirnya merambah ke negeri olx. Dulu, kaskus dengan FJB nya seru banget gan, seinget ane ditahun 2010-an, saat ane pertama kali buka lapak dikaskus jualan hamster. Maksud ane, ane mau jelasin bahwa pengalaman transaksi ane mungkin ribuan gan, resi TIKI dan JNE aja udah berceceran karena meja kantor ane udah kepenuhan.

Dan inilah yang bikin ane sedih, walaupun pengalaman transaksi online udah banyak, tapi tetep aja ane pernah kena tipu. 2 kali ane ditipu, walaupun bukan sama rang yang sama, tapi keduanya sama-sama anak SMP gan :'(

Demikian canggihnyakah anak2 SMP, sampe2 ane yang terbiasa hati2 dalam bertransaksi, bisa dikibulin sama mereka ???!!

Ane beberapa kali coba buka lapak dikaskus, dari mulai bisnis hamster, tupai, dll. Tapi yang paling banyak orderan memang dari bisnis tamiya gan. Bisnis tamiya dan dinamo super kencangnya jadi dagangan ane yang paling laris. Nilai transaksinya biasanya kisaran ratusan ribu. Dari bisnis tamiya inilah ane punya banyak temen senusantara gan.

Dari pulau sumatra, kalimantan, sulawesi hingga papua. Ane sih, mikirnya setiap pelanggan akan jadi teman. Makanya ane terbiasa mendahulukan baik sangka terhadap pelanggan ataupun calon pelanggan.

Kejadian penipuan pertama, ketika anak SMP datang kekantor ane untuk beli dinamo tamiya. Transaksi awal kurang mulus. Katanya, dinamo gak kenceng. Ane type seller yang gak enakan gan, makanya ane langsung suruh retur dan ganti baru.

Dinamo berikutnya masih dikomplain. Aneh, katanya tetep gak kenceng. Karena tambah gak enak, akhirnya ane suruh dia ambil 3 kilikan dinamo dan coba semuanya. Cari yang paling kencang lalu kembalikan sisanya. Akhirnya ane dapat kabar via BBM, katanya dia juara 1. Photo profilnya ada gambar tamiya yang beli dari ane dan uang beberapa ratus ribu. Ya ane turut senang gan.

Lalu ane tanya, itu menangnya pakai dinamo yang mana? Dia jawab : "Yang pertama." Glek, ane kaget gan, ane pastikan lagi, dinamo yang pertama yang katanya gak kenceng ?! Dia jawab : "Iya". Ternyata cuma salah settingan, sebenernya itu dinamo udah kenceng. Ya udahlah, gapapa. Karena dinamonya udah kencang, ane minta dinamo sisanya dikembalikan dong. Ada 3 kiikan seingat ane. Sejak permintaan itulah, respon BBM nya mulai lambat, sampai akhirnya gak ada respon lagi sama sekali.

Karena sudah gak bisa ditagih, ya sudah. Ane cuma bisa ketawa aja dalam hati : "gue dibohongin sama bocah." Jadi memang si bocah SMP ini masih kecil banget gan, mungkin baru kelas 1 SMP. Wajahnya masih lugu. Gak nyangka aja ane, kalau akhirnya barang ane 3 buah kilikan diambil gak dikembalikan lagi, hehheee.. Pengalaman tertipunya ane pertama kali.

Yang kedua, kejadiannya 2 minggu yang lalu gan. Kejadian ini berbarengan dengan ane drop sampai harus opname di rumah sakit. Jadi, waktu itu ane mikir pendek, anak SMP lagi (di bbm dia sendiri yang ngaku masih kecil, masih smp, jadi minta untuk jangan dipanggil dengan sebutan : bang!".) Nawar dagangan ane, tapi uang di rekeningnya cuma ada sebagian dari nilai transaksi. Dia cuma punya 100 ribu, padahal nilai transaksinya 160 ribu.

Ane biasanya bakal nolak transaksi yang bikin ribet gan. Cuma sepertinya, kondisi tubuh ane udah melemah karena serangan thypus. Jadi, ane setuju aja dia bayar sisanya pakai token listrik dan pulsa telepon. Ya ampun gan, ane beneran tobat deh, itu anak ngepang ngeping terus, dan marah2. Dia bilang, kenapa diping ngga respon?! Ane yang udah lemah karena thypus, cuma jawab seadanya gan.

Cuma emang ane janjiin untuk kirim barang pesanannya. Ane minta tolong istri untuk ke tiki, karena badan gak bisa dibawa keluar rumah. Ane cuekin semua pangpingnya, apalagi ditambah ancaman : "kenapa belum dikirim, jangan coba2 nipu ya?! "

Dan terus terang ya gan, ane kalau transaksi udah dapet statement kaya begitu, biasanya ane balikin uangnya. Karena ane emang dasarnya seller yang gak pengen ribet gan.

Urusan tamiya itu adalah urusan proses rakit, packing dan naik motor ke tiki ataupun jne. Kadang urusannya gak sesimple itu karena ane sekalian kerja, cari waktu luang, bos udah pulang, dll. Sebagian besar pelanggan ane, kalau ane kasih pengertian seperti ini, biasanya bisa ngertiin gan. Emang cuma bocah aja yang biasanya lebih temprament dan gak sabaran.

Itu transaksi hampir ane batalin, karena dia belum kirim uang sisanya dalam bentuk pulsa dan token. Marah2 melulu lagi di bbm. Cuma karena ane pengen cepet selesai, akhirnya itu barang dikirim. Dan besok paginya ane di opname karena thypus.

Ternyata urusan belum selesai, itu pengiriman bermasalah lagi, paket sehari sampai malah molor jadi 2 hari. Harusnya sabtu datang, malah sampenya hari senin. Ya udah, ane kebagian 'caci maki' lagi dari si bocah, ditambah ancaman dan tudingan kalau ane ini penipu. Diatas bed rumah sakit, ane cuma bisa cukein aja bbm2 brengsek itu. (Bayangin gan, di bed rumah sakit ane di ancem-ancem, huhuhuu... Ane sih gak takut sama ancemannya, cuma ya tega aja gitu, bukannya doain ane cepet sembuh dan bawa buah2an :P )

Hingga akhirnya, alhamdulillah barangnya sampai. Dan seperti kasus sebelumnya, sisa pembayarannya belum lunas :'( ane tagih via BBM, gak ada respon. Dan akhirnya, ya sudahlah. Cuma kurang 60 ribuan, ane males perpanjang.

Yang jelas, ane gak mau transaksi sama itu bocah lagi. Contactnya gak ane delete, siapa tau itu bocah masih punya rasa malu, masih punya hutang gitu loh ! Tapi ternyata dia gak punya malu gan :'( malah sempat Beberapa kali dia bbm ane untuk pesan barang lagi, preettt!!! ane cuekin aja sambil berharap semoga urat malunya tu bocah nyambung lagi.

Sekali lagi, kenapa ane gak terusin kasusnya (tagih terus menerus), karena ane bukan type seperti itu gan. Bagi ane, kalau dia gak merespon ketika ditagih, artinya cuma 2, dia gak bisa bayar atau dia gak mau bayar. Ya buat apa ngejar2 orang yang emang gak mau bayar, hehheee.. Enak banget jadi penipu sekarang ya gan. Apalagi kalau nominalnya kecil, biasanya seller emang males ngelanjutinnya.

Sekedar berbagi kisah aja gan, semoga ada manfaatnya. Kalau boleh saran, bagi sesama seller, kalau calon pelanggan menunjukkan sikap gak beretika, seperti ngeping berkali-kali, mendingan dicancel aja. Itu biasanya tanda kalau dia bukan calon pelanggan yang baik, hehehee...

Bukti photo2 menyusul ya gan. Kalau sudah online via desktop.

OIya, ditahun 2011-san, pernah ada kaskuser asal sulawesi yang pesan barang sama ane. Tapi, waktu itu catatan alamat sama nomernya di hape hilang. Ane tungguin sampe sekarang gak pernah hubungi ane lagi, padahal itu pesanan belum diantar. Siapa tau sipemesan baca, tolong hubungi ane, ane mau kirim barangnya emoticon-Smilie
Diubah oleh PutriAisa 07-10-2014 04:10
0
9.4K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan